Keuntungan dan Kerugian Membeli atau Membangun Rumah

Kamis, 22 Agustus 2024 | 14:13 WIB
0
9
Keuntungan dan Kerugian Membeli atau Membangun Rumah
Keuntungan dan Kerugian Membeli atau Membangun Rumah

Pada saat Anda punya sejumlah dana yang cukup untuk sebuah rumah atau mungkin saja Anda akan dihadapkan dengan dua pilihan yang dirasa membingungkan. Dua hal tersebut adalah membeli rumah atau justru membangunnya sendiri? Nah, untuk mengantisipasi kebingungan tersebut Anda bisa membandingkan keuntungan dan kerugian diantara keduanya.

Keuntungan dan Kerugian Membeli atau Membangun Rumah

Keuntungan Beli Rumah Sudah Jadi

Keuntungan yang akan Anda terima ketika membeli rumah adalah lebih praktis. Anda tidak lagi memerlukan waktu yang lama untuk menunggu punya hunian sendiri. Selain itu, Anda juga tidak lagi kerepotan dengan segudang hal yang berhubungan dengan proses pembangunan rumah seperti; tenaga kerja, bahan baku, kontraktor serta pemborong.

Kerugian Beli Rumah Sudah Jadi

Selain keuntungan di atas, Anda pun akan merasakan beberapa kerugian ketika membeli sebuah rumah yang sudah jadi. Berikut adalah beberapa kerugian tersebut:

Tidak bisa menentukan desain
Tidak tahu jenis material yang digunakan
Menimbulkan banyak biaya baru ketika ingin merenovasi
Keuntungan Bangun Rumah

Membangun rumah sendiri memang akan membuat Anda merasa lebih puas sebab telah mendapat apa yang diinginkan. Bahkan Anda juga bisa membuat rumah idaman yang sesuai dengan keinginan. Bukan itu saja, biaya untuk pembangunan juga bisa Anda minimalisir sendiri.

Kerugian Bangun Rumah

Meskipun biaya dapat diminimalisir sedikit mungkin, namun Anda nantinya akan direpotkan dengan beberapa hal dibawah ini:

Pencarian lahan atau tanah untuk bangunan
Kesulitan dalam mencari pemborong dan kontraktor
Disibukkan dengan pemilihan bahan material
Dari perbandingan keuntungan dan kerugian antara membeli rumah dan membangun rumah sendiri, kini Anda tidak akan merasa bingung lagi dalam membuat keputusan. Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kondisi serta desain rumah idaman.

propertysoloraya.com