Viral Akun TikTok Seleb Diretas, Ini Tipsnya Agar Akun Sosmed Aman!

Senin, 10 Juni 2024 | 15:51 WIB
0
59
Viral Akun TikTok Seleb Diretas, Ini Tipsnya Agar Akun Sosmed Aman!
Akun Tiktok (Foto: Istimewa/ Dok Net)

PepNews - Baru-baru ini, muncul informasi bahwa akun TikTok milik selebritas Paris Hilton telah diambil alih oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. TikTok juga mengakui adanya masalah keamanan yang memungkinkan para penyerang untuk mengambil kendali atas akun-akun pengguna.

Menurut Kaspersky, hal ini terjadi karena adanya celah keamanan yang dimanfaatkan oleh kelompok berbahaya. Mereka mengambil alih akun-akun terkenal dan mungkin juga akun-akun yang lebih kecil melalui fitur Direct Message (DM) di platform TikTok.

Insiden ini menyoroti pentingnya peningkatan keamanan di platform media sosial. Tidak hanya media sosial, kita juga perlu memperhatikan keamanan akun lainnya saat berselancar di dunia maya. Dari akun mobile banking hingga akun game seru88.

Berikut adalah beberapa tips dari Kaspersky untuk mengamankan akun media sosial Anda.

Menggunakan password yang kuat dan unik untuk setiap akun

Kata sandi yang lemah sering kali menjadi jalan masuk yang dimanfaatkan oleh peretas untuk mendapatkan akses ke akun Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat kata sandi yang unik dan tidak digunakan kembali di berbagai platform.

Kata sandi yang kuat sebaiknya terdiri dari kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan simbol khusus. Ini membuatnya lebih sulit ditebak oleh peretas. Selain itu, hindari penggunaan kata-kata umum atau informasi pribadi yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir atau nama hewan peliharaan.

Menggunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap akun juga sangat disarankan. Dengan cara ini, jika satu akun Anda diretas, akun-akun lain tetap aman karena kata sandi yang digunakan berbeda.

Ingatlah bahwa menjaga keamanan kata sandi adalah langkah penting dalam melindungi informasi pribadi dan akun online Anda dari ancaman siber. Jangan pernah membagikan kata sandi Anda dengan orang lain dan selalu waspada terhadap upaya phishing yang mencoba mencuri informasi login Anda.

Menggunakan password manager untuk mengelola kata sandi

Untuk membantu mengelola berbagai kata sandi, Anda bisa menggunakan aplikasi pengelola kata sandi yang dapat menyimpan dan menghasilkan kata sandi yang kuat secara otomatis.

Pengelola kata sandi tidak hanya menciptakan kata sandi yang kuat, tetapi juga menyimpan semua kata sandi Anda dengan aman. Ini berarti Anda tidak perlu mengingat setiap kata sandi yang berbeda untuk setiap akun yang Anda miliki. Pengelola kata sandi mengenkripsi data Anda, sehingga hanya Anda yang dapat mengakses informasi tersebut dengan kata sandi utama.

Dengan menggunakan pengelola kata sandi, Anda dapat meningkatkan keamanan akun-akun Anda secara signifikan. Anda akan memiliki kata sandi yang lebih kuat dan beragam, mengurangi risiko terkena serangan siber akibat penggunaan kata sandi yang lemah atau yang sama di berbagai platform.

Mengaktifkan otentikasi dua faktor (2FA)

Gunakan otentikasi dua faktor (2FA) untuk meningkatkan keamanan akun Anda. Sebagian besar platform saat ini memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan beberapa bentuk otentikasi dua faktor guna melindungi akun mereka dari akses yang tidak sah.

Selain menggunakan SMS atau email sebagai metode verifikasi kedua, juga disarankan untuk menggunakan aplikasi autentikator. Aplikasi autentikator, seperti Google Authenticator atau Authy, menawarkan tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan SMS atau email.

Dengan mengaktifkan otentikasi dua faktor menggunakan aplikasi autentikator, Anda menambahkan lapisan perlindungan ekstra ke akun Anda. Bahkan jika seseorang berhasil mendapatkan kata sandi Anda, mereka masih memerlukan akses fisik ke aplikasi autentikator Anda untuk masuk. Ini secara signifikan mengurangi risiko akun Anda diretas.