Pentingnya Memilih Cat yang Tepat untuk Bangunan Baja yang Awet dan Tahan Lama

Rabu, 31 Mei 2023 | 20:34 WIB
0
52
Pentingnya Memilih Cat yang Tepat untuk Bangunan Baja yang Awet dan Tahan Lama
Sumber: Canva.com

Dalam memilih cat untuk bangunan, terdapat beberapa kriteria yang perlu diperhatikan agar mendapatkan hasil yang sempurna. Selain itu, cat juga berperan penting dalam melindungi bangunan dari korosi, jamur, kerusakan, dan bahkan api.

Berikut adalah alasan mengapa penggunaan cat pada bangunan baja dapat menjadikannya awet dan tahan lama:

1. Penggunaan Cat Pelapis Anti Karat

Menggunakan cat pelapis anti karat yang tepat akan memberikan perlindungan maksimal terhadap bangunan baja dari paparan air. Air dapat menyebabkan karat pada bangunan baja. Ketika besi bersentuhan dengan oksigen, terjadi proses oksidasi pada permukaan baja.

Karat dapat terbentuk ketika baja berinteraksi dengan air dan udara. Oleh karena itu, penggunaan cat pelapis anti karat sangat penting untuk bangunan baja. Jika baja mulai berkarat, kekuatannya dapat berkurang dan bahkan berlubang.

Baca Juga: 3 Jenis Cat Primer untuk Logam atau Besi

Selain itu, jika karat muncul pada komponen elektronik di dalam bangunan, hal tersebut dapat merusak kinerja perangkat tersebut. Cat pelapis anti karat menawarkan lapisan yang dapat menghambat korosi dan melindungi baja dari efek kimia yang dapat melemahkan material tersebut.

2. Penggunaan Cat Tahan Cuaca 

Penggunaan cat gedung yang tahan cuaca (weatherproof) juga sangat penting. Cat weatherproof memiliki ketahanan khusus terhadap berbagai kondisi cuaca. Dengan menggunakan cat weatherproof, struktur bangunan akan tahan terhadap perubahan iklim dan cuaca yang terus-menerus berubah.

Sinar UV dapat menyebabkan cat menjadi aus, sedangkan angin atau badai dapat membuat cat mengelupas. Namun, saat ini telah tersedia cat dengan ketahanan terhadap perubahan cuaca. Cat weatherproof mampu menembus lapisan oksida logam sehingga tidak hanya memberikan efek estetika tetapi juga perlindungan maksimal pada bangunan.

3. Penggunaan Cat Tahan Panas

Baja sering dianggap sebagai penghantar panas atau listrik yang cepat. Namun, dengan menggunakan cat pelapis baja yang tahan panas, baja dapat menjadi lebih aman. Bahkan, telah tersedia cat pelapis matahari yang reflektif dengan ketahanan terhadap panas matahari. Keunggulan tahan panas ini membuatnya cocok untuk diaplikasikan pada atap bangunan utama, terutama pada bagian outdoor.

Memilih cat yang tepat untuk bangunan baja sangat penting untuk memastikan keawetan dan ketahanannya. Cat pelapis anti karat, cat weatherproof, dan cat tahan panas adalah beberapa pilihan yang dapat memberikan perlindungan maksimal serta menjaga tampilan bangunan tetap prima.

4. Perlindungan Lingkungan

Selain ketahanan dan keawetan, penting juga untuk mempertimbangkan dampak lingkungan dari cat yang digunakan pada bangunan baja. Memilih cat yang ramah lingkungan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi keberlanjutan dan kesehatan lingkungan.

Seiring dengan kesadaran akan pentingnya keberlanjutan, banyak produsen cat yang kini menyediakan cat ramah lingkungan dengan formulasi yang rendah VOC (Volatile Organic Compounds) atau bahkan bebas VOC. VOC adalah senyawa organik yang menguap ke udara dan dapat menyebabkan polusi udara dalam ruangan serta berkontribusi pada polusi udara luar.

Penggunaan cat ramah lingkungan tidak hanya mengurangi dampak negatif terhadap kualitas udara dan lingkungan, tetapi juga memberikan manfaat bagi penghuni bangunan. Cat dengan rendah atau bebas VOC mengurangi paparan terhadap zat berbahaya, sehingga menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman.

Selain itu, ada pula cat yang dirancang untuk memiliki daya tahan yang tinggi, sehingga memungkinkan interval pengecatan yang lebih lama. Ini berarti penggunaan cat yang lebih efisien dan mengurangi limbah cat serta konsumsi sumber daya.

Dengan memilih cat yang ramah lingkungan, Anda tidak hanya menjaga keindahan dan ketahanan bangunan baja, tetapi juga turut berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan lingkungan. Pastikan untuk memeriksa label atau sertifikasi cat yang menunjukkan bahwa cat tersebut memenuhi standar lingkungan yang diakui secara internasional.

Baca Juga: Wajib Tahu! Alasan Cat Gedung dari Baja Awet Tahan Lama

Dalam memilih cat untuk bangunan baja, perhatikanlah aspek-aspek keawetan, ketahanan cuaca, tahan panas, dan perlindungan lingkungan. Dengan memilih cat yang tepat, Anda dapat memastikan bangunan baja tetap awet, tahan lama, dan berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan. Konsultasikan dengan profesional atau spesialis cat untuk mendapatkan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan bangunan Anda.