Ketahui Beragam Jenis Kain Taslan, Kelebihan dan Pemanfaatannya

Jumat, 13 September 2024 | 06:47 WIB
0
3
Ketahui Beragam Jenis Kain Taslan, Kelebihan dan Pemanfaatannya
Jenis Kain Taslan

Sebelum membuat pakaian, tentunya pemilihan bahan baku yang berkualitas sangatlah diperlukan. Salah satu jenis kain yang bisa dipilih adalah kain taslan, dimana sangat eksklusif dibandingkan jenis kain lainnya. Kain satu ini umumnya menjadi bahan dasar pembuatan jaket, bomber, hingga jaket hujan modern.

Kain taslan ini pertama kali dibuat pada tahun 1954 dengan memanfaatkan tekanan udara pada saat proses pembuatannya. Bisa dibilang cara membuatnya sangat mudah dan sederhana. Keunggulan yang di punya pun membuatnya bisa menghasilkan pakaian atau aksesoris yang ringan namun tetap awet dan berdaya tahan tinggi.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai berbagai jenis kain satu ini, kelebihan dan juga pemanfaatannya dalam dunia mode, berikut ulasan lengkapnya, antara lain:

Jenis-Jenisnya

Bahan kain satu ini sangat populer digunakan dan dijumpai dalam berbagai jenisnya. Sehingga berbagai jenis kain tersebut bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan budget yang di punya, yaitu sebagai berikut:

  • Taslan salur. Ciri utama dari kain ini adalah penggunaan pada jaket seperti parka, pembuatan topi custom dan sebagainya.
  • Taslan milky. Terdapat lapisan anti air di bagian luar dan juga berwarna lebih cerah pada bagian dalamnya. Sering digunakan sebagai bahan dasar tas, jaket, dan bean bag.
  • Taslan coating Bening. Memiliki lapisan anti air yang berwarna bening dan tampak transparan. Penggunaannya kain ini sama dengan taslan milky.
  • Taslan balon. Permukaan kain ini sedikit licin dengan ciri utama coating balon di bagian dalam. Kain ini tidak digunakan pada produk sandang karena memang tidak berpori dan sangat rapat sehingga panas.
  • Taslan latex. Secara kenampakan, taslan latex tampak mirip seperti taslan balon. Tetapi jika taslan balon akan seperti daun talas saat terkena air, taslan latex tidak boleh terekspos terlalu lama dengan air.
  • Taslan parasut. Taslan ini terbuat dari polyester dengan lapisan karet sehingga bersifat anti air dan juga tahan terhadap angin. Sering dikombinasikan dengan jaring tipis lalu digunakan untuk pembuatan jaket.

Pemanfaatan Kain

Dengan kualitas premium yang dimilikinya, maka tidak heran jika dimanfaatkan untuk berbagai hal. Tidak terbatas pada produk pakaian saja, namun juga produk lainnya mulai dari jaket hingga jas hujan. Berikut inilah penjelasan lengkapnya, antara lain:

1. Jaket
Bahan kain satu ini memang sangat cocok untuk melindungi tubuh dari angin maupun guyuran air hujan. Maka tidak heran jika digunakan oleh konveksi jaket sebagai bahan pembuatan jaket, mulai dari jaket parka, outdoor, windbreaker, hingga organisasi kampus. Pilihan jenis kain pun bisa disesuaikan, entah itu taslan salur, milky ataupun coating bening sesuai keinginan.

2. Beanbag
Dekorasi rumah tanpa adanya bean bag memang seperti kurang lengkap. Jenis sofa yang menyerupai bantal ini terbuat dari busa styrofoam yang dilapisi oleh kain taslan. Hal ini membuatnya sangat nyaman digunakan dan tidak takut basah karena terkena air.

3. Jas Hujan
Tidak hanya jaket berbahan taslan, namun kebanyakan jas hujan juga menggunakan jenis kain satu ini sebagai bahan bakunya. Serat sintetis dengan kualitas tinggi pada taslan balon dimanfaatkan untuk membuat jas hujan premium loh. Dijamin bisa melindungi tubuh dari guyuran hujan dan hawa yang dingin.

BACA JUGA: bahan kain untuk bendera

Demikian informasi mengenai bahan kain taslan yang cukup populer di kalangan industri mode Indonesia. Tentunya dengan bahan yang ringan dan juga perawatan yang mudah, maka bahan kain ini sangat diidamkan untuk pembuatan berbagai pakaian sehari-hari namun tidak di sarankan untuk membuat kaos polos. Tidak hanya nyaman, namun keawetannya pun terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi dalam memilih bahan kain yang tepat.