Membantu Tak Harus Memberi

Pak Sutrisno adalah contoh laki-laki sejati dan suami teladan. Berjuang mencari nafkah yang halal meskipun harus bermandikan keringat yang tak berkesudahan.

Senin, 31 Agustus 2020 | 07:23 WIB
0
34
Membantu Tak Harus Memberi
Sutrisno (Foto: Dok. pribadi)

Namanya Pak Sutrisno. Asalnya dari Tegaldowo Gemolong Sragen. Mudah-mudahan tidak salah denger. Profesinya jadi pembuat tangga bambu.

Di tengah teriknya matahari yang sangat panas, berkeliling menjual tangga bambu. Jarak antara kampungnya dengan kampung saya sekitar 10 km.

Tadi pagi bawa 6 tangga. Ada ukuran 3 dan 4 meter. Harganya 40 dan 50 ribu. Hingga jam 1 siang ini, masih ada 4 tangga. Diikat pada sepeda tua. Berjalan mengitari jalan aspal dan cor. Ditemani panasnya mentari.

Saat sedang makan siang bersama anak sulung di sebuah warung, saya hentikan Pak Sutrisno. Saya beli satu, tapi minta diantar ke rumah. Setelah saya bayar, saya jelaskan ciri-ciri rumah saya. Saya pun melanjutkan makan.

Usai makan, saya dan anak lanang pulang. Tiba-tiba terlihat Pak Sutrisno berhenti di dekat klinik kesehatan. Begitu saya bunyikan klakson, ternyata beliau hanya bingung. Saya kasih kode agar mengikuti.

Setiba di rumah, Pak Sutrisno melepas satu tangga yang saya pilih. Saya ajak berkenalan. Saya tunjukkan kepadanya jika sebenarnya saya sudah punya tangga segitiga dari besi. Namun, saya tertarik dengan kegigihan beliau berjualan.

Terbayang tahun 92an ketika saya masih jadi pedagang asongan di Yogyakarta. Betapa sulitnya mencari rezeki. Betapa sulitnya merayu pembeli. Dan betapa sulitnya membawa untung agar punya modal berjualan esok hari.

Terbayang betapa susahnya kehidupan Pak Sutrisno. Istri dan anak-anaknya tentu sudah menunggu kepulangannya. Pulang dengan membawa duit untuk beli beras dan lauknya. Sekadar untuk mengisi perut mereka.

Pak Sutrisno adalah contoh laki-laki sejati dan suami teladan. Berjuang mencari nafkah yang halal meskipun harus bermandikan keringat yang tak berkesudahan. Semoga Allah memberikan kesehatan dan keselamatan kepadanya.

Aamiin yra....

***