Harga Tes PCR di Labuan Bajo Tembus 2 Juta Perorangan

Bahkan sebelum diberlakukannya penetapan dan ketentuan harga oleh pemerintah Pusat dua hari lalu, harga tes PCR di Labuan Bajo tembus hingga Rp2 juta perorang.

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 17:40 WIB
0
172
Harga Tes PCR di Labuan Bajo Tembus 2 Juta Perorangan
Ilustrasi

Harga tes PCR covid-19 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT saat ini mencapai Rp1,7 juta dan hasil keluar dalam waktu tiga hari. Harga tersebut tidak sesuai dengan imbauan Presiden Joko Widodo agar harga tes PCR diturunkan.

Mahalnya harga tes PCR di rumah sakit, klinik bahkan di Bandara Internasional Andara Komodo, Labuan Bajo di keluhkan calon penumpang. Di Bandara Internasional Andara Komodo para pelaku perjalanan harus mengeluarkan biaya tes PCR sebesar Rp1.950.000 perorang dan Rp1.750.000 di rumah sakit.

Bahkan sebelum diberlakukannya penetapan dan ketentuan harga oleh pemerintah Pusat dua hari lalu, harga tes PCR di Labuan Bajo tembus hingga Rp2 juta perorang. Sementara hasilnya harus menunggu selama 3 hari dari laboratorium Bali, Kupang maupun Surabaya. Dimana seharusnya biaya tes PCR di luar Jawa-Bali hanya sebesar Rp550 ribu.

“PCR di sini mahal dan hasilnya juga lama,” ujar Amanda salah satu calon penumpang pesawat melansir dalam program Metro kemarin, Kamis 19 Agustus 2021.

“Hal ini dikarenakan di Labuan Bajo tidak ada laboratorium sendiri sehingga kami harus mengirimnya ke luar pulang dengan tambahan biaya sebesar Rp700 ribu,” ujar Dion salah satu petugas laboratorium. (Paul Tengko)

***