PM Pakistan Imran Khan Lengser

Pemimpin pemimpin dunia yang punya kemampuan penguasaan GeoPolitik yang cakaplah kedepannya yang akan menentukan arah baru tatanan dunia.

Selasa, 19 April 2022 | 05:28 WIB
0
69
PM Pakistan Imran Khan Lengser
Imran Khan (Foto: CNBC)

Lengsernya Imran Khan sebagai PM Pakistan adalah skenario besar AS di kawasan itu.

Setelah Khan dilengserkan, sekarang Pakistan diarahkan untuk berperang dengan Afghanistan.

Tangan kanan AS di Pakistan adalah tentara Pakistan. Jadi, tentara Pakistan ini mentalnya masih seperti tentara Mesir. Boneka AS.

Pakistan juga punya tipikal yang sama dengan Mesir, tentara sering melakukan kudeta dan menaikkan rezim impor di negara mereka.

Itulah sebab utama, kenapa Mesir, Pakistan atau yang setipikal dengan mereka agak sulit memajukan demokrasi di sana.

Pakistan baru dua hari lalu membunuh 42 warga Afghanistan atas perintah AS dengan dalih memerangi terorisme.

Sejatinya adalah, semua Langkah AS lewat tangan tentara Pakistan ini adalah melemahkan Afganistan yang saat ini bermitra kuat dengan China.

AS tidak mau ada aliansi China yang kuat di kawasan itu. Khan dianggap lebih pro China-Rusia dan Afghanistan dianggap akan menjadi mitra Rusia-China di masa depan.

Melengserkan Khan dan membenturkan Pakistan dengan Afghanistan adalah cara AS untuk melemahkan aliansi Rusia-China yang dibentuk di wilayah Asia Selatan tersebut.

Atas pembunuhan 42 warga Afghanistan baru baru ini oleh tentara Pakistan, Afganistan merespon dengan mengatakan akan membalas tentara Pakistan dengan militer.

Artinya, konfrontasi tentara Pakistan dengan tentara Afganistan kedepannya terbuka lebar. Dan sejatinya, konflik ini nanti adalah konflik China-Rusia melawan AS dan NATO.

Dunia berubah dengan cepat, GeoPolitik juga berubah dengan cepat. Karena sejatinya dunia saat ini sedang menuju konflik puncaknya yaitu perang skala besar yang akan berujung pada reset GeoPolitik dan tatanan dunia baru.

Hanya negara negara yang kuat dan siap saja yang akan mampu bertahan di depan konflik Geopolitik ini. Sedangkan negara lemah akan kena imbas dan jadi korban.

Putin, Xi Jinping, Biden, para pemimpin negara Eropa dan sekitarnya. Kedepannya akan menjadi penentu arah kemana dunia ini berjalan kedepannya.

Baca Juga: Pakistan di Bawah Imran Khan, Imperialis Macan dan Jebakan Naga

Pemimpin pemimpin dunia yang punya kemampuan penguasaan GeoPolitik yang cakaplah kedepannya yang akan menentukan arah baru tatanan dunia.

Sedangkan pemimpin yang banyak tidur, banyak nyengir, banyak cengengesan, banyak planga plongo, dia dkk nya hanya akan jadi penonton sekalian korban dari konflik besar dunia di masa yang akan datang ini.

Tengku Zulkifli Usman

***