Rusia Ancam Serang Sekaligus Swedia dan Finlandia

Konflik Geopolitik ini akan terus berjalan marathon sampai lahir penguasa batu dunia menggantikan AS.

Sabtu, 9 April 2022 | 05:13 WIB
0
128
Rusia Ancam Serang Sekaligus Swedia dan Finlandia
Bendera Swedia dan Finlandia (Foto: icds.ee)

Rusia mengancam akan menyerang Swedia dan Finlandia apabila kedua negara itu memutuskan bergabung dengan NATO.

Kedua negara ini akan mengalami nasib yang sama dengan Ukraina apabila bergabung dengan NATO.
Finlandia sendiri punya perjanjian dengan uni Soviet di masa lalu bahwa mereka tidak akan bergabung dengan NATO.

Apabila perjanjian ini dilanggar oleh Finlandia, maka Rusia akan mengambil langkah militer terhadap negara ini.

Begitu juga dengan Swedia. Apabila Swedia bersikukuh bergabung dengan NATO, Putin mengancam akan ada respon yang tegas dari Moskow.

Begitu juga dengan Bosnia-Herzegovina. Apabila mereka bergabung dengan NATO, maka itu sama dengan mengancam keamanan Rusia.

Kabarnya, Bosnia sudah mengambil langkah untuk tidak mengajukan proposal bergabung dengan NATO dan akan menjaga hubungan baik dengan Rusia.

Sekali lagi, ini murni konflik Geopolitik. Artinya, sikap Rusia terhadap ekspansi NATO baik di Eropa timur atau di Eropa Utara akan di respon oleh Rusia dengan militer.

Sedangkan hal yang sama juga dilakukan Rusia terhadap Jepang di Asia timur, apabila Jepang terus menjadi host untuk kepentingan AS untuk mengancam Rusia, maka Rusia juga sudah memperingatkan akan menyerang Jepang.

Konflik Geopolitik ini akan terus berjalan marathon sampai lahir penguasa batu dunia menggantikan AS.

Konflik Geopolitik ini akan terus bergulir kedepan dan akan semakin panas. Sedikit saja Eropa dan NATO juga semua aliansi mereka salah perhitungan, maka hanya menunggu waktu konfrontasi militer super besar antara Rusia dan AS.

Yang artinya, konflik Geopolitik ini seperti yang sering saya sebutkan sebelumnya. Akan berakhir pada perang dunia III tanpa bisa di bendung.

Terutama nanti apabila China benar benar menginvasi Taiwan. Maka perang dunia III akan semakin cepat terwujud.

Semua spot panas di beberapa negara di atas pasca perang Ukraina nanti akan semakin dibuat jelas. Apakah mereka mau bernegosiasi dengan Putin atau mereka memutuskan berperang dengan Putin-Xi Jin Ping.

Sedangkan aliansi Rusia saat ini dengan China terutama semakin kuat dan kokoh. China dan Rusia saat ini punya kebijakan yang sama, yaitu mensetop ekspansi NATO di Eropa dengan segala cara. Termasuk dengan perang.

Tengku Zulkifli Usman, Analis GeoPolitik.

***