Apakah Anda Memiliki Pengakuan untuk Ditulis?

Sebagian besar, tulisan pengakuan dosa pribadi dapat membantu kita memahami peristiwa dan keadaan dalam hidup kita.

Jumat, 4 Februari 2022 | 12:41 WIB
0
108
Apakah Anda Memiliki Pengakuan untuk Ditulis?
image: siberinternet

Kita semua memiliki rahasia dan bisa sangat menyembuhkan untuk menulis tentangnya.

Poin-Poin Penting

  • Kita semua memiliki rahasia atau cerita yang tak terhitung.
  • Pertanyaan pertama untuk ditanyakan pada diri sendiri adalah, "Apa yang aku bawa?"
  • Menulis tentang pengakuan kita dapat menyembuhkan dan transformatif.

Ada sesuatu yang menarik tentang mendengar rahasia orang lain dan cerita yang tak terhitung. Pengakuan hanyalah pengakuan formal atas kesalahan. Tidak selalu terkait dengan kejahatan atau doktrin agama tertentu, tetapi bisa memiliki arti lain.

Apa Itu Penulisan Pengakuan?

Penulisan pengakuan biasanya dilakukan sebagai orang pertama dan berbagi rahasia atau wahyu. Pengakuan St Agustinus, yang adalah seorang teolog Kristen awal, adalah salah satu pengakuan pertama yang diterbitkan.

Ditulis dalam bahasa Latin selama abad ke-4 dan ke-5, itu terdiri dari 13 volume di mana St Agustinus membahas pertobatannya menjadi Kristen sebagai akibat dari dosa seperti pencurian dan nafsu yang ia lakukan sebagai seorang anak. Pengakuannya melibatkan penulisan tentang penyesalannya karena telah menjalani apa yang dia anggap sebagai kehidupan yang berdosa dan tidak bermoral.

Salah satu buku referensi favorit saya tentang masalah penulisan pengakuan dosa adalah Fearless Confessions oleh Sue William Silverman, yang mengatakan bahwa penulis pengakuan berfungsi sebagai panduan emosional bagi orang lain. Kejujuran sangat penting dalam penulisan pengakuan dosa.

Penyair Pengakuan

Banyak penyair terkenal seperti Sylvia Plath, Anne Sexton, Sharon Olds, Robert Lowell, dan John Berryman dianggap sebagai penyair pengakuan. “Penyair konfesional membahas tatanan manusia kolektif dengan menenggelamkan kejahatan individu ke dalam penyebab kejahatan universal yang lebih dalam dan tidak dapat ditembus dan implikasinya”. Beberapa penyair mungkin menghubungkan pengakuan pribadi dengan pengakuan universal, yang memberikan puisi daya tarik yang lebih besar.

Jika Anda memutuskan untuk menulis pengakuan dosa, Anda bisa mulai dengan bertanya pada diri sendiri, “Apa yang aku bawa?” Beberapa tulisan yang paling kuat dilakukan, misalnya, ketika Anda menulis tentang apa yang Anda pegang dan menghubungkannya dengan tema universal yang dapat dikaitkan dengan orang lain. Dengan cara ini, penulis didorong untuk menyelam lebih dalam, muncul ke permukaan, dan melihat melampaui dirinya sendiri.

Kekuatan Penyembuhan dari Menulis

Menulis tentang pengakuan kita dapat menyembuhkan. Jika kita memutuskan untuk menerbitkan, itu dapat membantu orang lain dalam perjalanannya juga. Namun, tidak semua tulisan pengakuan dosa perlu dibagikan atau dipublikasikan agar memiliki tujuan.

Pengakuan Anda mungkin dalam bentuk surat yang Anda tulis kepada seseorang tetapi tidak pernah dikirim, atau bahkan mungkin sebuah puisi yang didedikasikan untuk seseorang.

Sebagian besar, tulisan pengakuan dosa pribadi dapat membantu kita memahami peristiwa dan keadaan dalam hidup kita. Itu juga dapat memberikan kelegaan dari rasa sakit atau ketidaknyamanan bersembunyi di balik tabir rahasia.

Dalam antologi klasik Pengantar Phillip Lopate, The Art of the Personal Essay (1997), dia menulis, "Perjuangan untuk kejujuran adalah pusat etos esai pribadi," dan saya akan mengatakan ini juga relevan dengan penulisan pengakuan dosa. Banyak contoh dari tulisan yang mendalam ini termasuk dalam koleksi yang luar biasa ini. Lopate mengatakan bahwa “penulis esai pribadi di atas segalanya harus menjadi narator yang andal; kita harus mempercayai inti ketulusannya.” Hal ini juga berlaku untuk penulis pengakuan. Dia percaya bahwa bagian dari kepercayaan ini terkait dengan pengungkapan pribadi penulis tentang pengkhianatan, ketidakpastian, dan ketidakpercayaan diri.

Menurut Susan Krauss Whitbourne, dalam postingnya di Psychology Today, "ketika Anda terjebak dalam tindakan tidak bijaksana, Anda perlu pengakuan dan rasa bersalah untuk mengubah pengalaman itu menjadi pengalaman yang akan mendorong pertumbuhan di masa depan." Terkadang menulis tentang pengakuan sebenarnya dapat mengurangi rasa bersalah yang mungkin Anda rasakan.

Menulis pengakuan tidak boleh disamakan dengan menulis tentang trauma, meskipun kadang-kadang bisa tumpang tindih. Pengakuan bisa saja berupa rahasia intim, hasrat, atau mimpi.

Cara Memulai Menulis

Sebelum memulai, tulis kata 'bernapas' di bagian atas halaman Anda. Sebagai pengingat lembut tentang apa yang menopang Anda, ambil napas dalam-dalam melalui hidung dan lepaskan melalui mulut.

Berikut adalah beberapa petunjuk penulisan yang mungkin untuk Anda mulai:

  • Tulislah selama beberapa menit tentang apa yang sering ada di pikiran Anda. Apakah itu terhubung dengan pengakuan yang ingin Anda tulis?
  • Terkadang bagus untuk mengarahkan tulisan Anda pada satu orang. Jika Anda kesulitan memulai, coba tulis ini: "Sebelum aku pergi, aku ingin memberi tahu kamu ..."
  • Pikirkan seseorang yang Anda syukuri. Tulis surat yang mengungkapkan rasa terima kasih Anda, dan mengapa itu penting dalam hidup Anda.
  • Pikirkan sesuatu atau seseorang yang membuat Anda marah. Tulis surat yang mengungkapkan perasaan Anda. Anda dapat memilih untuk mengirimnya atau tidak; yang penting Anda sudah menulis.
  • Tulis puisi yang dimulai dengan “Maaf…”
  • Pikirkan tentang kesalahan yang Anda buat. Tulis tentang bagaimana Anda akan menghadapi situasi secara berbeda sekarang.

***
Solo, Jumat, 4 Februari 2022. 12:31 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko