Sikap Israel Terkait Isu Palestina Alami Banyak Kemajuan

Bagi Erdogan, menjaga jarak dengan Israel bukan solusi. Tapi membuka saluran resmi diplomatik agar bisa head to head dengan Israel adalah solusi yang tepat.

Rabu, 5 Oktober 2022 | 07:59 WIB
0
38
Sikap Israel Terkait Isu Palestina Alami Banyak Kemajuan
Recep Tayyip Erdogan (Foto: Facebook.com)

Sikap Israel saat ini dalam isu Palestina mengalami banyak kemajuan.

Bahkan dalam pidato di sidang umum PBB beberapa waktu lalu.

PM Israel dengan tegas mengatakan mengakui hak kedaulatan Palestina. Dan akan mengakui prinsip solusi dua negara.

Sikap terbaru ini sangat berlawanan dengan sikap Israel di masa lalu. Yang terus menerus menekan dunia internasional agar tidak mengakui Palestina.

Di balik sikap melunak Israel ini, banyak pengamat internasional berpendapat bahwa ada tangan Erdogan di belakangnya.

Erdogan dikenal selama ini cukup intens berkomunikasi dengan Israel dan memulai hubungan baru dengan prinsip equals.

Erdogan selama tahun ini beberapa kali menekan Israel lewat saluran diplomasi resmi agar mereka tidak semena-mena dengan Palestina.

Dengan diplomasi yang dijalankan Erdogan. Saat ini ribuan warga Gaza diperbolehkan menyebrang ke negara lain seperti Mesir dll untuk keperluan kerja, pendidikan, dll.

Kiprah Erdogan di dunia internasional khususnya dalam mengadvokasi masalah masalah negara Islam bukan isapan jempol.

Erdogan mengambil segala resiko untuk membela Palestina, bahkan dengan cara membuka saluran resmi diplomatik dengan Israel walaupun terlihat kurang populis.

Erdogan juga yang beberapa kali menelpon Presiden Israel dan PM Israel dan terus mewarning Israel agar bersikap lunak kepada Palestina.

Seorang pakar hubungan internasional asal Israel Profesor Uzi Rabi bahkan menyebutkan, bahwa Erdogan berhasil menjalankan misi diplomatik dengan Israel dan menguntungkan dunia Islam.

Bagi Erdogan, menjaga jarak dengan Israel bukan solusi. Tapi membuka saluran resmi diplomatik agar bisa head to head dengan Israel adalah solusi yang tepat. Dan Erdogan memanfaatkan kanal ini dengan sangat baik.

Langkah langkah politik yang diambil Erdogan kadang kelihatan tidak populer Dimata orang awam.

Tapi di mata para peneliti politik dan geopolitik, Erdogan sudah melakukan lompatan cara berpikir yang jauh kedepan.

Sehingga langkah langkah Erdogan ini, selain memperkuat basis gerakan Islam yang damai. Diwaktu yang sama bisa melemahkan posisi posisi diktator di negara negara muslim model Presiden mesir hasil kudeta dll.

Umat Islam era modern ini, memiliki utang Budi yang besar kepada sosok presiden Turki yang sudah 20 tahun ini bekerja keras untuk menjadi pembela negara muslim di garda depan, tanpa banyak berharap pujian siapapun.

Jika saja negara Islam punya 10 Erdogan saja, maka negara negara muslim saat ini termasuk Indonesia gak akan ruwet ruwet ruwet, seperti saat ini.

Tengku Zulkifli Usman✓