Psikologi [8] Perspektif Sosial Budaya Psikologi

Teori ini menempatkan penekanan yang tidak semestinya pada pemahaman peran yang dimainkan oleh masyarakat dalam perkembangan manusia.

Kamis, 8 Agustus 2019 | 19:59 WIB
0
669
Psikologi [8] Perspektif Sosial Budaya Psikologi
ilustr: udemy.com

Perspektif sosial-budaya psikologi memperhitungkan kekuatan-kekuatan yang lebih besar yang berasal dari masyarakat dan budaya yang memengaruhi perilaku, pikiran, dan perasaan individu. Teori sosial-budaya adalah salah satu perkembangan terkini di bidang psikologi yang berupaya menganalisis peran yang dimainkan oleh masyarakat dalam mendorong perkembangan dan pertumbuhan individu.

Teori ini sama-sama menekankan fakta bahwa pembelajaran manusia sebagian besar merupakan hasil dari proses sosial.

Berbagai sub-bidang psikologi telah menyumbangkan berbagai versi penjelasan untuk menggambarkan hubungan antara faktor sosial-budaya dan kerangka mental manusia yang menonjol di antara mereka adalah psikologi budaya, psikologi sosial dan psikologi budaya-sejarah.

Para ahli teori sosio-budaya mempelajari berbagai faktor yang mempengaruhi perilaku dan psikologi manusia seperti sikap masyarakat, norma dan peran gender, struktur keluarga / kekerabatan, praktik perawatan anak, faktor ras dan etnis, perbedaan agama dan regional atau praktik, ritual, tabu dan permainan kekuasaan .

Psikologi Sosial

Psikologi Sosial adalah penilaian ilmiah tentang perilaku, emosi, perasaan, dan pikiran orang di hadapan orang lain yang dapat disiratkan, dibayangkan atau aktual. Sub-bidang ini memberikan jawaban atas pertanyaan tentang bagaimana pemikiran, perasaan atau emosi tersebut dikonstruksi dan bagaimana faktor-faktor ini memengaruhi interaksi kita dengan orang lain.

Fokus utama psikologi sosial adalah untuk menganalisis dan menggambarkan perilaku manusia yang terjadi sebagai akibat dari interaksi antara kondisi mental dan faktor sosial. Dengan demikian, tujuan psikologi sosial adalah untuk menguji berbagai faktor yang membuat seseorang berperilaku dengan cara tertentu di hadapan orang lain.

Cabang psikologi ini sama-sama berupaya menganalisis berbagai kondisi di mana perilaku atau tindakan tertentu terjadi. Tujuan utama dari pendekatan ini adalah untuk menjelaskan bagaimana orang menafsirkan atau menafsirkan informasi dan bagaimana informasi yang mereka interpretasikan memengaruhi perilaku, pikiran, dan perasaan mereka (Ross & Nisbett, 1991).

Dengan demikian psikologi sosial menganalisis perbedaan perilaku individu dari perspektif sosial dan bagaimana berbagai kekuatan situasional atau variabel berinteraksi untuk mempengaruhi perilaku manusia. Mereka lebih jauh menjelaskan bahwa orang mencoba level mereka sebaik mungkin untuk beradaptasi atau mengubah perilaku mereka untuk dapat menyelaraskan dengan cara-cara masyarakat. Saat dihadapkan dengan situasi sosial baru, individu berusaha untuk mengambil isyarat dari anggota masyarakat lainnya karena dapat berperilaku dengan cara yang dapat diterima secara sosial.

Bidang psikologi sosial mempelajari topik-topik baik di tingkat intrapersonal maupun antarpribadi. Topik intrapersonal adalah faktor individual-sentris seperti emosi manusia, sikap dan proses berpikir, sementara faktor interpersonal adalah faktor sentris-kelompok seperti ketertarikan dan agresi. Bidang ini sama-sama peduli tentang menganalisis bias persepsi umum seperti kesalahan atribusi, bias melayani diri sendiri, bias pengamat-aktor dan banyak lagi faktor lain yang mempengaruhi proposisi perilaku dan persepsi kita tentang berbagai peristiwa.
 
Psikologi sosial sebagai bidang khusus muncul sekitar awal abad kedua puluh di Amerika Serikat. Salah satu karya yang diterbitkan pertama adalah Norman Triplett pada tahun 1898, yang dijelaskan dalam karya penelitiannya tentang fasilitasi sosial. Kemudian pada 1930-an, psikolog Gestalt seperti Kurt Lewin, mencoba memperkenalkan bidang terpisah yang sangat jauh berbeda dari aliran pemikiran psikoanalitik dan perilaku yang paling saat itu.

Selama Perang Dunia II, para peneliti menjadi semakin tertarik untuk menganalisis berbagai isu sosial seperti agresi, kepatuhan terhadap otoritas, gender dan masalah rasial dan berbagai masalah sosial lainnya yang menarik perhatian para psikolog dan sosiolog.
 
Psikologi Budaya
 
Psikologi budaya menganalisis bagaimana kecenderungan perilaku atau psikologi orang sebagian besar dipengaruhi oleh faktor-faktor budaya yang mengakar. Fokus utama psikologi budaya adalah bahwa budaya dan pikiran saling bergantung dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain, yang berarti bahwa kepribadian orang dibentuk oleh budaya di mana mereka bertahan hidup dan juga bahwa mereka juga berperan dalam membentuk budaya.
 
Budaya-Sejarah Psikologi dan karya Vygotsky
 
Teori psikologi kultural-historis dari Lev Vygotsky yang dikemukakan pada akhir 1920-an dan kemudian dikembangkan oleh banyak peneliti penelitian lain dan murid-muridnya di seluruh dunia, berfokus pada bagaimana aspek-aspek budaya tertentu ditransmisikan atau diwariskan dari satu generasi ke generasi lainnya. Aspek-aspek ini dapat berupa kepercayaan, nilai, adat istiadat, tradisi dan praktik atau berbagai keterampilan.
 
Vygotsky berpendapat bahwa interaksi sosial dari berbagai jenis seperti interaksi dengan anggota keluarga atau komunitas berpengetahuan akan membantu anak-anak dalam memperoleh perilaku yang dapat diterima secara budaya, keterampilan yang relevan, dan proses pemikiran. Menurutnya, setiap anak dilahirkan dengan prinsip biologis dasar atau kemampuan mental.

Budaya, di sisi lain menyediakan "Alat Adaptasi Intelektual", sebagaimana dimaksud olehnya. Alat-alat ini membantu anak-anak untuk memanfaatkan kemampuan mental mereka sedemikian rupa sehingga mereka dapat menyelaraskan dengan budaya di mana mereka tinggal.

Perbedaan antara Teori Kognitif dan Teori Psikologi Sosial Budaya
 
Vygotsky menempatkan banyak kepentingan pada peran yang dimainkan oleh faktor sosial-budaya dalam perkembangan kognitif atau intelektual individu. Di sisi lain, Piaget menempatkan banyak hal penting pada pengembangan kognitif dan kemampuan eksplorasi individu dan pengembangan kepribadian mereka secara keseluruhan.

Kedua, teori Piaget tentang perkembangan kognitif sebagian besar dapat diterapkan secara universal; di sisi lain, Vygotsky berpendapat bahwa perkembangan kognitif pada individu mungkin berbeda di berbagai budaya. Dalam hal ini, ia menjelaskan teorinya dengan mengambil contoh-contoh budaya Barat dan Amerika.
 
Pendekatan sosial-budaya mengikuti pendekatan makro untuk menjelaskan perbedaan dalam perilaku manusia dengan berfokus pada peran yang dimainkan oleh kelompok atau masyarakat tentang bagaimana manusia berpikir, bertindak atau berperilaku dengan cara tertentu. Pendekatan kognitif lebih mengikuti pendekatan mikro dengan lebih berkonsentrasi pada proses mental batin atau proses kognitif untuk menjelaskan perbedaan dalam perilaku manusia.
 
Keuntungan dan Kerugian Teori Sosial-Budaya Psikologi
 
Psikologi sosial-budaya telah mengungkapkan wawasan baru tentang pentingnya interaksi sosial-budaya dalam membentuk perilaku atau kepribadian manusia. Dengan mempelajari karya-karya psikolog terkenal seperti Lev Vygotsky, kita sekarang telah memanfaatkan perspektif yang lebih jelas tentang peran budaya, masyarakat dalam pengembangan intelektual dan emosional individu dan memahami dunia.

Karena psikologi sosial-budaya sama-sama menjelaskan bagaimana seseorang belajar berbagai bahasa, salah satu kelebihan teori ini adalah seseorang dapat membuat perbaikan atau memperkenalkan reformasi yang diperlukan dalam program pendidikan untuk memperkuat pembelajaran dan membuat pendidikan lebih berdampak.
 
Psikologi sosial-budaya memiliki batasan yang terlalu sempit untuk fokus seperti halnya teori psikologi lainnya. Teori ini menempatkan penekanan yang tidak semestinya pada pemahaman peran yang dimainkan oleh masyarakat dan kelompok dalam perkembangan manusia, sementara faktor-faktor penting lainnya seperti genetika, kognisi, faktor bawah sadar diabaikan begitu saja.

***
Solo, Kamis, 8 Agustus 2019. 7:55 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko