14 Kiat Orangtua Sukses Mendidik Anak Sejak Dini

Angkat koper dan tunjukkan pada mereka bahwa Anda bisa membela mereka. Ingat, kita adalah calon orang tua atau calon orang tua.

Rabu, 12 Mei 2021 | 11:58 WIB
0
268
14 Kiat Orangtua Sukses Mendidik Anak Sejak Dini
Mendidik anak (Foto: wanitamedan.com)

Berikut adalah daftar hal-hal yang perlu Anda ajarkan pada Anak Anda sejak usia dini, tentang moralitas dan kode etika dan tata krama dalam keluarga, lingkungan dan pergaulan.

Tanamkan cinta, kasih sayang, perhatian dan penuh waktu, buatlah Anak Anda merasa aman dan diterima.

1: Mengingatkan Anak Perempuan Anda jangan pernah duduk di pangkuan siapa pun, tidak peduli situasinya termasuk paman, om, sepupu, dan siapapun mereka.

2: Hindari berpakaian di depan anak Anda begitu ia berusia 2 tahun, karena akan ada banyak pertanyaan tentang bentuk dan postur tubuh menjadi bahan pertanyaan anak.

Jika, orang tua tidak bijak untuk memberikan informasi dan kode etika akan menjadi hal yang fatal bagi Anda sendiri dan Anak. Belajarlah untuk memaafkan mereka atau diri Anda sendiri, bahwa ini salah.

3.Jangan pernah biarkan orang dewasa menyebut anak Anda sebagai 'pacarku', 'istriku' atau 'suamiku'. Ajarkan anak sejak dini agar menghindari hal-hal yang negatif.

4. Setiap kali anak Anda pergi bermain dengan teman-teman, pastikan Anda mencari cara untuk mengetahui permainan apa yang mereka lakukan, karena anak muda sekarang menjadi predator dan pelecehan seksual terjadi dimana saja.

5.Jangan pernah memaksa anak Anda untuk mengunjungi orang dewasa mana pun yang tidak ia sukai dan juga jeli jika anak Anda terlalu menyukai orang dewasa tertentu.

6. Begitu seorang anak yang sangat bersemangat tiba-tiba ditarik, Anda mungkin perlu dengan sabar mengajukan banyak pertanyaan dari anak Anda.

7.Hati-hati mendidik orang dewasa Anda tentang nilai-nilai seks yang benar. Jika tidak, masyarakat akan mengajarkan mereka nilai-nilai yang salah.

8: Selalu disarankan Anda membaca Materi baru seperti kartun yang baru saja Anda beli untuk mereka sebelum mereka melihatnya sendiri.

9.Pastikan Anda mengaktifkan kontrol orangtua pada jaringan kabel Anda dan memberi saran kepada teman Anda terutama yang sering dikunjungi anak Anda.

10. Ajari anak Anda yang berusia 3 tahun cara mencuci bagian pribadi mereka dengan benar dan memperingatkan mereka untuk tidak membiarkan siapa pun menyentuh area itu dan itu termasuk Anda (ingat, amal dimulai dari rumah dan bersama Anda).

11: Buat daftar hitam beberapa bahan / rekan yang menurut Anda dapat mengancam kewarasan anak Anda (ini termasuk musik, film, dan bahkan teman dan keluarga).

12. Biarkan anak Anda memahami nilai berdiri di atas orang banyak, berikan anak waktu yang tepat untuk bicara agar menjadi berani.

13: Setelah anak Anda mengeluh tentang orang tertentu, jangan diam tentang hal itu.

14. Pada orang dewasa kejadian yang bisa menyebabkan luka batin:

    Putus cinta, perceraian

    Dikhianati pasangan hidup

    Pelecehan seksual / pemerkosaan

    Kematian orang yang dicintai

    Kehamilan, keguguran, kelahiran anak

    Tersangkut masalah hukum

    Masalah ekonomi, kehilangan pekerjaan

    Kehamilan sebelum nikah

    Kehilangan jabatan

    Ketidak puasan dalam pekerjaan

    Trauma Akibat Kecelakaan

Angkat koper dan tunjukkan pada mereka bahwa Anda bisa membela mereka. Ingat, kita adalah calon orang tua atau calon orang tua.

dan ingat "THE PAIN LASTS A LIFETIME"

"Elison M"

***