Mutasi dalam SARS-CoV-2 Menawarkan Wawasan tentang Evolusi Virus

Tim peneliti mengembangkan aplikasi online interaktif baru dan open-source sehingga para peneliti di seluruh dunia juga dapat meninjau genom virus dan menerapkan pendekatan serupa.

Jumat, 8 Mei 2020 | 10:41 WIB
0
330
Mutasi dalam SARS-CoV-2 Menawarkan Wawasan tentang Evolusi Virus
Illustration of coronavirus under a microscope (stock image)

Dengan menganalisis genom virus dari lebih dari 7.500 orang yang terinfeksi Covid-19, tim peneliti yang dipimpin UCL telah mengkarakterisasi pola keragaman genom virus SARS-CoV-2, yang menawarkan petunjuk untuk mengarahkan obat dan target vaksin.

Studi tersebut, yang dipimpin oleh UCL Genetics Institute, mengidentifikasi hampir 200 mutasi genetik berulang dalam virus, menyoroti bagaimana ia dapat beradaptasi dan berevolusi menjadi inang manusia.

Para peneliti menemukan bahwa sebagian besar keragaman genetik global SARS-CoV-2 ditemukan di semua negara yang paling terpukul, menunjukkan penularan global yang luas sejak awal epidemi dan tidak adanya 'Patient Zeroes' tunggal di sebagian besar negara.

Temuan ini, yang diterbitkan di Infection, Genetics and Evolution, juga semakin membuktikan bahwa virus ini baru muncul pada akhir 2019, sebelum dengan cepat menyebar ke seluruh dunia. Para ilmuwan menganalisis munculnya keragaman genom di SARS-CoV-2, coronavirus baru yang menyebabkan Covid-19, dengan menyaring genom lebih dari 7.500 virus dari pasien yang terinfeksi di seluruh dunia. Mereka mengidentifikasi 198 mutasi yang tampaknya telah terjadi secara independen lebih dari sekali, yang mungkin menyimpan petunjuk tentang bagaimana virus beradaptasi.

Penulis co-lead Profesor Francois Balloux (UCL Genetics Institute) mengatakan: "Semua virus secara alami bermutasi. Mutasi pada diri mereka sendiri bukanlah hal yang buruk dan tidak ada yang menyarankan SARS-CoV-2 bermutasi lebih cepat atau lebih lambat dari yang diharapkan. Sejauh ini kami tidak dapat mengatakan apakah SARS-CoV-2 menjadi lebih atau kurang mematikan dan menular. "

Perubahan genetik kecil, atau mutasi, yang diidentifikasi tidak terdistribusi secara merata di seluruh genom virus. Karena beberapa bagian genom memiliki sedikit mutasi, para peneliti mengatakan bagian virus yang tidak berubah itu bisa menjadi target yang lebih baik untuk pengembangan obat dan vaksin.

"Tantangan utama untuk mengalahkan virus adalah bahwa vaksin atau obat mungkin tidak lagi efektif jika virus telah bermutasi. Jika kita memfokuskan upaya kita pada bagian-bagian dari virus yang cenderung bermutasi, kita memiliki peluang yang lebih baik untuk mengembangkan obat yang akan efektif dalam jangka panjang, "Profesor Balloux menjelaskan.

"Kita perlu mengembangkan obat-obatan dan vaksin yang tidak dapat dengan mudah dihindari oleh virus."

Co-lead penulis Dr Lucy van Dorp (UCL Genetics Institute) menambahkan: "Masih ada sedikit perbedaan genetik atau mutasi antara virus. Kami menemukan bahwa beberapa perbedaan ini telah terjadi beberapa kali, secara independen satu sama lain selama pandemi - kita perlu terus memantau ini karena lebih banyak genom tersedia dan melakukan penelitian untuk memahami apa yang mereka lakukan. "

Hasilnya menambah bukti yang berkembang bahwa virus SARS-CoV-2 memiliki nenek moyang yang sama sejak akhir 2019, menunjukkan bahwa ini adalah saat virus melompat dari inang hewan sebelumnya, ke manusia. Ini berarti kemungkinan besar virus yang menyebabkan Covid-19 berada di sirkulasi manusia jauh sebelum terdeteksi.

Di banyak negara termasuk Inggris, keragaman sampel virus hampir sebanyak yang terlihat di seluruh dunia, yang berarti virus memasuki Inggris berkali-kali secara independen, daripada melalui satu kasus indeks.

Tim peneliti telah mengembangkan aplikasi online interaktif baru dan open-source sehingga para peneliti di seluruh dunia juga dapat meninjau genom virus dan menerapkan pendekatan serupa untuk lebih memahami evolusinya.

Dr van Dorp mengatakan: "Mampu menganalisis jumlah genom virus yang luar biasa dalam beberapa bulan pertama pandemi ini bisa sangat berharga bagi upaya pengembangan obat, dan menunjukkan sejauh mana penelitian genomik telah terjadi bahkan dalam dekade terakhir. Kita semua mendapat manfaat dari upaya luar biasa oleh ratusan peneliti di seluruh dunia yang telah mengurutkan genom virus dan membuatnya tersedia secara online. "

(Materials provided by University College London)

***
Solo, Jumat, 8 Mei 2020. 10:23 am
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko