Pameran Literasi dan Numerasi LP Ma'arif NU Tampilkan Ragam Media Pembelajaran Inovatif

Kamis, 1 Juni 2023 | 19:11 WIB
0
132
Pameran Literasi dan Numerasi LP Ma'arif NU Tampilkan Ragam Media Pembelajaran Inovatif
Stand Lampung Timur di kunjungi oleh Prof. Dr. Ali Ramdhani sebagai ketua LP Maarif PBNU

Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar pameran inovasi literasi dan numerasi tingkat SD di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (1/6/2023).

Pameran karya literasi dan numerasi dimeriahkan oleh elemen LP Ma'arif NU dari berbagai kabupaten/kota di tujuh Provinsi di Indonesia.  Kegiatan ini merupakan bagian dari acara Seminar Nasional dan Unjuk Prestasi Pengajaran Praktik Literasi dan Numerasi Program Organisasi Penggerak (POP) Tingkat SD LP Ma'arif PBNU 2023 yang digelar selama dua hari sejak 1 Juni hingga 2 Juni 2023.

Terdapat 35 booth pameran yang tersedia, salah satunya dari LP Ma’arif NU Kabupaten Lampung Timur,Lampung. Sejumlah media pembelajaran ditampilkan mulai dari Papan Batas, Jarimatika  hingga Peta Imajinasi . Guru Liteasi dari SD IP Al Firdaus Lampung Timur,  Iin Purwanti  menjelaskan bahwa peta imajinasi  difungsikan mengenalkan  berbagai materi mata pelajaran dengan siswa yang membuat peta tersebut kemudian di jelaskan di depan siswa lainya dengan lebih atraktif. 



“Peta Imajinasi mulai di gunakan oleh kelas 2 ke atas, tidak dianjurkan pada kelas 1,” kata Iin Purwanti saat ditemui  PePnews di Jakarta, Kamis (1/6/2023). “Ini namanya , semacam peta konsep. Bisa beragam materi, ada IPA, IPS, Muatan Lokal, juga Agama,” jabar  iin purwati

Selain itu, dipamerkan Jarimatika , kata muzafin  dimaksudkan memudahkan siswa mengingat  perkalian  dari tiap-tiap matematika yang diajarkan. 

“Jarimatika ini fleksibel untuk  mata pelajaran matematika  dan yang lainya , yang penting ada perkalian, bisa dibuat jarimatika ,” imbuhnya. Jarimatika ini lanjutnya, rutin dilakukan siswa karena setiap materi pembelajaran memiliki hal-hal penting yang perlu diperhatikan. 

“Tujuannya supaya meninggalkan kesan kepada anak, ‘Oh saya pernah membuat jarimatika ini’, misalnya,” tutur muzafin.  Untuk diketahui, POP LP Ma’arif NU Tingkat SD Kabupaten lampung timur, Lampung yang mengikuti kegiatan yaitu: Ahmad Nur Ihsan, S,Pd.I sebagai ketua PC LP Ma’arif NU Lampung Timur, dan Ahmad Subakir, S.Pd.I bendahara PC LP Ma’arif NU Lampung Timur, Siti Khusnul Khotimah, S.Pd, Muhammad Suyatno, M.Pd.I, Ibnu Ma’ud, M.Pd.I dan Dr. Abdul Mujib, M.Pd.I sebagai Fasda POP Lampung Timur dan selain itu melibatkan sejumlah lembaga pendidikan meliputi, Supriyanto, S.Ag, Muhammah Muzafin, S.Pd dan Iin Purwanti, S.Pd utusan dari SD IP Maarif NU 1 Al-Firdaus Pasir Sakti, Agus Jainudin, S.Pd utusan dari SDIP Maarif NU 2 Nurul Huda Labuan Maringgai dan Destriani, S.Pd.I, utusan dari SD Al-qur’an Minhajuth Thulab Way Jepara. .

 Seminar Nasional dan Unjuk Prestasi LP Ma’arif PBNU bertujuan untuk mendorong pertukaran praktik terbaik dan pengetahuan dalam pengajaran literasi dan numerasi di tingkat dasar.  Harianto Oghie, Sekretaris LP Ma’arif NU, menyampaikan harapannya agar acara ini menjadi sumber inspirasi dan pembelajaran yang berharga bagi para guru dan kepala sekolah.