Mengenang Arswendo Atmowiloto dan Nasionalisme Nasi Goreng-nya

Selamat jalan Arswendo. Meski engkau telah tiada, tetapi namamu akan dikenang oleh budayawan Indonesia!

Senin, 29 Juli 2019 | 06:18 WIB
0
381
Mengenang Arswendo Atmowiloto dan Nasionalisme Nasi Goreng-nya
Saya dan Arswendo (Foto: Dok Pribadi)

Arswendo Atmowiloto meninggal dunia pada Jumat, 19 Juli 2019,  pukul 17.50 WIB di usia 70 setelah berjuang melawan kanker prostat. Kabar ini dikonfirmasi oleh sumber yang dekat dengan keluarga.

Sebelumnya Arswendo sempat dilarikan ke rumah sakit karena kondisi kesehatannya yang menurun.

Arswendo Atmowiloto merupakan seniman dan budayawan legendaris di Indonesia. Bermula berprofesi sebagai wartawan, kepiawaian Arswendo menciptakan banyak karya tulis menjadikan dirinya sebagai sosok penting dalam sejarah literasi Indonesia.

Kenangan buat saya adalah kehadiran budayawan Arswendo Atmowiloto dan Slamet Rahardjo Djarot di acara Seminar Nasional "Makna Kemerdekaan: Dulu, Kini, dan yang Akan Datang," yang diselenggarakan Museum Perumusan Naskah Proklamasi di Museum Nasional Jakarta, Selasa, 3 Desember 2013. 

Waktu itu, sebagai seorang moderator di sesi kedua, sudah tentu saya sangat menghargai kehadiran dua budayawan tersebut. Minimal bisa mencerahkan pemikiran-pemikiran mengenai makna kemerdekaan itu sendiri terutama mengenai hasil-hasil karya mereka yang kalau boleh saya katakan melampaui batas-batas kemampuan rata-rata putra bangsa.

"Inilah sebetulnya makna kemerdekaan buat anak bangsa, karena mereka tidak berteori tapi berkarya," ujar saya mengawali pembicaraan sebagai moderator. Juga sebagaimana diharapkan para pembicara di sesi pertama, bahwa hendaknya untuk memaknai sebuah kemerdekaan kita harus jujur, dan konsekuen, maka dengan profesi kedua nara sumber ini membuktikan hal itu.

Sebagai pembicara pertama, Arswendo Atmowiloto megulas makalahnya berjudul "Nasionalisme Nasi Goreng". Sekilas terasa aneh didengar, tetapi setelah diulas barulah kita bisa memahami bahwa "nasi goreng" itu menunjukan ciri khas masakan asli Indonesia. Arswendo ingin menggarisbawahi bahwa jati diri kita sebagai bangsa sudah pudar.

"Sayangnya nasi goreng tidak dikenali dalam bahasa komputer, sehingga setiap kali menuliskan goreng, otomatis berganti dengan goring. Seakan kata nasi goreng adalah salah dan perlu dikoreksi." Tetapi meskipun demikian, lanjut Arswendo, nasib nasi goreng tidak seburuk durian, terasi, kretek atau jamu kuat.

"Di negerinya sendiri durian tak leluasa disajikan di hotel, atau bahkan dalam kamar, atau sebagai tentengan ketika naik pesawat terbang. Terasi dianggap kotor, diganti bumbu masak plastikan. Kretek, juga rokok dianggap jelek, jorok, dan berbahaya, sementara jamu kuat dianggap illegal," ujar Arswendo.

Memakai bahasa sehari-hari yang mudah dicerna dan dipahami, Arswendo ingin mengungkapkan, kenapa bangsa ini tidak mencintai produksi dalam negeri? Inilah tragedi nasionalisme, tegas Arswendo.

"Bagaimana bisa hanya untuk menentukan kecantikan seorang gadis, harus diukur dan dibandingkan antara lingkar dada, pinggang, dan pantat," kembali Arswendo mengingatkan, seharusnya untuk menentukan seorang gadis cantik bukan dari ukuran itu.

Jadi Arswendo ingin menegaskan, ketergantungan kita kepada budaya asing dalam menilai sesuatu, sementara budaya asli bangsa ditinggalkan. Sebetulnya dari pemikiran Arswendo, dengan mencontohkan "Nasionalisme Nasi Goreng", sudah tepat bahwa bangsa ini mencintai budayanya sendiri.

"Wujud budaya tidak lahir untuk meniadakan wujud yang lain, juga tidak memusuhi. Nasi goreng lahir tidak untuk meniadakan atau memusuhi nasi liwet, nasi uduk, rendang, atau gudeg, atau apa pun. Kita boleh menikmati nasi goreng tanpa merasa bersalah, atau disalahkan," jelas Arswendo menyimpulkan.

Kehadiran Arswendo memacu generasi muda, atau guru-guru sejarah, mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang hadir di acara seminar itu agar lebih kreatif untuk memaknai kemerdekaan. 

Arswendo tidak berteori, tetapi dia adalah novelis produktif. Arswendo itu nama aslinya Sarwendo, tetapi karena tidak populer diubahnya dengan Arswendo dan di belakang namanya ditambah nama ayah, Atmowiloto, sehingga terwujudlah namanya sebagaimana sekarang Arswendo Atmowiloto. Lahir di Surakarta, 26 November 1948.

Berbicara mengenai karya, mungkin sudah tidak bisa dihitung, baik berupa tulisan bersambung dan novel. Menurut saya kalau kita tinjau dari novel-novel yang ditulisnya, Arswendo boleh dianggap sebagai sejarawan. Novelnya yang lahir berisi jiwa-jiwa kepahlawan atau sejarah, di antaranya, "Serangan Fajar," "Air Langga," Senopati Pamungkas", dan "Penghianatan G.30.S/PKI".

"Sebagaimana ungkap Dr. Kuntowijoyo, Sejarawan UGM, sebuah biografi adalah sejarah, maka saya juga boleh mengatakan bahwa Arswendo layak juga diakui sebagai sejarawan. Apalagi beliau selalu menulis, karena bagaimana pun kunci dari sejarawan itu menulis. Jika tidak menulis lagi, maka kesejarawanannya diragukan," ujar saya sebagai moderator di awal pembukaan seminar.

Selamat jalan Arswendo. Meski engkau telah tiada, tetapi namamu akan dikenang oleh budayawan Indonesia.

***