Makan Telur Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Analisis mereka menunjukkan bahwa individu yang makan telur dalam jumlah sedang memiliki tingkat protein yang lebih tinggi dalam darah mereka.

Senin, 30 Mei 2022 | 09:22 WIB
0
53
Makan Telur Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung
image: Knowridge Science Report

Para peneliti telah menunjukkan bagaimana konsumsi telur yang moderat dapat meningkatkan jumlah metabolit jantung sehat dalam darah, mempublikasikan hasilnya di eLife.

Temuan menunjukkan bahwa makan hingga satu telur per hari dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Telur adalah sumber yang kaya akan kolesterol makanan, tetapi telur juga mengandung berbagai nutrisi penting. Ada bukti yang bertentangan mengenai apakah konsumsi telur bermanfaat atau berbahaya bagi kesehatan jantung. Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Heart, yang melibatkan sekitar setengah juta orang dewasa di China, menemukan bahwa mereka yang makan telur setiap hari (sekitar satu telur per hari) memiliki risiko penyakit jantung dan stroke yang jauh lebih rendah daripada mereka yang makan telur lebih jarang. Sekarang, untuk lebih memahami hubungan ini, penulis penelitian ini telah melakukan studi berbasis populasi yang mengeksplorasi bagaimana konsumsi telur memengaruhi penanda kesehatan kardiovaskular dalam darah.

"Beberapa penelitian telah melihat peran metabolisme kolesterol plasma dalam hubungan antara konsumsi telur dan risiko penyakit kardiovaskular, jadi kami ingin membantu mengatasi kesenjangan ini," jelas penulis pertama Lang Pan, MSc di Departemen Epidemiologi dan Biostatistik. , Universitas Peking, Beijing, Cina.

Pan dan tim memilih 4.778 peserta dari China Kadoorie Biobank, di antaranya 3.401 memiliki penyakit kardiovaskular dan 1.377 tidak. Mereka menggunakan teknik yang disebut resonansi magnetik nuklir yang ditargetkan untuk mengukur 225 metabolit dalam sampel plasma yang diambil dari darah peserta. Dari metabolit ini, mereka mengidentifikasi 24 yang terkait dengan tingkat konsumsi telur yang dilaporkan sendiri.

Analisis mereka menunjukkan bahwa individu yang makan telur dalam jumlah sedang memiliki tingkat protein yang lebih tinggi dalam darah mereka yang disebut apolipoprotein A1-blok bangunan high-density lipoprotein (HDL), juga dikenal sebagai 'lipoprotein baik'. Orang-orang ini terutama memiliki molekul HDL yang lebih besar dalam darah mereka, yang membantu membersihkan kolesterol dari pembuluh darah dan dengan demikian melindungi dari penyumbatan yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Para peneliti selanjutnya mengidentifikasi 14 metabolit yang terkait dengan penyakit jantung. Mereka menemukan bahwa peserta yang makan lebih sedikit telur memiliki tingkat metabolit bermanfaat yang lebih rendah dan tingkat yang lebih tinggi dari yang berbahaya dalam darah mereka, dibandingkan dengan mereka yang makan telur lebih teratur.

"Bersama-sama, hasil kami memberikan penjelasan potensial tentang bagaimana makan telur dalam jumlah sedang dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung," kata penulis Canqing Yu, Associate Professor di Departemen Epidemiologi dan Biostatistik, Universitas Peking. "Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memverifikasi peran kausal yang dimainkan metabolit lipid dalam hubungan antara konsumsi telur dan risiko penyakit kardiovaskular."

"Studi ini mungkin juga memiliki implikasi untuk pedoman diet nasional China," tambah penulis senior Liming Li, Profesor Terhormat Boya di Departemen Epidemiologi dan Biostatistik, Universitas Peking. “Pedoman kesehatan saat ini di China menyarankan makan satu telur sehari, tetapi data menunjukkan bahwa konsumsi rata-rata lebih rendah dari ini. Pekerjaan kami menyoroti perlunya lebih banyak strategi untuk mendorong konsumsi telur moderat di antara populasi, untuk membantu menurunkan risiko kardiovaskular secara keseluruhan. penyakit."

(Materials provided by eLife)

***
Solo, Senin, 30 Mei 2022. 9:17 am
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko