Irene dan Medina Cetak Sejarah, Susanto Masih Berjuang

Meskipun kalah pada babak kedua nanti pemain akan mendapatkan uang hadiah sebesar USD 5.000 atau sekitar 72 juta rupiah.

Rabu, 14 Juli 2021 | 16:51 WIB
0
237
Irene dan Medina Cetak Sejarah, Susanto Masih Berjuang
Irena dan Medina (Foto: Istimewa)

Dua pecatur wanita terbaik Indonesia saat ini IM Irene Kharisma Sukandar (2413) dan IM Medina Warda Aulia (2360) mencetak sejarah maju ke babak kedua Piala Dunia Catur 2021 tadi malam di Sochi, Rusia.

Irene menaklukkan pecatur asal Chili WIM Javiera Belen Gomez Barrera (2083) 1½-½ sementara Medina mengirim pulang FM Jana Schneider (2321) dari Jerman setelah menekuknya 2-0 langsung.

Bagi Irene sendiri ini keberhasilan pertamanya lolos ke babak kedua dari dua kali keikutsertaannya di Piala Dunia sementara Medina baru untuk pertama kalinya menjadi salah satu peserta tetapi sudah berhasil mencapai babak kedua.

Meskipun pegang Putih, Irene tidak terlalu ngotot untuk mencari menang walau sempat unggul 2 bidak pada langkah ke-35 sebab dengan hasil remis saja sudah cukup bagi pecatur wanita nomor satu Indonesia ini untuk lolos.

Sedangkan Medina kembali tampil dengan gaya khasnya, mengutak-atik para perwiranya dengan sabar sebelum mengakhiri perlawanan Jana pada langkah ke-44 Pembukaan Ruy Lopez dengan keunggulan satu perwira penuh.

Setelah istirahat satu hari, Irene akan menghadapi GM Valentina Gunina (2437) dari Rusia sementara Medina sudah ditunggu pecatur peringkat 9 dunia asal India GM Harika Dronavalli (2515) yang mendapat bye di babak pertama karena masuk pecatur wanita yang diunggulkan.

Meskipun kalah pada babak kedua nanti pemain akan mendapatkan uang hadiah sebesar USD 5.000 atau sekitar 72 juta rupiah.

Masih Berjuang

Setelah remis dengan GM Ehsan Ghaem Maghami dari Iran pada partai pertama, tampaknya GM Susanto Megaranto tidak mau mengambil risiko pada partai ke-2 dengan Hitam. Pecatur nomor satu Indonesia ini memaksa Ehsan untuk kembali bermain remis pada langkah ke-29.

Dengan demikian, mereka akan memasuki babak tambahan malam ini. Mari kita lihat kembali bagaimana peraturannya jika dua partai utama berakhir imbang.

Jika skor imbang 1-1 pertandingan akan dilanjutkan dengan 2 babak Catur Cepat dengan kontrol waktu 25'+10".
Jika masih imbang juga, pertandingan akan dilanjutkan kembali dengan 2 babak Catur Cepat dengan kontrol waktu 10'+10".

Jika masih imbang juga, pertandingan akan dilanjutkan kembali dengan 2 babak Catur Blitz dengan kontrol waktu 5'+3".

Jika hasilnya masih imbang juga, pertandingan akan berlanjut ke partai Sudden Death atau Armageddon. Pemain yang memegang Putih mendapat 5 menit dan Hitam 4 menit. Jika hasilnya remis, Hitam dinyatakan sebagai pemenang.

***