Mengapa Warna Baju Operasi Dokter Spesialis dan Penata Anestesi Selalu Hijau

Rabu, 7 Juni 2023 | 05:16 WIB
0
81
Mengapa Warna Baju Operasi Dokter Spesialis dan Penata Anestesi Selalu Hijau
Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika menguji mahasiswa dikamar operasi/Foto : Dokpri

Solo – Operasi merupakan salah satu tindakan pembedahan pada pasien di Rumah Sakit yang dilakukan oleh Dokter Spesialis bedah yang pakar dalam bidangnya yang bertujuan untuk menyembuhkan penyakit. Dalam istilah medis operasi adalah semua tindakan pengobatan dirumah sakit yang menggunakan tindakan invasif dengan membuka atau menampilkan bagian tubuh yang akan dilakukan operasi. Biasanya bagian tubuh ini mengalami masalah gangguan sehingga harus dilakukan pembedahan. Kemudian yang dimaksud dengan tindakan invasif merupakan salah satu tindakan medis yang dilakukan kepada pasien yang bisa mempengaruhi keutuhan jaringan pada tubuh pasien yang dilakukan oleh tenaga medis.

Dikamar operasi pasien akan dilakukan pembedahan oleh tim medis yang berada dikamar operasi yang terdiri dari : Dokter Spesialis Bedah atau spesialis sesuai bidang penyakit yang ditangani, Perawat bedah, instrumen, Dokter Spesialis Anestesi, Penata Anestesi dan Perawat OK. Baju atau seragam yang dipakai dikamar operasi ketika melakukan tindakan pembedahan kepada pasien harus steril dan tidak terkontaminasi oleh benda lain. Steril pada baju tindakan operasi yaitu dengan cara dicuci terlebih dahulu kemudian dirapikan disetrika dengan sterika panas kemudian dibungkus dan dimasukkan ke mesin Autoclave pemanas yang bisa membunuh kuman bakteri. Tujuan harus steril dikarenakan supaya tidak terjadi infeksi nosokomial pada pasien pembedahan serta tidak terjadi infeksi sepsis pada pasien pembedahan.

Yang dimaksud dengan infeksi nosokomial adalah infeksi yang berbahaya yang sifatnya silang yang terjadi rumah sakit pada perawat atau pada pasien saat dilakukan perawatan dirumah sakit. Sedangkan Infeksi sepsis merupakan respon mematikan dari sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi atau cedera. Sepsis dimulai ketika kuman penyebab infeksi telanjur masuk ke dalam aliran darah. Racun dari bakteri tersebut kemudian menyerang fungsi berbagaiorgan vital, seperti mengubah suhu tubuh, denyut jantung, serta tekanan darah.

Baju yang dipakai oleh tenaga medis ketika melakukan tindakan operasi pembedahan identik dengan warna hijau. Alasan kenapa memakai warna hijau karena pada warna hijau membuat mata lebih sensitif terhadap variasi warna merah seperti darah sehingga memudahkan dokter mengenali organ pasien. Sedangkan warna lain yang biasa dipakai adalah warna pilihan biru. Tetapi paling banyak baju operasi yang dipakai adalah warna hijau.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan alasan kenapa baju tenaga medis operasi warna hijau atau biru dikarenakan dua alasan yaitu Hijau sendiri dapat membantu dokter melihat lebih baik karena dua alasan. Pertama, melihat warna biru atau hijau dapat menyegarkan penglihatan dokter terhadap hal-hal yang berwarna merah, termasuk organ pasien yang berdarah selama operasi. Otak menafsirkan warna relatif satu sama lain. Jika seorang ahli bedah menatap sesuatu yang berwarna merah dalam waktu yang lama dan sering, maka dia akan menjadi peka terhadap warna tersebut. Sinyal merah di otak akan memudar, yang bisa membuat lebih sulit untuk melihat nuansa tubuh manusia.*Red