Tips Menggoreng Udang agar Renyah Seperti di Restoran

Setelah melakukan double frying, udang goreng super renyah siap dinikmati!

Minggu, 3 Maret 2024 | 06:43 WIB
0
50
Tips Menggoreng Udang agar Renyah Seperti di Restoran
dari canva premium

Udang goreng tepung sering menjadi menu favorit di restoran seafood. Teksturnya yang sangat renyah dan rasa daging udang yang manis membuat siapapun pasti ketagihan.

Beberapa restoran memang menggunakan alat penggorengan khusus agar bisa menggoreng udang dengan metode deep frying. Tapi, rahasia udang goreng yang crispy juga terletak pada proses persiapan bahan dan adonan tepung.

Nah, simak tips menggoreng udang berikut agar kamu juga bisa bikin hidangan udang renyah di rumah!


Tips Menggoreng Udang 

Tak perlu alat penggorengan khusus, kamu juga bisa membuat udang crispy hanya dengan panci goreng biasa, lho! Tapi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk persiapan bahan baku dan proses menggoreng.


1. Pilih Udang Berkualitas
Hal terpenting yang perlu kamu perhatikan adalah memastikan udang yang digunakan berkualitas baik dan masih segar.  Udang segar akan memberikan hasil yang lebih baik dan rasa yang lezat. 

Ciri udang yang masih segar yaitu memiliki kulit yang keras dan mudah dikupas, serta warna kulit yang mengkilat.

2. Bersihkan Udang dengan Baik
Udang yang bersih akan menghasilkan hidangan yang enak dan segar. Jadi, pastikan kamu membersihkan udang dengan baik sebelum mengolahnya.

Cucilah udang di bawah air mengalir untuk menghindari kontaminasi. Kemudian, potong kumis udang dan ambil kotoran di dalam kepalanya. Berikutnya, kupas kulit udang dan sisakan ujung ekor. 

3. Hilangkan Bau Amis dengan Larutan Nipis
Salah satu rahasia hidangan udang yang segar yaitu merendamnya dalam larutan nipis yang dicampur soda kue. Trik ini bisa kamu lakukan menggunakan baskom air, cukup rendam udang selama 15 – 20 menit sebelum membumbui udang.

4. Siapkan Campuran Tepung dan Bumbu
Tahap berikutnya adalah mempersiapkan baluran tepung udang goreng crispy. Gunakan tepung khusus yang bisa membentuk lapisan renyah. Kamu juga bisa menambahkan rempah lain seperti bawang putih bubuk, ketumbar, dan merica sesuai resep yang digunakan.

5. Masukkan Udang ke Adonan dan Diamkan Sesaat
Agar bumbu baluran lebih meresap, biarkan sebentar dalam campuran adonan selama beberapa menit. Cara ini bisa membuat adonan menempel dengan baik sehingga bisa membentuk lapisan lebih tebal.

6. Gunakan Minyak yang Tepat
Berikutnya, gunakan minyak yang cocok untuk menggoreng, seperti minyak sayur atau minyak kelapa. Pastikan minyak cukup panas sebelum memasukkan udang agar hasilnya lebih renyah. Untuk proses menggoreng, kamu cukup menggunakan frying pan atau wajan penggorengan biasa.

7. Goreng Udang dalam Waktu Singkat
Gunakan api sedang untuk menggoreng udang agar bagian dalam udang matang dengan lapisan luar yang bertekstur renyah. Hindari menggunakan api besar karena akan membuat udang jadi cepat gosong. Goreng udang hingga berwarna kuning keemasan, kemudian angkat dan tiriskan.

8. Saring Minyak Setelah Menggoreng
Sebaiknya, kamu menggunakan tisu makanan atau rak untuk meniriskan minyak berlebih pada udang. Cara ini untuk menghindari permukaan udang yang soggy dan berminyak.

9. Lakukan Double Frying
Tips menggoreng udang agar renyah adalah melakukan double frying atau penggorengan ganda. Setelah mendinginkan udang selama beberapa saat, goreng kembali udang dengan waktu lebih singkat.

Teknik double frying ini akan membuat tekstur renyah tahan lebih lama, bahkan setelah terkena saus dan dibumbui. Inilah rahasia udang goreng crispy ala restoran yang super krenyes dan nikmat.

10. Sajikan Segera 
Setelah melakukan double frying, udang goreng super renyah siap dinikmati! Sajikan segera agar terasa lebih nikmat. Hidangkan juga bersama saus atau bumbu cocolan agar lebih sedap. Selamat mencoba!

***