Ukraina Bakal Menyulut Perang Dunia Ketiga?

Cepat atau lambat, Ukraina akan kembali ke wilayah kekuasaan Rusia. Dan pemimpin Ukraina pro AS saat ini Voladimir Zelensky akan digulingkan Putin.

Jumat, 18 Februari 2022 | 08:20 WIB
0
117
Ukraina Bakal Menyulut Perang Dunia Ketiga?
Vladimir Putin (Foto: Facebook/Tengku Z. Usman)

Rusia kemarin sore menarik sebagian tentara mereka dari perbatasan Ukraina.

Ini bukan berarti konflik sudah mereda, tapi ini hanya soal Manarik mundur pasukan untuk menghormati proses diplomasi yang sedang berjalan antara Rusia vs Ukraina-NATO-AS.

Rusia tidak akan menyerahkan Ukraina bergabung ke NATO, pada akhirnya Rusia akan menguasai Ukraina kembali, baik dengan diplomasi atau dengan perang.

Perluasan pengaruh NATO ke wilayah bekas kekuasaan Uni Soviet di masa lalu adalah bom waktu yang akan menyulut perang besar di dunia.

Kita harus paham, bahwa AS dan NATO ikut terlibat dalam penggulingan presiden Ukraina pro Rusia 2014 lalu.

Yang sejak saat itu, Rusia memutuskan mencaplok Crimea, dan perang tersebut menelan korban lebih dari 24 ribu jiwa.

Yang dilakukan Putin saat ini di Ukraina adalah, memberikan sinyal kepada aliansi AS-NATO bahwa Rusia tidak akan menyerahkan semeter pun tanah bekas koloninya kepada musuh.

Show of Force Rusia satu bulan ini di sekitar Ukraina adalah cara Moskow menekan AS dan NATO. Dan ini berhasil.

Jika saja proses diplomasi yang sedang berjalan saat ini antara Rusia vs Ukraina-NATO-AS gagal. Maka Rusia besar kemungkinannya akan tetap menginvasi Ukraina di masa masa mendatang bahkan tanpa aba aba terlebih dahulu.

Perang 2014 di Crimea juga tanpa aba aba, Rusia tiba tiba menyerang dan menguasai wilayah itu sampai saat ini.

Rusia hari ini bukanlah Rusia masa lalu. Secara politik dan Geopolitik internasional, langkah Rusia sudah tepat memilih tidak mau mundur melawan pengaruh NATO dan AS yang terus melakukan ekspansi ke Eropa timur.

Penarikan sebagian pasukan Rusia dari perbatasan Ukraina saat ini juga bukan karena Rusia mengalah dengan tekanan sanksi AS.

Tapi lebih jauh, saat ini memang bukan waktu yang tepat menyerang Ukraina dalam skala penuh, musim salju akan segera tiba di sana. Begitu pun sungai sungai dan lumpur yang akan membuat invasi Rusia akan sulit.

Seperti kita ketahui, hampir seluruh wilayah Ukraina dikelilingi oleh rawa-rawa dan sungai sungai yang berlumpur. Yang membutuhkan hitungan akurat apabila ingin meluncurkan perang skala penuh.

Tapi, cepat atau lambat, Ukraina akan kembali ke wilayah kekuasaan Rusia. Dan pemimpin Ukraina pro AS saat ini Voladimir Zelensky akan digulingkan Putin.

Soal Ukraina hanya ada dua pilihan di depan Rusia: Pemimpin Ukraina digulingkan secara diplomatik dan digantikan dengan pemimpin pro Rusia kembali.

Atau Pemimpin Ukraina digulingkan paksa lewat invasi besar yang akan menghancurkan seluruh negeri. Ini yang baru saja hampir terjadi saat ini.

Tengku Zulkifli Usman