8 Contoh Tanaman Dekorasi Pernikahan Yang Wajib Anda Ketahui

Minggu, 26 November 2023 | 06:41 WIB
0
63
8 Contoh Tanaman Dekorasi Pernikahan Yang Wajib Anda Ketahui
Tanaman Dekorasi

Pernikahan merupakan sebuah acara seremonial keabsahan suatu hubungan perkawinan. Banyak calon pasangan suami istri yang berencana membuat pesta pernikahannya terlihat mewah dan menarik. Salah satu item dekorasi adalah tanaman. Tanaman Dekorasi Pernikahan merupakan salah satu barang yang sering digunakan dalam acara pernikahan.

Selain itu, pernikahan merupakan momen membahagiakan bagi pasangan yang saling merasakan cinta. Tak hanya itu, pernikahan juga kerap dijadikan sebagai bukti cinta dan kesiapan untuk membangun suatu rumah tangga bersama. Tentu kita semua mempunyai impian pernikahan masing-masing. 

Namun satu hal yang pasti, kita tentu menginginkan pernikahan yang spesial. Nah, bagi anda yang sedang mencari referensi mengenai tanaman apa saja yang cocok dijadikan dekorasi pernikahan, simak selengkapnya.

Contoh Tanaman Dekorasi Pernikahan

Bagi calon pengantin, memilih dekorasi pernikahan merupakan hal yang sangat penting. Ada banyak sekali tema dekorasi pernikahan yang bisa Anda temukan. Mulai dari tema rustic, klasik, modern dan masih banyak lagi. Apapun tema pernikahan yang Anda pilih, ada satu komponen yang selalu hadir dalam dekorasi pernikahan yaitu tanaman. 

Dengan adanya tanaman hias, dekorasi pernikahan terlihat lebih hidup dan juga membuat suasana pernikahan semakin romantis. Secara singkat, berikut daftar tanaman hias yang cocok untuk dekorasi pernikahan dan penuh makna:

1. Tanaman Baby Breath

Memiliki nama lain Gypsophila panikulata, bunga baby breath sering dijadikan tanaman pelengkap dalam karangan bunga. Selain itu, banyak orang yang memilih bunga bayi sebagai tanaman dekorasi pernikahan. 

Hal ini dikarenakan tanaman baby bunga memiliki bentuk yang indah, dengan mahkota yang kecil. Makna cinta abadi dan kesucian bunga ini dipercaya dapat mewakili pesan dalam sebuah acara pernikahan. Untuk gazebo pernikahan, Anda tidak perlu khawatir.

2. Tanaman Pampas Grass

Tanaman dekorasi pernikahan yang kedua adalah pampas grass. Tanaman ini merupakan rumput liar yang berasal dari negara Amerika Selatan. Warna rumput pampas kecoklatan cocok digunakan dengan tema rustic atau vintage. Selain itu, harganya pun relatif ramah di kantong. Jika Anda berencana mengusung tema rustic pada pernikahan Anda, rumput pampas bisa dijadikan pilihan tanaman untuk dekorasi pernikahan.

3. Bunga Lili

Tanaman dekorasi pernikahan yang ketiga adalah bunga lili. Tanaman hias ini merupakan salah satu bunga pernikahan yang populer. Bunga lili ini awalnya berasal dari benua Asia dan Eropa. Bunga ini harganya cukup mahal, dan batangnya juga dibutuhkan untuk membuat karangan bunga.

Kombinasi bunga ini juga digunakan untuk karangan bunga yang mewah. Bunga lili merupakan tanaman yang dipercaya sebagai simbol musim semi, dan juga menandakan kebahagiaan yang lahir dari suatu hubungan, serta kerendahan hati dan manisnya. Banyak sekali kelebihan dari bunga lili ini yang belum banyak orang tau. Tetapi dibalik keistimewaan bunga lili ini ternyata untuk harga jualnya sendiri sangat mahal. 

4. Tanaman Sirih Gading

Tanaman sirih gading umumnya dijadikan oleh-oleh pada acara pernikahan. Tanaman ini ukurannya cukup besar jika dibandingkan dengan 3 tanaman sebelumnya. Biasanya tanaman sirih gading dikemas dalam botol hias, untuk diberikan kepada tamu undangan. Tanaman sirih gading juga kaya akan manfaat, seperti mampu menyerap racun. 

Selain itu, tanaman sirih gading dapat membantu sirkulasi udara di dalam ruangan. Perlu diperhatikan juga bahwa tanaman ini termasuk dalam kategori tanaman hias daun populer.

5. Sansivera

Tanaman yang bisa dijadikan dekorasi pernikahan adalah sansivera atau lebih dikenal dengan tanaman lidah mertua mini. Untuk harga, tanaman sansevieria lebih mahal dibandingkan tanaman kaktus atau bambu keberuntungan.

6. Tanaman Bambu Afrika

Tanaman ini sering disebut dengan tanaman bambu afrika. Tanaman bambu afrika bisa dijadikan alternatif souvenir pernikahan. Biasanya tanaman ini dikemas dalam botol hias transparan, berbahan kaca atau plastik. Lalu diikat dengan pita.

Masyarakat Tionghoa percaya bahwa kehadiran tanaman bambu Afrika dapat membawa keberuntungan. Pemanfaatan tanaman bambu afrika mampu membawa keberuntungan bagi calon pengantin maupun tamu undangan.

7. Tanaman Anthurium

Tanaman dekorasi pernikahan yang ketujuh adalah Anthurium. Tanaman anthurium atau dikenal juga dengan nama tanaman kuping gajah. Tanaman anthurium dikategorikan sebagai tanaman dalam keluarga Araceae. Anthurium bercirikan batang panjang, daun lebar berbentuk hati, dan bunga dengan umbi berwarna di tengahnya.

8. Tanaman Sukulen

Tanaman sukulen merupakan tanaman yang mempunyai ciri mampu menyerap dan menyimpan air pada batangnya. Hal ini menyebabkan daun atau batang tanaman sukulen cenderung tebal dan berdaging. Hal ini bertujuan untuk memastikan tanaman sukulen dapat bertahan dalam kondisi terkering. Tanaman sukulen umumnya berukuran kecil dengan bentuk yang menarik.

Demikian ulasan artikel tentang 8 Contoh Tanaman Dekorasi Pernikahan seperti yang dilansir alexistogel toto, Semoga bermanfaat.