Diancam Israel, Iran Bertekad Ratakan Tel Aviv

Mengapa Israel boleh memiliki atau mengembangkan senjata nuklir namun melarang negara lain seperti Iran untuk tidak boleh memiliki atau mengembangkan senjata nuklir?

Selasa, 10 Desember 2019 | 10:57 WIB
0
308
Diancam Israel, Iran Bertekad Ratakan Tel Aviv
Potensi konflik Iran vs Israel (Foto: jalurmiliter.com)

Perang urat syaraf antara Iran dan Israel tidak menutup kemungkinan akan benar-benar menjadi perang sungguhan yang melibatkan sekutu-sekutunya dari kedua negara tersebut.

Sebelumnya menteri Pertahanan Israel Naftali Bennett mengancam akan membuat wilayah Suriah menjadi seperti perang Vietnam bagi pasukan Iran yang berada di Suriah. Bahkan menteri Pertahanan Israel tersebut juga sesumbar akan akan mengambil tindakan militer bagi Iran kalau tetap mengembangkan senjata nuklir.

Israel juga merasa terancam atas Iran karena Iran telah membangun "lingkaran api" di sekitar Israel. Lingkaran api yang dimaksud  menteri Pertahanan Israel yaitu kekuatan militer yang bersekutu dengan Iran: Hizbullah di Lebanon, Hamas di Palestina Ansharullah di Zaman dan yang terakhir-Iran membangun kekuatan militer di Suriah dan di Iraq.

Selama ini Israel sering melakukan serangan dengan rudal dari pesawat tempur yang menargetkan kekuatan militer Iran yang berada di Suriah.

Bagaimana tanggapan Iran atas ancaman atau sesumbar menteri Pertahan Israel yang ingin menjadikan Suriah seperti Vietnam bagi militer Iran atau tindakan militer oleh Israel?

Iran bukan bangsa yang mudah ditekan atau digertak. Iran juga bangsa yang suka bermain dengan retorika-retorika dalam aksi militer.

Pasukan elit Iran yaitu Koprs Garda Revolusi Islam (IRGC) langsung merespon ancaman menteri Pertahanan Israel tersebut yang akan meratakan Tel Avip dengan tanah.

Sedikit saja Israel melakukan kesalahan dengan Iran, maka Israel akan menanggung akibatnya. Begitulah anacaman Penasehat Komandan IRGC Brigjen Morteza Ghorbani.

"Sedikit saja Israel melakukan kesalahan terhadap Iran, kami dari Libanon akan meratakan Tel Aviv dengan tanah,” tegas Penasehat Komandan IRGC Brigjen Morteza Ghorbani, Senin (9/12/2019).

Israel memang khawatir dengan kekuatan militer Iran yang mengelilingi wilayah atau negaranya. Apalagi rudal-rudal Iran sanggup menjangkau negaranya tanpa celah. Dan Israel juga tidak ingin Iran bisa mengembangkan atau membuat senjata nuklir. Oleh karena itu Israel selalu menggagalkan setiap upaya atau usaha Iran untuk mengembangkan rudal-rudal jelajah yang sanggup membawa hulu ledak nuklir.

Mengapa Israel boleh memiliki atau mengembangkan senjata nuklir namun melarang negara lain seperti Iran untuk tidak boleh memiliki atau mengembangkan senjata nuklir? Jawabnya: Israel akan terancam kalau Iran bisa memiliki atau mengembangkan senjata nuklir.

Mantan Presiden Iran Ahmadinejad pernah mengatakan: "Kalau nuklir itu berbahaya bagi umat manusia, mengapa mereka memilikinya? Akan tetapi, kalau nuklir itu bisa bermanfaat bagi umat manusia, mengapa mereka melarang negara lain untuk memilikinya?"

Kita tunggu episode berikutnya, apakah kedua negara tersebut benar-benar akan terjadi konfrontasi militer yang melibatkan sekutunya masing-masing?

"Banyak yang cinta damai-tapi perang semakin ramai".

***