Lokakarya Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Metro Lampung

Minggu, 19 November 2023 | 11:03 WIB
0
35
Lokakarya Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Metro Lampung
Program Pascasarjana Magister Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro Lampung menyelenggarakan lokakarya pengembangan media pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technology) di Gedung Perpustakaan Baitul Hikmah Kampus 2 IAIN Metro

Pep News Metro - Program Pascasarjana Magister Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro Lampung menyelenggarakan lokakarya pengembangan media pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technology) di Gedung Perpustakaan Baitul Hikmah Kampus 2 IAIN Metro. Kegiatan ini diikuti oleh Seluruh Mahasiswa, Magister Pendidikan Agama Islam.

Lokakarya ini bertujuan untuk mendiskusikan dan mengembangkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan modern, dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Media pembelajaran berbasis ICT menjadi fokus utama dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran di Program Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Metro Lampung.Lokakarya diisi  oleh ICT dari STIMIK Dharma Wacana yang juga menjabat sebagai pembina acara. Dalam sambutannya, Dr. Ahmad Zumaro, MA menyampaikan urgensi pemanfaatan teknologi dalam pendidikan agama Islam dan bagaimana lokakarya ini dapat menjadi langkah awal menuju pendidikan yang lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi. "Kita tidak bisa menutup mata terhadap kemajuan teknologi. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran berbasis ICT perlu menjadi bagian integral dari proses pendidikan agama Islam. Dengan cara ini, kita dapat lebih mudah menyampaikan materi secara efektif dan menarik bagi generasi muda yang tumbuh dalam era teknologi,"Wakil Direktur Pascasarjana. Lokakarya ini menghadirkan beberapa pemateri yang ahli di bidangnya, antara lain:

1. Usep Saprudin, M.T.I"Quiziz dan Canva"

2. M.Adie Syahputra, M.T.I" Flip Books dan Jam Board

3. Budi Utomo, M.T.I" Artifial Intelligence"

Peserta lokakarya aktif terlibat dalam diskusi dan workshop praktis untuk mengaplikasikan konsep yang telah dibahas. Materi-materi tersebut melibatkan teknologi-teknologi terkini seperti augmented reality, virtual reality, dan platform pembelajaran online.

*"Lokakarya ini memberikan wadah bagi para pendidik agama Islam di Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Metro Lampung untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam merancang dan mengimplementasikan media pembelajaran yang inovatif. Semakin berkembangnya teknologi, semakin besar pula tantangan dan peluang untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan,"* tambah Dr. Mukhtar Hadi,Direktur Pascasarjana IAIN Metro.

Lokakarya ini diharapkan memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan kualitas pendidikan agama Islam di tingkat pascasarjana. Terobosan-terobosan baru dalam pengembangan media pembelajaran berbasis ICT diharapkan dapat menjawab tuntutan zaman dan memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan.