Bagaimana Cara Menghadapi Sidang Skripsi Dengan Tenang? Simak Ulasannya

Rabu, 29 November 2023 | 11:07 WIB
0
26
Bagaimana Cara Menghadapi Sidang Skripsi Dengan Tenang? Simak Ulasannya
Sidang Skripsi

Bagi Anda yang kini telah menyandang gelar sarjana, pasti pernah merasakan ketegangan menjalani sidang skripsi. Perasaan tegang dan gugup ini bahkan dapat menyebabkan hancurnya apa yang telah dipersiapkan ketika dihadapan dosen penguji. Jadi, bagi Anda yang akan menghadapi sidang skripsi tidak perlu gugup. 

Jangan sampai Anda harus mengulang sidang skripsi. Atau nilai tesis Anda menurun. Karena ada cara agar sidang skripsi dapat berjalan dengan lancar dan tenang. Cara ini akan membuat Anda siap lahir dan batin untuk menjalani tahap akhir penambahan gelar sarjana di akhir nama Anda. Nah, berikut beberapa Cara Menghadapi Sidang Skripsi dengan tenang.  

Beberapa Cara Menghadapi Sidang Skripsi

Pahami Materi Skripsi

Inilah poin utamanya agar Anda bisa tenang menjalani sidang skripsi. Sebab, layaknya sidang, pasti akan mendapat banyak pertanyaan dari dosen penguji. Nah, untuk bisa menjawab dengan baik tentunya Anda harus memahami materi skripsi Anda dengan baik. Tentu saja, Anda tidak perlu menghafal isi skripsi kalimat demi kalimat. Pahami saja poin-poin penting skripsinya. 

Dari latar belakang hingga kesimpulan akhir. Agar Anda tidak lupa saat berada di hadapan dosen penguji, ada baiknya Anda membuat catatan kecil mengenai poin-poin penting dalam skripsi Anda. Sehingga Anda bisa lebih percaya diri saat berada di depan penguji.

Konsultasi Dengan Pembimbing

Jangan terlena dalam memahami isi skripsi. Periksa apakah masih ada isi tesis yang sulit dipahami. Jika Anda sendiri tidak bisa memahaminya, akan lebih sulit lagi bagi orang lain untuk melakukannya. Segera konsultasikan setiap permasalahan yang timbul kepada atasan Anda. Diskusikan secara mendalam mengenai permasalahan tersebut, hingga Anda menemukan solusinya. 

Sampai Anda benar-benar yakin tidak ada lagi yang bisa membingungkan orang lain. Bahkan, Anda juga bisa memposisikan pembimbing Anda sebagai dosen penguji. Biarkan dia bertanya tentang materi tesis Anda. Sehingga Anda mempunyai gambaran mengenai pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan oleh dosen penguji.

Tidur Yang Cukup Sebelum Sidang Skripsi

Jangan pernah tidur larut malam saat menghadapi sidang skripsi. Hal ini harus Anda patuhi dengan disiplin yang tinggi. Jika Anda memang tidak ingin sidang skripsi Anda berantakan. Sebab, kurang tidur akan membuat Anda sulit fokus. Tak hanya fokus dalam melakukan presentasi, Anda juga bisa gagal fokus saat menjawab pertanyaan penguji.

Selain itu, tidur larut malam juga akan membuat tubuh menjadi tidak fit. Cenderung menjadi lemah. Padahal dituntut fit 100 persen saat dihadapan dosen penguji bukan? Jadi Anda bisa bangun pagi untuk bersiap menghadapi uji coba penentuan ini.

Wajib Sarapan

Satu hal yang juga harus Anda lakukan di hari besar adalah mengisi perut di pagi hari. Ya, sarapan pagi merupakan hal yang mutlak penting untuk kamu lakukan sebelum sidang skripsi. Anda tentu tidak ingin perut Anda keroncongan saat berada di depan dosen penguji bukan? Sangat disayangkan jika hal itu terjadi. Selain itu, saat perut kosong pasti akan sulit berkonsentrasi.

Oleh karena itu, Anda wajib sarapan pagi sebelum menjalani sidang skripsi. Cukup. Jangan berlebihan juga. Akan lebih baik jika Anda sarapan dengan mengonsumsi karbohidrat dan protein sesuai kebutuhan. Ketika perut Anda kenyang, pikiran Anda bisa lebih berkonsentrasi. Supaya Anda bisa lebih tenang, jangan terlalu memikirkan perut Anda yang keroncongan.

Datang Lebih Awal Dari Jadwal

Selain harus sarapan pagi, Anda juga harus tiba di lokasi lebih awal. Jangan sampai terlambat, apalagi terlambat. Saat terlambat, yang terlintas di pikiran adalah rasa panik. Agar tenang menjalani sidang skripsi, datanglah lebih awal. Misalnya jadwal sidangmu jam 9 pagi, jadi pastikan kamu sudah berada di kampus minimal 30 menit sebelumnya.

Dengan datang lebih awal, Anda akan membantu diri Anda untuk lebih tenang menghadapi sidang skripsi. Anda juga akan lebih siap untuk memberikan presentasi yang bagus.

Periksa Semua Peralatan

Jadi, dengan datang lebih awal dari jadwal, Anda punya waktu untuk mengecek perlengkapan yang akan digunakan. Mulai dari laptop, file skripsi, hingga proyektor yang akan menampilkan presentasi Anda. Pastikan semuanya tidak ada masalah. Koneksi dari laptop ke proyektor lancar tanpa masalah. 

Sertakan juga handout yang mungkin Anda siapkan untuk diberikan kepada penguji. Meski ada masalah, setidaknya Anda masih punya waktu untuk menyelesaikannya. Syukurlah semua perlengkapan telah siap menemani kalian berjuang di depan dosen penguji.

Selalu Jaga Kesehatan

Ketika Anda sudah mendapat jadwal sidang skripsi, Anda pasti akan bekerja keras untuk menyelesaikan semua hal yang berkaitan langsung dengannya. Anda boleh saja sibuk, namun jangan biarkan pola makan dan istirahat Anda menjadi berantakan. Jaga kondisi tubuh Anda tetap baik. Jika perlu, konsumsilah multivitamin yang dapat membantu menjaga tubuh tetap bugar. 

Satu hal yang pasti, sebelum sidang skripsi, jangan memaksakan tubuh hingga batas maksimal. Banyak minum air putih merupakan salah satu cara paling murah untuk menjaga kondisi tubuh. Selain tentunya mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Ditambah istirahat yang cukup.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Bagaimana Cara Menghadapi Sidang Skripsi Dengan tenang seperti yang dilansir judi slot, Semoga bermanfaat.