5 Prinsip Sederhana Menerapkan Digital Marketing di Facebook

Misalkan Facebook page Anda tentang produk kesehatan, maka berikan tips-tips kesehatan, makanan yang sehat, bagaimana cara yang benar untuk menjaga kesehatan.

Minggu, 2 April 2023 | 06:43 WIB
0
68
5 Prinsip Sederhana Menerapkan Digital Marketing di Facebook
Facebook Ads

Facebook merupakan salah satu media yang bisa digunakan untuk digital marketing. Sebagai media sosial terbesar saat ini, Facebook membuka peluang yang besar untuk menjual atau menawarkan produk atau jasa ke banyak orang. Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan ketika berjualan di Facebook. Namun, jangan lupa untuk menjalankan prinsip-prinsip sederhana agar mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut 5 prinsip sederhana ketika mempraktekkan digital marketing di Facebook:

Penerapan Digital Marketing di Facebook
Bersosialisasi
Dari namanya saja sosial media, maka tujuan utama dari Facebook adalah untuk bersosialisasi atau bergaul. Jadi gunakanlah untuk berinteraksi dengan calon konsumen Anda dulu, buat konsumen Anda menyukai Anda dahulu. Contoh postingan mengajak follower untuk berinteraksi bisa menggunakan sapaan, quiz, humor, gambar lucu, motivasi, dan lain-lain.

Sharing Info (berbagi manfaat dan problem solving)
Disini salah satu keunikan media sosial Facebook yaitu Anda tidak bisa terus-terusan menggunakan strategi berjualan secara terang-terangan atau Hard Selling. Jika seperti ini, Anda akan dicap spam atau penyampah dan tidak disukai. Bagaimana supaya bisa diterima? Gunakan strategi soft selling atau penawaran secara tidak langsung menggunakan cerita. Anda bisa menggunakan cerita pengalaman sendiri (paling ampuh) atau juga dengan testimoni orang lain.


Ceritakan manfaat yang Anda rasakan dan Anda ceritakan kepada teman Anda seperti bertemu teman dan menceritakan pengalaman Anda. Apa masalah Anda, kenapa Anda mau pakai, lalu manfaat apa yang dirasakan. Kunci dalam digital marketing di Facebook adalah dengan menjalin hubungan dengan follower Anda. 

Have Fun
Sosial media adalah tempatnya orang berkumpul untuk senang-senang, mengintip profil orang lain, bercerita, dan kegiatan ringan lainnya. Jadi jauh-jauhan materi Anda dari topik berat seperti politik, agama, debat, dan lain-lain.

Berikan Bukti Bahwa Anda Dapat Dipercaya
Bisa testimoni, cerita, alamat lengkap, foto-foto Anda. Tanpa Kepercayaan tidak mungkin ada yang beli. Apalagi belakangan banyak oknum-oknum nakal yang melakukan penipuan di dunia online.

Rawat Facebook Page Anda Secara Konsisten 
Pada saat ini di tulis Facebook memiliki aturan jika tidak konsisten maka kemungkinan Facebook page Anda dilihat akan lebih kecil. Salah satu caranya adalah dengan konsisten menulis sesuai dengan tema. Misalkan Facebook page Anda tentang produk kesehatan, maka berikan tips-tips kesehatan, makanan yang sehat, bagaimana cara yang benar untuk menjaga kesehatan. Selain Facebook Page, Anda juga bisa menggunakan Facebook Ads.

Demikian informasi mengenai 5 prinsip sederhana saat menerapkan digital marketing di facebook. Satu hal yang pasti, jika follower Anda sudah memberikan like, comment, atau share, bisa Anda ucapkan terima kasih atau menjawab comment mereka. Ini membuat follower merasa dihargai dan diperhatikan.

***