Lokakarya Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT di IAIN Metro

Sabtu, 18 November 2023 | 15:39 WIB
0
65
Lokakarya Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT di IAIN Metro
Pada tanggal 18 November 2023, Magister Pendidikan Agama Islam IAIN Metro mengadakan Lokakarya Pengembangan Media Pembelajaran Nerbasis ICT

Pada tanggal 18 November 2023, Magister Pendidikan Agama Islam IAIN Metro mengadakan Lokakarya Pengembangan Media Pembelajaran Nerbasis ICT dengan tema "Pengoptimalisasi Teknologi Berbasis Artificial Intelligence Dalam Penyusunan Perangkat Ajar Guru Yang Menarik Dan Interaktif". Lokakarya ini menghadirkan tiga narasumber dari STMIK Dharma Wacana Metro, yaitu Bapak Usep Saprudin, S.Kom., M.T.I, Bapak M. Adis Syahputra, S.Kom., M.T.I, dan Bapak Budi Sutomo, S.Kom., M.T.I.

Lokakarya ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa pascasarjana IAIN Metro dalam mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan peserta didik. Narasumber memberikan materi tentang konsep dan aplikasi artificial intelligence dalam bidang pendidikan, serta cara membuat perangkat ajar yang menarik dan interaktif dengan menggunakan berbagai software dan platform yang tersedia. Selain itu, narasumber juga memberikan praktik langsung kepada peserta lokakarya untuk membuat media pembelajaran berbasis ICT dengan bimbingan dan evaluasi.

Lokakarya ini berlangsung selama dua hari di Perpustakaan Kampus IAIN 2 Metro. Acara ini dihadiri oleh sekitar 50 mahasiswa pascasarjana IAIN Metro Magister Pendidikan Agama Islam. Acara ini juga mendapat sambutan positif dari peserta, narasumber, dan panitia. Peserta mengapresiasi materi dan metode yang disampaikan oleh narasumber, serta merasa mendapat manfaat dan ilmu yang bermanfaat. Narasumber juga mengapresiasi antusiasme dan partisipasi peserta dalam mengikuti lokakarya. Panitia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya lokakarya ini.

Dalam sambutannya, Direktur Pascasarjana IAIN Metro, Dr. Mukhtar Hadi, M.S.I, mengatakan bahwa lokakarya ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di IAIN Metro. Beliau berharap bahwa dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa pascasarjana IAIN Metro dapat membuat hasil pembelajaran yang menarik dan interaktif, serta dapat mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran di kelas.