Sosialisasi Produk Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan

Sekarang sudah ada terjemahan Alquran dalam 20 bahasa daerah.

Jumat, 30 April 2021 | 11:18 WIB
0
127
Sosialisasi Produk Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan
Kementerian Agama hari jumat, 30/04/2021 melakukan sosialisasi produk Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi, Kemenag berupaya meningkatkan literasi keagamaan masyarakat melalui program-programnya.

Kementerian Agama hari jumat, 30/04/2021 melakukan sosialisasi produk Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi, Kemenag berupaya meningkatkan literasi keagamaan masyarakat melalui program-programnya.

Kepala Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi (LKKMO) Badan Litbang dan Diklat, Prof. Dr. M. Arskal Salim GP, M.Ag menyampaikan sejumlah program peningkatan literasi keagamaan di IAIN Metro Lampung.

Pada Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan an Manajemen Organisasi. Mempunyai 3 bidang penelitian yaitu: penelitian dan pengembangan lekturer, bidang penelitian dan pengembangankhasanah keagamaan dan penelitian dan pengembangan manajemen organisasi. Rektor IAIN Metro, Dr. Hj. Siti Nurjanah, M.Ag, menyambut dan mendukung sosialisasi produk puslitbang lektur, khazanah keagamaan dan manajemen organisasi Kemenag RI , agar ada sinergi yang baik antara Kemenag RI dan IAIN Metro, ujarnya

Adapun program yang dilaksanakan yaitu: Kajian Naskah Keagamaan Kontemporer; Penyusunan Katalog Naskah Klasik Keagamaan; Penelitian Mitigasi Bencana; Penilaian Buku Pendidikan Agama di Sekolah dan Madrasah; Penerjemahan Al-Qur’an ke dalam Bahasa Daerah; Penelitian dan Penulisan Sejarah Kesultanan / Kerajaan Islam Nusantara; Penelitian Diaspora Khazanah Budaya Keagamaan; Survey Omnibus Riset Zona Integritas WBK-WBBM; serta Survey Literasi Moderasi Beragama ASN Kemenag.

"Salah satunya melalui program digitalisasi dan kajian manuskrip keagamaan, program ini merupakan upaya penyelamatan manuskrip karena banyak masyarakat yang tidak bisa merawat manuskrip.

Puslitbang LKKMO Badan Litbang dan Diklat Kemenag juga mempunyai program penerjemahan Alquran ke dalam bahasa-bahasa daerah.

Arskal menyampaikan, sekarang sudah ada terjemahan Alquran dalam 20 bahasa daerah.

"Layanan terhadap publik ini penting agar Kemenag selalu dirasakan kehadirannya bagi masyarakat, termasuk program penilaian buku pendidikan agama (yang dilakukan Kemenag) dalam rangka meningkatkan kualitas buku-buku keagamaan yang dikonsumsi publik," ujarnya.

Selain itu pada 2021 Puslitbang LKKMO melakukan assesmen terhadap 28 satker, tahun ini harapan akan ada satker yang bisa nominasikan menjadi wilayah bebas korupsi kata Arskal.

***