Manfaat Olahraga Berenang untuk Kesehatan

Jumat, 15 Maret 2024 | 19:37 WIB
0
20
Manfaat Olahraga Berenang untuk Kesehatan
Berenang

Semua orang ingin menjadi perenang Olimpiade. Anda tidak harus menjadi perenang Olimpiade untuk mendapatkan manfaat dari olahraga ini. Orang-orang dari segala usia dapat mengambil manfaat dari berenang. Berenang ini sendiri adalah sedikit olahraga yang dapat Anda lakukan sejak usia muda hingga usia 60-an dan seterusnya. Berikut adalah manfaat dari olahraga berenang untuk kesehatan:

Berenang Meningkatkan Kesejahteraan Sosial

Olahraga berenang merupakah sebuah olahraga sosial. Perenang dari segala usia dapat mengikuti kelas bersama untuk melakukan latihan bersama ataujuga bisa bekerja dengan pelatih di kolam renang. Bahkan jika Anda memiliki sebuiah kolam renang di dalam rumah Anda, maka itu adalah tempat Anda berkumpul dengan teman dan keluarga. Sebuah penelitian mengungkapkan berolahraga dan bersosialisasi bersama mengarah pada peningkatan kesehatan mental. 

Berenang Mengajarkan Orientasi Tujuan

Perenang akan sangat berorientasi pada sebuah tujuan dalam kehidupan pribadi dan profesional mereka itu sendiri. Berenang memberi anak-anak dan orang dewasa sesuatu untuk diperjuangkan. Apakah itu menendang kickboard melintasi kolam, meningkatkan waktu putaran. 

Ataupun pulih dari cedera dengan rehabilitasi air, menetapkan tujuan dan mencapainya adalah kuncinya. Keterampilan yang dipelajari perenang di kolam renang untuk mewujudkan dan mencapai tujuan tersebut adalah keterampilan yang dapat dan akan digunakan di luar kolam juga.

Dampaknya Lebih Rendah Daripada Bentuk Kardio Lainnya

Sakit lutut dan pergelangan kaki keluhan umum Anda? Nah, ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian. Latihan intensitas tinggi dapat memperburuk sendi yang sudah sakit (pikirkan berlari atau latihan kardio yang sangat menantang di rumah ) tetapi menukar beberapa sesi untuk beberapa putaran kolam renang dapat membantu Anda. 'Seorang pelari akan mengerahkan apa saja dari 5-10 kali berat badan mereka melalui pinggul, pergelangan kaki dan lutut. Karena air secara alami menahan diri Anda sendiri. 

Hal Itu sendiir akan dapat mengurangi berat badan Anda yang bergerak hingga 90%, ini mengurangi tekanan dan daipak pada persendian, otot, dan tulang Anda hingga 90%. Berlari atau bersepeda biasanya akan membakar lebih banyak kalori daripada berenang. 'Tapi berenang membuat detak jantung Anda tetap tinggi tanpa membuat tubuh Anda stres. Jenis latihan ini dikenal sebagai latihan kondisi mapan dan membantu membangun stamina untuk Anda sendiri.

Anak-anak yang Berenang Menjadi Orang Dewasa yang Aktif

Berenang adalah kegiatan untuk membantu memerangi tingkat obesitas pada masa kanak-kanak, dan juga menyenangkan. Berenang memiliki ketiga elemen aktivitas fisik yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan anak-anak: daya tahan, kekuatan, dan fleksibilitas. Berenang memberi anak-anak alat, keterampilan, dan dedikasi untuk mempertahankan hidup yang lebih sehat sebagai orang dewasa.  

Ini umumnya merupakan latihan yang aman bagi kehamilan. Pertama, semua kehamilan berbeda dan Anda harus memeriksakan diri ke dokter umum tentang apa yang harus dilakukan sebelum Anda memulai latihan apa pun sangat penting. Salah satu manfaat utama berenang adalah bahwa itu adalah bentuk olahraga yang aman untuk kehamilan. 

Air mendukung Anda dan benjolan dan dapat membantu mengurangi pembengkakan di pergelangan kaki dan kaki. Penelitian telah menemukan bahwa wanita hamil yang berenang selama awal hingga pertengahan kehamilan dapat memiliki risiko persalinan prematur dan cacat bawaan yang lebih rendah.

Berenang Membuat Anda Lebih Pintar

Olahragalah secara teratur, seperti berenang untuk bisa meningkatkan fungsi memori dan keterampilan berpikir. Ini at baik bahkan tidak hanya untuk kelas dan pekerjaan Anda sendiri, tetapi juga bermanfaat bagi kita seiring dengan bertambahnya usia. Olahraga secara teratur akan dapat mengurangi sebuah peradangan dan resistensi insulin di otak, yang mendorong pertumbuhan sel otak baru. 

Berenang Mengajarkan Keterampilan Membangun Tim

Perenang dalam tim atau di kelas renang memiliki keterampilan membangun tim yang lebih baik . Perenang belajar bekerja sama, mendorong satu sama lain, berkomunikasi, dan menjadi pemimpin. Semua keterampilan yang satu ini akan diterjemahkan menjadi pemimpin yang efektif di masa dewasa. Keterampilan membangun tim mendorong kolaborasi, orientasi tujuan, inspirasi, pengembangan strategi, dan koordinasi, yang semuanya menghasilkan karier yang sukses dan hubungan profesional.

Berenang Membakar Lebih Banyak Kalori daripada Jogging

Jika membandingkan berenang dengan berlari, Anda dapat membakar banyak kalori saat berenang di sekitar kolam daripada berlari selama satu jam. Satu jam berenang dengan putaran yang kuat bisa membakar 715 kalori. Jumlah waktu yang sama berjalan pada 5 mph hanya bisa membakar 606 kalori.

Dapat Mengurangi Stres

Olahraga adalah pendorong suasana hati yang terkenal, tetapi tahukah Anda bahwa olahraga juga dapat membantu mengurangi efek stres secara kimiawi? Pada saat berolahraga, maka tubuh Anda akan secara alami mengurangi hormon stres kortisol dan adrenalin sambil secara bersamaan menciptakan endorfin yang membuat Anda merasa lebih baik. Jika Anda terjebak antara pekerjaan dan tempat yang stres, luangkan waktu untuk bergerak di kolam renang atau lainnya karena hal ini akan bisa mengurangi stres.

Demikian ulasan tentang Manfaat Olahraga Berenang untuk Kesehatan seperti yang dilansir alexistogel, semoga bermanfaat.