3 Rahasia Cara Mancing Ikan Nila yang Susah Makan

Rabu, 21 Agustus 2024 | 07:52 WIB
0
11
3 Rahasia Cara Mancing Ikan Nila yang Susah Makan
Cara Mancing Ikan Nila yang Susah Makan

Spesies ini mempunyai nama lain yakni oreochromis niloticus dan jenisnya berasal dari Afrika Selatan. Ini sering dibudidayakan karena mempunyai nilai cukup tinggi. Hal tersebut mendorong pemancing ingin mengetahui apa saja rahasia cara mancing ikan nila yang susah makan tersebut.

Waktu yang Tepat untuk Memancing

Ikan jenis nila liar biasanya tinggal di habitat dengan banyak mengandung lumpur. Seperti di pematang sawah, tegalan, sungai kecil dan lain-lain. Karakteristiknya adalah rakus dan mudah sekali untuk berkembang biak. Selain itu fisiknya juga cukup kuat di dalam air yang keruh.

Waktu ideal bagi pemancing adalah antara pagi hari saat belum terlalu panas, sekitar jam 7 sampai 8 pagi. Sedangkan pada siang bisa di antara jam 10 hingga 1 siang. Anda bisa memilih keduanya atau salah satunya saja. Time management yang tepat adalah kuncinya.

Kemudian waktu terbaiknhya adalah di sore hari mulai jam tiga sampai enam sore. Karena arus air pada saat itu sedang hangat-hangatnya. Sehingga membuat ikan nila sering muncul ke atas permukaan dengan jumlah banyak dan bergerombol. Walaupun hanya sekedar untuk bernafas.

Apa Saja 3 Rahasia Cara Memancing Ikan Nila yang Susah Makan?

Di bawah ini ada beberapa tips bagi pemancing untuk memancing. Dan juga info untuk para pembudidaya ketika ingin sekali mengetahui berbagai faktor tentang hewan air tawar yang susah makan. Di antaranya sebagai berikut:

1.      Memperhatikan Alat Pancing

Piranti yang digunakan bisa memakai senar ukuran empat hingga delapan lbs. Dengan ukuran mata kail sekitar tujuh hingga sebelas. Dan gunakan bandul size kecil agar ikan tidak kaget dan memilih untuk pergi meninggalkan mata kail pancingan Anda.

Anda bisa mencari di internet atau bertanya ke komunitas pemancing, alat apa yang paling efektif digunakan untuk memancing ikan nila. Sehingga, bisa menambah wawasan dan pengetahuan tentang dunia memancing serta membuat lingkup pertemanan menjadi sangat luas.

2.      Racikan Umpan yang Inovatif

Salah satu penyebab nila susah makan adalah bosan atau malas untuk memakan umpan yang Anda sediakan. Sebaiknya ganti varian lainnya seperti menggunakan lima butir telur bebek, dua ekor ikan kembung (lebih baik dikukus terlebih dahulu) atau bisa menambahkan 5 sachet vanili.

Kemudian bahan yang lain yakni Pertama, satu kilogram udang rebon. Caranya dicuci dulu dan dijemur hingga kering. Kedua, seperempat kilo tepung tapioca dan roti. Ketiga, adalah essen. Lalu campur semua bahan menjadi satu dan racikan siap digunakan.

BACA JUGA: alasan mengapa mancing disebut sebagai olahraga

3.      Jangan Mengagetkan Ikan Nila

Rahasia selanjutnya adalah mengatur lemparan kail. Cara kerjanya yaitu lemparkan pancing dengan jauh dari tempat Anda memancing. Hal ini gunanya agar leluasa ketika menggerakkan joran. Namun, sebaiknya tidak melempat mata kail dengan keras.

Karena bisa membuat ikan nila kabur, sehingga akan membuatnya susah untuk dipancing. Ketika Anda memancing di kolam atau sungai, sebaiknya melempar pancing dengan cara biasa. Kemudian tunggu dan mainkan kail agar umpan bisa segera dimakan.

Demikian ulasan mengenai 3 rahasia cara memancing ikan nila yang susah makan. Semoga info ini berguna dan bermanfaat bagi Anda semua. Jika masih ada hal belum jelas, jangan lupa klik kolom komentar di bawah ini ya!

BACA JUGA: bikin jersey mancing mania