Tanpa Gas, Apakah Eropa Akan Dilanda Kedinginan?

Eropa akan segera memasuki musim dingin. Kalau defisit gas dan tidak ada solusi, masyarakat Eropa akan merasakan musim dingin tanpa gas.

Minggu, 23 Oktober 2022 | 09:14 WIB
0
118
Tanpa Gas, Apakah Eropa Akan Dilanda Kedinginan?
Musim dingin di Eropa (Foto: CNN Indonesia)

Krisis energi di Eropa.

Perang Rusia vs Ukraina menjadi titik awal harga minyak dan gas atau energi menjadi mahal. Dan memicu kenaikan harga-harga lainnya.

Eropa malah dilanda inflasi yang tinggi dan mengarah ke resesi.

Seperti, Perancis, Inggris dan Jerman yang merupakan kekuatan ekonomi Eropa sangat berdampak dari krisis energi tersebut.

Jerman yang biasanya membeli gas lewat pipa dari Rusia, sekarang dihentikan dan mencari pemasok lainnya.

Tapi, harganya justru lebih mahal. Jerman membeli gas alam cair dari Amerika. Tetapi harganya tiga kali lipat dari harga domestik di Amerika.

Presiden Perancis Emanuel Macron, juga mengkritik Amerika yang menerapkan standar ganda, yaitu menjual gas alam cair ke Eropa lebih mahal dibanding harga gas domestik di Amerika di saat krisis. 

Inggris apalagi, inflasi dan kenaikan harga energi yang tidak bisa dikendalikan malah memaksa Perdana Menteri yang belum lama terpilih mengundurkan diri. Yaitu, Liz Truss. Ia menjabat selama 45 hari, menggantikan Boris Johnson.

Sanksi Amerika dan diikuti Eropa yang merupakan sekutu Amerika kepada Rusia, malah balik arah, merugikan Eropa sendiri secara umum. Senjata makan tuan.

Yang memberi sanksi ikut merasakan dampaknya atau imbasnya.

Apakah Amerika berdampak seperti yang dirasakan Eropa?

Ternyata tidak terlalu berdampak seperti yang Eropa rasakan. Karena Amerika termasuk negara produsen gas alam cair. Amerika mendapatkan keuntungan dari sanksi kepada Rusia. Amerika menggantikan sebagai pemasok gas. Dan menjual dengan harga tinggi.

Bagaimana dengan Rusia yang diberi sanksi oleh Amerika dan Eropa?

Rusia malah menikmati kenaikan dari harga minyak da gas sesuai harga pasaran dunia. Karena Rusia merupakan produsen minyak dan gas. Dan menjadi penentu harga minyak di pasaran lewat menjadi anggota OPEC Plus.

Cina dalam laporan terbaru menghentikan penjualan gas alam cair untuk Eropa. Dengan alasan untuk konsumsi dalam negeri.

Eropa akan segera memasuki musim dingin. Kalau defisit gas dan tidak ada solusi, masyarakat Eropa akan merasakan musim dingin tanpa gas.

***