Mereka Tidak Lebih Hebat dari Kita

Di era globalisasi sekarang ini, kita sudah tidak bisa lagi untuk tidak bersaing, semua situasi dan keadaan menantang kita untuk memperlihatkan kemampuan.

Jumat, 16 Agustus 2019 | 06:04 WIB
0
363
Mereka Tidak Lebih Hebat dari Kita
Foto: Tribunews.com

Apa yang kita alami saat ini tidaklah jauh berbeda dengan apa yang dihadapi bangsa ini di waktu yang lalu, ketergantungan kita kepada bantuan asing begitu kuat, sehingga kita kurang memikirkan potensi sendiri, tidak pernah mau berusaha untuk bangkit,membangun semua kekuatan yang ada.

Kalau dulu bangsa ini terinjeksi secara psikologis, sekarang bangsa ini di Injeksi secara Finansial oleh bangsa asing, sehingga lebih senang hidup dibawah bayang-bayang bangsa asing, seperti yang Bung Hatta bilang, “Kelemahan bangsa ini terletak pada Wataknya”, makanya Bung Karno pun pernah menuangkan gagasan “Nation and Character Building”.

Tidak dalam semua hal bangsa asing itu lebih Hebat dari bangsa kita, dan tidak semua hal mereka kuasai. Kadang ada hal-hal yang mereka juga tidak ketahui, nah bangsa kita ini kadang mampu menutupi kelemahan mereka tersebut.

Kalau dengan strata pendidikan yang sama, tidak mesti mereka lebih Hebat dari bangsa kita. Kadang mereka mengetahui sesuatu sangatlah bersifat mechanical, dan cara berpikirnya sangat mechanical, sementara kita cenderung manual,  lebih memahami tekhnis eksekusinya berdasarkan pengalaman.

Dalam prakteknya sesuatu yang sangat mechanical itu tidaklah efektif dan praktis, sementara orang-orang kita menguasainya baik secara tekhnis maupun kepraktisannya dalam eksekusi, yang seperti itu mereka harus belajar mensiasatinya dengan kita.

Jadi kalau mereka kerja hebat, sementara kita bekerja secara cerdas. Yang jelas secara sugestif sebagai bangsa asing superioritas mereka lebih diakui terlebih dahulu, sementara kita dianggap bangsa yang inferior.

Ada hal yang terpenting dari sebuah pendidikan yang harus dibangun sejak dini, bahwa bangsa ini harus menjadi bangsa Pemenang, bukanlah bangsa pecundang. Seperti halnya Bung Hatta menggugah pendidikan para pemuda Indonesia pada jamannya.

“Pendidikan terutama sekali harus menyadarkan pemuda bahwa tujuan hidupnya adalah Kemerdekaan Tanah Air. Dengan cara demikian kita memupuk warganegara yang cakap, yang siap berjuang untuk hadian yang tertinggi bagi Tanah Air kita” (Bung Hatta)

Pendidikan yang paling mendasar dibutuhkan saat ini adalah pendidikan karakter, seperti yang dicita-citakan Bung Karno. Agar para pemimpin dimasa depan lebih memiliki rasa nasionalisme yang berkeadaban, yang lebih mengedepankan kepentingan Bangsa daripada kepentingan pribadinya.

Tapi percayalah, secara perlahan-lahan kita bisa melepaskan diri dari sugesti bahwa "Bangsa Asing Itu Lebih Hebat dari Kita," dan kita sudah mulai bangkit dengan lebih percaya diri. Semua tergantung bagaimana pemimpin memberikan teladan untuk memberikan semangat yang membangkitkan.

Saya pernah membuktikan bahwa Bangsa Asing tidak lebih Hebat dari kita, dan saya memperlihatkan kepada mereka, kita pun bisa lebih pandai dari mereka. Pantang dianggap remeh oleh bangsa asing. Mental seperti itu sangat diperlukan dalam persaingan di era globalisasi.

Saat itu saya mendapat kepercayaan sebagai Art Director sebuah produksi iklan, kebetulan sutradaranya dari Negara Singapura, seorang anak muda yang sangat cerdas dan kreatif. Pada awalnya dia under estimate dengan kemampuan saya.

Dalam proses eksekusi, dia menemukan kendala tekhnis yang tidak bisa dia atasi. Akhirnya saya diminta sama Produser saya untuk mendampinginya, dan memberikan solusi terhadap persoalan tekhnis dalam eksekusi sebuah adegan.

Sayapun mencoba memberikannya pengarahan, dengan pengarahan saya tersebut diluar dugaan dia hasilnya jauh diatas ekspektasinya, dia pun memberikan pujian yang menurut saya sebagai sesuatu yang sangat berharga sekali.

Nyatanya secara sportif mereka juga sangat mengapresiasi kelebihan yang kita miliki. Yang terpenting adalah, kita sadar betul bahwa pada dasarnya ketrampilan dan pengetahuan itu bukanlah hanya milik bangsa Asing, kita juga bisa lebih terampil dari mereka.

Di era globalisasi sekarang ini, kita sudah tidak bisa lagi untuk tidak bersaing, semua situasi dan keadaan menantang kita untuk memperlihatkan kemampuan. Pendidikan tidak cukup hanya didapatkan dari bangku Sekolah, Pendidikan harus diimbangi dengan ketrampilan yang maksimal.

Kita sudah tidak bisa dibilang bangsa 'Inlander' sekarang ini, karena kita bukanlah bangsa yang terbelakang. Kita sudah siap berkompetisi dengan bangsa manapun, lihatlah banyak generasi muda Indonesia yang selalu menjadi Pemenang dalam berbagai kompetisi global.

***