Tim POP LP Ma’arif NU Lampung Timur Presentasikan Inspirasi Metode Pengajaran

Jumat, 2 Juni 2023 | 20:08 WIB
0
55
Tim POP LP Ma’arif NU  Lampung Timur Presentasikan  Inspirasi Metode Pengajaran
Tim POP Lampung Timur sedang memaparkan kreativitas dan inovasi pengajaran literasi dan numerasi dalam acara Unjuk Prestasi Pengajaran Praktik Baik Literasi Numerasi dan Seminar Nasional Program Organisasi Penggerak (POP) Literasi dan Numerasi Tingkat SD, Kamis (1/6/2023). (Foto: Dok. LP Ma'arif NU).

Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar Unjuk Prestasi Pengajaran Praktik Baik Literasi Numerasi dan Seminar Nasional Program Organisasi Penggerak (POP) Literasi dan Numerasi Tingkat SD. Unjuk prestasi dalam rangkaian acara tersebut dibagi menjadi 4 sesi. Unjuk prestasi sesi 1 dan 2 telah dilaksanakan pada Kamis (1/6/2023).

Adapun tim POP LP Ma’arif NU yang tampil pada dua sesi tersebut meliputi tim POP LP Ma’arif NU Pacitan, Purworejo, Purwakarta, Bojonegoro, Bantul, Wonosobo, Bantaeng, Cirebon, Lampung Tengah, Gunung Kidul, KBB, Klaten, Pamekasan, Karawang, dan Pinrang. Sementara unjuk prestasi sesi 3 dan 4 berlangsung hari ini, Jumat (2/6/2023). Unjuk prestasi sesi 3 yang digelar pukul 08.00 hingga 11.30 WIB menampilkan pemaparan tim POP LP Ma’arif Kabupaten Sleman, Semarang, Samarinda, Tuban, Tegal, Lampung Timur, Pare-pare, Cianjur, Metro, dan Makassar.

Selanjutnya, unjuk prestasi sesi 4 dijadwalkan Jumat (2/6//2023) pukul 13.00 hingga 15.00 WIB. Adapun tim yang tampil pada sesi ini meliputi tim POP LP Ma’arif NU Indramayu, Kulon Progo, Bone, Trenggalek, Garut, Berau, Pekalongan, dan Pringsewu. Masing-masing tim diberikan alokasi waktu 15 menit untuk memaparkan kreativitas dan inovasi pengajaran literasi dan numerasi yang telah mereka ajarkan di kelas. Tim diperkenankan untuk membawa alat peraga pembelajaran saat mempresentasikan temuannya. Selain melalui presentasi per sesi, inovasi masing-masing tim POP LP Ma’arif NU juga dapat disaksikan dengan mendatangi langsung stand-stand pameran literasi dan numerasi. Terdapat 35 stand yang dapat dikunjungi. Tiap pengunjung yang datang tak hanya disuguhkan dengan ragam media pembelajaran. Mereka juga disediakan souvenir yang bisa diambil secara percuma.

Acara Unjuk Prestasi Pengajaran Praktik Baik Literasi Numerasi dan Seminar Nasional Program Organisasi Penggerak (POP) Literasi dan Numerasi Tingkat SD ini berlangsung selama dua hari, pada 1-2 Juni 2023 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Salah satu yang dipamerkan Tim POP LP Ma’arif NU Lampung Timur adalah Peta Imajinasi hal tersebut bagian dari Belajar Pasti Aksi Abad 21 dengan metode ini siswa pasti membaca buku, pasti memahami nya, pasti punya hasil karya berupa peta imajinasi, dan yang luar biasa pasti presentasi dan aploud YouTube sebagai jejak digital siswa.

Dengang Belajar Pasti Aksi kali ini siswa mampu menampilkan praktek mendongeng kelas 2 kisah katak kecil dan ular kecil. Praktek berhitung cepat Jarimatika perkalian untuk menghitung ruas bidang bangun ruang di kelas 6. Alhasil siswa pintar berhitung dengan cepat dan tepat. Dengan Peta imajinasi ini, penampilan nya berbeda dengan Propinsi dan Kabupaten lain se Indonesia peserta POP. Kebanyakan yang lain hanya fokus pada menampilkan alat peraga atau media pembelajaran sebagai inovasi guru,  keunggulan proses pembelajaran dengan Metode Belajar Pasti Aksi siswa lebih bersemangat belajar, kreatif dan mampu mempresentasikan apa yg ia pelajari dengan media Peta imajinasi buatnya sendiri, sebagai bentuk merdeka belajar.

Acara Unjuk Prestasi Pengajaran Praktik Baik Literasi Numerasi dan Seminar Nasional Program Organisasi Penggerak (POP) Literasi dan Numerasi Tingkat SD ini berlangsung selama dua hari, pada 1-2 Juni 2023 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.