Dua Pertanyaan Penting tentang Vaksin

Malahan direkomendasikan bagi penyintas covid yang sudah mendapat imunitas alam untuk vaksinasi seperti mereka yang belum pernah kena covid.

Kamis, 13 Januari 2022 | 06:01 WIB
0
143
Dua Pertanyaan Penting tentang Vaksin
Vaksinasi (Foto: bisnis.com)

Saya bukan ingin menggugat kebijakan pemerintahan tentang covid atau mbalelo sok-sokan paling tahu. Saya justru takut kalo ngutak ngatik soal covid ini bisa kena tulah. Mungkin ini takhayul, tapi tetap menakutkan.

Jadi yang mau saya tulis berikut ini bukan untuk "menantang" sang covid, tapi sekedar untuk mengeluarkan uneg-uneg belaka. Uneg-uneg yang saya sampaikan dengan pertanyaan-pertanyaan.

Pertanyaan pertama, berapa lama vaksin covid ini memberikan kekebalan (imunitas)? Seumur hidup, 10 tahun, 1 tahun, 6 bulan, 3 bulan, 1 bulan? No one can give an assured answer.

Fakta yang ada orang diharuskan vaksinasi minimal 2 kali, malahan sekarang harus vaksinasi ketiga kali dengan booster.

Fakta yang juga mengemuka, orang yang sudah 2 kali vaksinasi tertular oleh covid. Jadi, pertanyaan "berapa lama vaksin covid ini memberikan kekebalan" ini sangat relevan. 

Pertanyaan kedua, bagi penyintas covid yang mendapat kekebalan alamiah (natural immunity) berapa lama kekebalan ini bertahan? Seumur hidup, 10 tahun, 5 tahun, 1 tahun, 6 bulan, 4 bulan, 1 bulan?

Tak seorang ilmuwan pun yang dapat memberikan jawaban yang tegas. Malahan direkomendasikan bagi penyintas covid yang sudah mendapat imunitas alam untuk vaksinasi seperti mereka yang belum pernah kena covid. 

Sebenarnya, masih banyak pertanyaan-pertanyaan lain seputar covid ini. Tapi untuk sementara cukup dua pertanyaan ini saja. Mudah-mudahan bisa dijawab oleh para peneliti virologi dengan lugas dan jujur.

***