LAMPUNG TIMUR JUARA SEMINAR NASIONAL DAN UNJUK PRESTASI LITERASI DAN NUMERASI LP MAARIF PBNU

Sabtu, 3 Juni 2023 | 03:21 WIB
0
228
LAMPUNG TIMUR JUARA SEMINAR NASIONAL DAN UNJUK PRESTASI LITERASI DAN NUMERASI LP MAARIF PBNU

Seminar Nasional dan Unjuk Prestasi Merupakan puncak dari Program Organisasi Penggerak SD LP Maarif PBNU.  Acara yang berlangsung pada Rabu (31/5/2023) sampai Sabtu (3/6/2023) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. Kegiatan ini  di Ikuti Oleh 7 Propinsi  dengan 35 Kabupaten/Kota Se Indonesia . Adapun 7 propinsi tersebut yaitu, Jawa Timur dengan kabupaten Pamekasan, Batu,Tuban, Pacitan, Trenggalek dan Bojonegoro. Jawa Tengah dengan Kabupaten Wonosobo, Klaten, Sragen,Semarang, Purworejo,Tegal dan Pekalongan. DI Yogyakarta dengan Kabupaten Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo, Sleman. Jawa Barat dengan Kabupaten Bandung Barat,Cianjur, Cirebon, Garut, Indramayu, Karawang dan Purwakarta. Sulawesi Selatan dengan Kabupaten Bantaeng, Bone, Pare-Pare, Pinrang dan Makasar. Kalimantan Timur dengan Kabupaten Berau dan Samarinda. Lampung dengan Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Timur, Metro dan Pringsewu.

Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut merupakan utusan terbaik dari kabupatenya .  Adapun  dari propinsi Lampung  khususnya dari PC LP Ma’arif NU Lampung Timur Menugaskan kepada Ahmad Nur Ihsan, S.Pd.I sebagai PIC kabupaten Lampung Timur dan Ahmad Subakir, S.Pd.I bendahara PC LP Ma’arif NU Lampung Timur, Muhammad Suyatno, M.Pd.I, Ibnu Mas’ud, M.Pd.I, Dr. Abdul Mujib, M.Pd. dan Siti Husnul Khotimah, M.Pd Sebagai Fasda Kabupaten. Supriyanto, S.Ag, sebagai kepala Sekolah dari SD IP Ma’arif NU 1 Al Firdaus Kecamatan Pasir Sakti. Guru Literasi dan Numerasi  di wakili oleh M. Muazfin, S.Pd., Iin Purwanti S.Pd dari SD IP Ma’arif NU 1 Al Firdaus Kecamatan Pasir Sakti. Agus Jainudin, S.Pd dari SD IP Ma’arif NU 2 Nurul Huda dan Destriani, S.Pd.I dari SD Al-Qur’an Minhaju Tulab Way Jepara.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut panitia menyediakan 35 Booth/ Stand sebagai ajang Pameran atas hasil karya Guru pada tiap masing-masing  propinsi dan kabupaten se Indonesia. salah satunya dari Lampung Timur. Sejumlah media pembelajaran ditampilkan mulai dari Papan Batas, Jarimatika  hingga Peta Imajinasi. 

Pada Ajang Unjuk Prestasi Tim POP LP Ma’arif NU Lampung Timur mempresentasikan Peta Imajinasi sebagai bagian dari Belajar Pasti Aksi Abad 21, dengan metode ini siswa pasti membaca buku, pasti memahaminya, pasti punya hasil karya berupa peta imajinasi, dan yang luar biasa pasti presentasi dan aploud YouTube sebagai jejak digital siswa. Dengan Belajar Pasti Aksi, siswa mampu menampilkan praktek mendongeng kelas 2 kisah katak kecil dan ular kecil. Praktek berhitung cepat Jarimatika perkalian untuk menghitung ruas bidang bangun ruang di kelas 6. Alhasil siswa pintar berhitung dengan cepat dan tepat. Keunggulan proses pembelajaran dengan Metode Belajar Pasti Aksi siswa lebih bersemangat belajar, kreatif dan mampu mempresentasikan apa yg ia pelajari dengan media Peta imajinasi buatnya sendiri, sebagai bentuk merdeka belajar.

Ucapan Syukur Alhamdulillah karena  Kabupaten Lampung Timur dapat mendulang prestasi melalui  Unjuk Prestasi POP Tingkat SD di Jakarta yang resmi di umumkan pada Jum’at malam (03/6/2023) secara Nasional.   Adapun Nominasi yang diraih yaitu:

  1. Juara 3 Unjuk Prestasi berbagi praktik baik Literasi dan Numerasi Se Indonesia yang di wakili oleh Ahmad Nur Ihsan, S,Pd.I sebagai ketua PC LP Ma’arif NU Lampung Timur
  2. Fasilitator Daerah Terbaik POP Tingkat SD Se Lampung  yang diterima oleh Dr. Abdul Mujib, M.Pd. sebagai Fasda POP Lampung Timur
  3. Kepala Sekolah Berprestasi Terbaik Tingkat Kabupaten yang diterima oleh Supriyanto, S.Ag utusan dari SD IP Maarif NU 1 Al-Firdaus Pasir Sakti Lampung Timur
  4. Guru Berprestasi Terbaik Tingkat Kabupaten  yang diterima oleh M. Muzafin, S.Pd utusan dari SD IP Maarif NU 1 Al-Firdaus Pasir Sakti Lampung Timur

Ini menjadi kebanggan tersendiri bagi Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Lampung Timur dan menjadi Motivasi, terutama Bagi Guru untuk lebih Semangat dan Berinovasi dengan menciptakan media -media Pembelajaran, Produk -Produk Pembelajaranyang menarik  untuk peserta didik.