Tips Memilih Lantai Vinyl yang Cocok untuk Hunian Anda

Rabu, 1 Maret 2023 | 18:06 WIB
0
125
Tips Memilih Lantai Vinyl yang Cocok untuk Hunian Anda
Tips memilih lantai vinyl untuk hunian

Tips memilih lantai vinyl apa saja? Pertanyaan ini tentu saja kerap ada di benak seseorang ketika ia bimbang atau awam dalam memilih lantai tersebut. Sebab, jenis lantai vinyl cukup beragam dan tentunya memiliki keunggulan masing-masing.

Contoh keunggulan vinyl sendiri yakni memiliki motif serta warna yang sangat beragam. Bukan hanya itu, vinyl bisa jauh lebih awet bila dibandingkan dengan lantai biasa. Tentu saja ada keunggulan-keunggulan lainnya yang membuat bimbang seseorang yang hendak memilih.

Pemilihan lantai vinyl sebenarnya tidak sesulit seperti yang dibayangkan. Anda hanya perlu menyesuaikan selera, ukuran, budget serta referensi merk terbaik. Untuk lebih lengkapnya, ikuti pembahasan berikut ini!

Tips Memilih Lantai Vinyl
Terdapat sejumlah tips yang dapat diterapkan dalam memilih lantai vinyl. Agar dapat memilih lantai vinyl dengan tepat, berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti, antara lain:

1. Cari Informasi yang Berkaitan dengan Warna-warna Vinyl
Pada dasarnya, ada berbagai macam pilihan warna vinyl. Contohnya seperti warna terang, warna ini melambangkan keanggunan, modern, keceriaan sekaligus minimalis. Pemilihan lantai berwarna terang akan memberi kesan ruangan terlihat luas.

Pilihan lainnya adalah warna gelap. Beda dengan warna terang, warna ini mendefinisikan elegan, kedewasaan, kehangatan, jiwa berani serta jati diri yang sangat kuat. Namun, warna gelap tidak cocok untuk hunian dengan gaya modern minimalis.

2. Cari Tahu Informasi Mengenai Motif atau Konsep Vinyl
Tips memilih lantai vinyl berikutnya adalah cari tahu mengenai motif serta konsep. Selain mencari tahu masalah warna, Anda juga harus mencari tahu mengenai motif serta konsep vinyl. Motif vinyl menjadi hal yang sangat penting. motif bahkan harus disesuaikan dengan desain ruangan yang akan digunakan.

Contohnya untuk Scandinavian. Sebisa mungkin, pilih vinyl dengan motif kayu dan memiliki warna gelap atau pucat. Sedangkan, untuk konsep rustic, umumnya motif lantai yang digunakan terlihat berantakan tetap tetap nyaman.

3. Tentukan Jenis Vinyl yang Akan Dijadikan Pilihan
Ada berbagai macam jenis vinyl di pasaran. Umumnya, jenis vinyl disesuaikan dengan desain ruangan yang akan dipasangi lantai. Kemudian, jenis permukaan lantai juga berbeda-beda terdapat permukaan yang memberi tekstur, ada pula yang rata atau flat.

4. Cari Vinyl dengan Daya Tahan yang Baik
Vinyl yang berkualitas harus memiliki daya tahan yang tinggi pada air, api serta goresan. Selain itu vinyl yang berkualitas juga tahan pada benturan keras. Umumnya, vinyl berkualitas akan diberi lapisan saat proses pengolahannya.

Permukaan dari lantai vinyl akan tetap mulus, meskipun sesudah terbakar serta mudah dibersihkan tanpa adanya bekas.

5. Pilih Vinyl yang Kuat serta Tidak Mudah Patah
Kualitas vinyl juga ditentukan dari tingkat kekuatan yang dimiliki. Oleh sebab itu pilih vinyl yang tidak mudah patah.

6. Lakukan Perawatan dengan Rutin
Selain memilih vinyl yang tepat, agar vinyl tetap awet walaupun telah digunakan dalam jangka waktu lama, pastikan melakukan perawatan dengan rutin dan maksimal. Pada dasarnya perawatan vinyl ini sangat praktis dan mudah.

Gunakan vacuum cleaner, tidak perlu dipel dengan air untuk membersihkan vinyl lantai.

Meskipun sudah mengikuti sejumlah tips memilih lantai vinyl di atas, tetapi bukan berarti kita bisa langsung mendapatkan produk vinyl yang terbaik. Bila masih bingung memilih mana vinyl yang akan dijadikan sebagai pilihan terbaik hunian Anda, Vatana PVC flooring dari Vatana Group dapat dijadikan sebagai pilihan.

Menjadi pelopor lantai kayu di Indonesia, Vatana Group menyediakan lantai vinyl terbaik dan dapat Anda pilih sesuai dengan selera. Jadi, tunggu apalagi? Pilih produk yang sesuai dengan keinginan Anda, untuk informasi lebih lanjut, kunjungi Vatana Group sekarang!