Pentingnya Taman dalam Perumahan dan Tips Membuatnya

Rabu, 28 Agustus 2024 | 10:43 WIB
0
7
Pentingnya Taman dalam Perumahan dan Tips Membuatnya
Taman rumah

Taman yang ada di dalam sebuah rumah, entah itu posisinya berada di tengah rumah, di depan maupun dibelakang sangat banyak sekali manfaat dan kegunaannya.

Selain dapat membuat rumah terlihat lebih asri dan indah, taman rumah juga dapat menambah kenyamanan bagi penghuninya.

Lalu manfaat apa lagi sajakah yang dapat kita peroleh dengan adanya taman dalam sebuah perumahan?

Pentingnya Taman dalam Perumahan

Taman yang ada dalam sebuah perumahan dapat anda tanami dengan berbagai macam tanaman, baik tanaman buah, sayur maupun tanaman hias dengan bunga yang berwarna-warni.

Selain dapat membuat rumah anda terlihat lebih indah dan lebih asri, manfaat taman yang lainnya adalah :

  • Taman dapat menjadi sebuah tempat resapan untuk air hujan agar dapat masuk kedalam tanah. Secara tidak langsung anda pun telah turut berperan dalam mensukseskan program green building untuk mengatasi masalah banjir.
  • Sebagai penyuplai oksigen dan udara bersih saat siang hari didalam rumah karena tanaman dapat menghasilkan oksigen yang sangat diperlukan manusia.
  • Sebagai tempat untuk mememihara ikan di kolam.
  • Sebagai pelengkap model arsitektur, karena dengan adanya taman rumah bentuk rumah tempat tinggal akan semakin lengkap.

Tips Membuat Taman Indah di Rumah

Untuk membuat sebuah taman pada rumah berikut akan kita bagikan beberapa tips :

Sebelum anda mulai membuat sebuah taman, tentukan terlebih dahulu dimanakah letak atau lokasi taman yang ingin anda buat tersebut.

Bisa didepan rumah, disamping maupun dibelakang rumah. Taman depan rumah akan sangat pas bagi rumah anda yang minimalis, karena dapat memberikan kesan rumah terlihat lebih luas.

Setelah letak taman sudah ditentukan, kini saatnya mulai memikirkan benda-benda dan keperluan apa saja yang dibutuhkan untuk mempercantik taman, seperti tanaman perdu, rumput hijau, bebatuan dan juga kolam.

Agar taman bisa terlihat lebih menarik, tambahkanlah batu-batuan dan rumput hijau. Anda bisa menggunakan rumput hias maupun rumput hijau biasa.

Untuk menambahkan kesan modern, anda dapat mendesainnya dengan bentuk dasar pola geometris dengan menambahkan elemen besi atau pagar yang mempunyai struktur serta garis linear.

Untuk menambahkan daya tarik visual, anda bisa menambahkan aksesori patung.

Agar taman terlihat lebih indah meskipun sederhana, tambahkanlah sebuah kolam dan percantik dengan bunga warna-warni yang ada dalam pot. Tambahkan dengan kursi taman yang dapat anda gunakan sebagai tempat duduk sore saat sedang santai.

Nah itulah beberapa diantaranya tips dalam membuat taman indah di rumah. Semoga dapat memberikan manfaat kepada anda.

BACA JUGA: tips memilih rumah idaman