PDIP, Satu-satunya Parpol Bersertifikasi ISO 9001

Rabu, 16 Januari 2019 | 14:47 WIB
0
1584
PDIP, Satu-satunya Parpol Bersertifikasi ISO 9001
Kantor DPP PDIP (Foto: Akurat.co)

Pemilihan Umum, yang akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, hingga anggota DPR-RI, DPRD dan DPD akan berlangsung pada 17 Aprol 2019 mendatang. Hanya dalam kurun waktu 3 bulan.

Calon Anggota DPR-RI dan DPRD ini, semuanya berasal dari Partai Politik. Untuk Pemilu 2019 ini akan ada 16 Partai Politik. Tapi dari 16 Partai Politik tersebut, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini merupakan partai yang paling berbeda. Apa bedanya?

Pembaca pernah mendengar atau mengenal ISO 9001? Kalau kita melihat iklan atau profil perusahaan-perusahaan, banyak yang menampilkan bahwa mereka bersertifikat ISO 9000, atau misalnya ISO 9001.

Kalau misalnya sebuah perusahaan memiliki sertifikat ISO 9001 ini, tandanya, perusahaan tersebut memiliki manajemen organisasi yang bagus atau memenuhi standard baku lembaga sertifikasi Internasional Certification Services (ICSM). Lembaga ini skalanya internasional.

Nah, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), menurut Sekertaris Jendral Hasto Kristiyanto, merupakan satu-satunya partai politik di Indonesia yang memiliki sertifikat ISO 9001:2015. Bukan hanya di Indonesia saja, namun satu-satunya Parpol di Asia Tenggara yang memiliki sertifikat ini.

Sertifikat ini, menurut Hasto didapatkan semenjak tahun 2017 lalu. Audit yang dilakukan oleh ISCM ini meliputi standar manajemen, kepemimpinan, kesesuaian antara SOP dengan pelaksanaannya.

Tahun 2018 lalu, PDIP berhasil mempertahankan sertifikat ini. Ini berarti di internal PDIP, standar manajemen, kepemimpinan, kesesuaian antara SOP dengan pelaksanaannya. Ini tentunya sebuah tanda yang bagus.

Apalagi PDIP ini juga kembali mencalonkan Joko Widodo untuk menjadi Presiden Indonesia. PDIP juga akan berupaya untuk menjadi Parpol pemenang pemilu 2019. Dengan standard ISO yang dimiliki, tentunya PDIP layak menjadi pilihan kita.

***