11 Cara Sederhana Memfokuskan Kembali Pikiran Mengembara

Dengan 11 tips fokus ini, Anda akan menjadi yang terdepan dalam persaingan dan lebih dekat dengan tubuh yang lebih bugar, pendapatan yang lebih tinggi, dan kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya.

Senin, 11 April 2022 | 11:00 WIB
0
177
11 Cara Sederhana Memfokuskan Kembali Pikiran Mengembara
image: NPR

Ingin tahu apa yang menurut Steve Jobs sebagai kunci utama dalam mencapai kesuksesan?

“Fokus dan kesederhanaan… begitu Anda sampai di sana, Anda bisa memindahkan gunung.”—Steve Jobs

Dan kepercayaan ini bahkan lebih penting hari ini daripada bertahun-tahun yang lalu. Di ujung jari Anda adalah dunia literal informasi dan hiburan. Jadi, tidak heran kita semua memiliki pikiran yang mengembara saat ini.

Berkat internet dan telepon pintar, perhatian secara praktis merupakan mata uang yang harus kita pertimbangkan dengan lebih hemat. Faktanya, seseorang yang dapat tetap fokus tidak hanya lebih mungkin untuk menyelesaikan lebih banyak tetapi juga lebih puas di penghujung hari karenanya.

Lebih jauh lagi, orang yang fokus akan lebih mudah mencapai tujuannya—mulai dari kehilangan 10 kilogram hingga mendapatkan promosi di tempat kerja berada dalam jangkauan orang seperti ini.

Apa Itu Pikiran Mengembara?

Pernahkah Anda duduk untuk memikirkan subjek tertentu atau bersantai untuk jangka waktu tertentu? Ketika Anda melakukan ini lain kali, Anda perlu memperhatikan pikiran Anda. Pikiran yang mengembara, seperti namanya, melayang-layang seperti lalat.

Itu terus mengajukan pertanyaan, berpikir, khawatir menciptakan masalah, membayangkan, dan menghasilkan solusi yang efektif. Ini tidak hanya terjadi saat Anda bersantai tetapi juga saat mengemudi, makan, atau memasak.

Pikiran yang mengembara adalah sarang pikiran negatif dan sia-sia. Sebuah penelitian di Harvard mengungkapkan bahwa pikiran yang mengembara berhubungan langsung dengan ketidakbahagiaan.

“Pikiran manusia adalah pikiran yang mengembara, dan pikiran yang mengembara adalah pikiran yang tidak bahagia. Kemampuan untuk berpikir tentang apa yang tidak terjadi adalah pencapaian kognitif yang datang dengan biaya emosional.” – Killingsworth dan Gilbert, Psikolog Universitas Harvard

Pikiran yang mengembara membuat Anda lebih sulit untuk fokus dan menangani masalah secara efektif. Ini juga akan mencegah Anda menyelesaikan tugas-tugas penting dengan berfokus pada tugas yang tidak terkait dengan yang penting, dan tertidur. Nama umum lain dari pengembaraan pikiran adalah melamun penerbangan fantasi atau fantasi.

Apa yang Menyebabkan Pikiran Mengembara?

Sementara penyebab pasti dari pengembaraan pikiran belum dipahami, studi penelitian di laboratorium telah menunjukkan bahwa ada jaringan neuron yang telah dikaitkan dengan pengembaraan pikiran. Jaringan ini berinteraksi dengan beberapa wilayah korteks yang berhubungan dengan perilaku dan emosi.

Jaringan ini biasanya aktif saat seseorang sedang beristirahat atau mengerjakan tugas yang tidak perlu Anda perhatikan. Perubahan dalam mode default jaringan ini telah dikaitkan dengan perubahan aktivitas otak dan berbagai penyakit mental seperti skizofrenia, penyakit Alzheimer, depresi, gangguan bipolar, dan gangguan stres pascatrauma.

Apakah Buruk Memiliki Pikiran Mengembara?

Memiliki pikiran mengembara merusak produktivitas dan kinerja Anda dengan cara yang berbeda. Plus, itu memengaruhi kualitas hidup Anda. Berikut adalah beberapa alasan yang disusun oleh ilmu kognitif yang menunjukkan bahwa pengembaraan pikiran buruk bagi Anda:

  • Kurangnya kesadaran: Ketika Anda disibukkan dengan pikiran Anda, sulit untuk menyadari lingkungan Anda. Hal ini biasanya menyebabkan kecelakaan seperti menabrak orang atau benda, jatuh, dan mengabaikan rambu lalu lintas. Kurangnya kesadaran adalah salah satu penyebab utama kecelakaan di sebagian besar jalan.
  • Gagal memahami: Seorang karyawan atau siswa mungkin gagal memahami apa yang dijelaskan kepada mereka. Dan ini akan menyebabkan kesalahan besar. Pikiran yang mengembara mempersulit seseorang untuk mengikuti alur pemikirannya atau membaca dan mendengarkan dalam aktivitasnya sehari-hari.
  • Fokus yang buruk: Pikiran yang mengembara mengurangi kapasitas Anda untuk fokus pada tugas-tugas penting. Dan ini dapat diartikan sebagai kurangnya minat untuk tidak terlibat dalam tugas. Ini juga membuat Anda lebih sulit untuk tetap pada tugas yang memakan waktu, membosankan, atau membuat jenuh. Dan ketika Anda mengerjakan tugas secara acak, Anda akhirnya akan membuat kesalahan yang ceroboh.
  • Depresi: Salah satu konsekuensi umum dari pikiran yang mengembara adalah kecemasan dan depresi.

Bagaimana Cara Mengendalikan Pikiran Mengembara?

Berikut adalah 11 cara untuk menjinakkan dan memfokuskan kembali pikiran Anda untuk menyelesaikan lebih banyak hal.

1. Temukan Totem Anda

Ingat totem dalam film, Inception? Itu adalah item yang mengingatkan orang-orang bahwa mereka tidak berada dalam mimpi ketika mereka menyentuhnya, dan itu mampu membuat mereka tetap membumi dalam kenyataan.

Anda dapat meniru ide ini dalam hal tetap fokus juga. Yang harus Anda lakukan adalah menemukan sesuatu untuk menjadi "totem fokus" Anda, dan itu akan mengingatkan Anda bahwa Anda harus berhenti melamun dan kembali bekerja. Idealnya, itu adalah sesuatu yang dapat Anda lihat dan sentuh.

Dalam film, bidak catur dan pemintalan digunakan—keduanya adalah ide yang bagus. Anda juga bisa menggunakan foto keluarga, piala mini, atau bahkan memakai cincin untuk memfokuskan pikiran Anda juga.

2. Janjikan Penghargaan

Insentif adalah cara yang jelas untuk dilakukan. Memiliki emas di akhir perjalanan apa pun membuat Anda ingin terus maju hanya untuk hasil yang manis. Secara umum, penghargaan harus berkorelasi dengan kesulitan/panjang pekerjaan.

Sebagai contoh:

• Selesaikan pekerjaan rumah cepat = sepotong cokelat
• Selesaikan tugas administratif yang mengganggu = 10 menit Youtube
• Hari yang sukses dalam keadaan mengalir = seluruh film di Netflix

Hal-hal yang cukup sederhana, bukan? Tetapi Anda akan terkejut betapa seringnya Anda lupa memberi penghargaan pada diri sendiri karena melakukan pekerjaan yang solid secara teratur.

3. Masukkan Keadaan Arus

Mihály Csíkszentmihályi, seorang psikolog terkemuka dalam psikologi positif, menyarankan gagasan keadaan aliran dengan mengatakan bahwa ketika seseorang sangat berkonsentrasi pada aktivitas tertentu, pikirannya penuh karena sistem saraf manusia tidak mampu memproses terlalu banyak informasi. Memasuki kondisi aliran mencegah pikiran Anda mengembara dan merupakan salah satu cara untuk mencapai perasaan bahagia yang berkelanjutan.

Katakanlah Anda adalah seorang musisi yang membuat sebuah karya musik. Tidak sulit membayangkan bahwa pikiran Anda akan sepenuhnya disibukkan dengan not-not musik, sehingga Anda hanya memiliki sedikit ruang untuk memikirkan apa yang harus dimakan untuk makan siang. Di dalam State of Flow, sebagian besar kekhawatiran dan kecemasan kita mengambil alih pembakar karena kita hidup pada saat ini.

Memasuki keadaan arus seperti mengendarai sepeda:

Pilih Rute yang Anda Nikmati

Saat Anda mengendarai sepeda, perjalanan Anda menjadi lebih menyenangkan jika Anda memilih rute yang Anda suka. Untuk memasuki keadaan aliran, Anda juga harus menemukan satu hal menarik dalam tugas yang akan Anda kerjakan. Bukan hal yang aneh bagi orang yang langsung mengotori tangannya tanpa menyadari bagian menarik dari apa pun yang mereka lakukan. Sangat tidak mungkin mereka bisa memasuki keadaan mengalir tanpa melihat sesuatu yang menarik.

Waktu Luang Untuk Pemanasan

Semuanya butuh waktu, mengendarai sepeda dan memasuki keadaan flow juga butuh waktu. Misalnya, sebelum bersepeda, Anda dapat melakukan latihan pemanasan dan peregangan selama 15 menit untuk menyiapkan tubuh Anda. Pikiran Anda mirip. Perlu beberapa waktu untuk masuk ke suatu daerah, dan bahkan perlu waktu lebih lama bagi Anda untuk benar-benar tenggelam, jadi Anda harus bersabar. Anda mungkin tidak dapat memasuki keadaan mengalir dalam beberapa menit pertama tetapi Anda harus menunggu sedikit lebih lama sampai pikiran Anda menjadi hangat. Tetapi begitu Anda memasuki keadaan mengalir, Anda bahkan tidak akan menyadari berlalunya waktu.

Tetap Berputar Sampai Akhir

Anda tidak bisa berhenti untuk menjaga roda tetap berputar. Saat Anda berhenti menerapkan gaya, sepeda pada akhirnya akan berhenti dan Anda tidak dapat melanjutkan perjalanan. Memasuki keadaan aliran berarti Anda tidak boleh berhenti di tengah juga. Anda harus jelas tentang apa yang ingin Anda capai dan tahu untuk apa Anda bekerja, seperti Anda harus tahu arah dan tujuan Anda saat mengendarai sepeda. Kehilangan arah membuat kita mudah teralihkan oleh hal-hal lain, sehingga sangat mustahil bagi kita untuk masuk ke zona tersebut.

Memasuki keadaan mengalir, atau dengan kata lain, menjadi penuh perhatian adalah langkah pertama menuju jalan kebahagiaan sejati. Kebahagiaan tidak datang dari masa lalu yang indah yang pernah Anda alami, kenyataan yang Anda alami saat ini, atau masa depan emas yang Anda impikan. Kebahagiaan adalah keadaan pikiran.

4. Jadikan Bodoh Itu Mudah untuk Pikiran Anda yang Mengembara

Saya tidak tahu tentang Anda, tetapi jika saya merasa pekerjaan saya membutuhkan lebih banyak usaha daripada yang ingin saya gunakan, saya langsung dimatikan. Hal ini kemudian menyebabkan gangguan dan penundaan. Tetapi Anda dapat mengimbangi ini dengan memecah tugas yang sulit menjadi sepotong kecil.

Contoh kasus, apa yang tampaknya lebih mudah: 30 push-up atau 3 push-up?

Sudah jelas, tetapi terkadang otak kita perlu "diyakinkan" bahwa kita hanya melakukan sedikit pekerjaan untuk menyelesaikan sesuatu.

Tetapi inilah sesuatu yang keren tentang taktik ini: Anda dapat (dan kemungkinan besar akan) terus melewati tolok ukur bodoh Anda yang mudah. Anda tidak harus melakukannya, tetapi pengalaman saya memberi tahu saya begitu Anda mulai seperti ini, mudah untuk melampaui tujuan minimum Anda.

5. Kosongkan Pikiran Anda dengan Jurnal

Terkadang, ada terlalu banyak hal yang berkeliaran di otak Anda yang membuat pikiran Anda mengembara. Dalam hal ini, dapat membantu untuk menumpahkan semua yang ada di kepala Anda ke dalam jurnal untuk mengosongkan beberapa ruang. Anda dapat menggunakan pena dan pad untuk ini atau sesuatu yang digital seperti Evernote.

Ada dua cara dasar untuk melakukannya:

  1. Gaya bebas – di mana Anda hanya menulis apa pun yang mengalir secara acak di otak Anda tanpa berpikir atau berhenti. Ini bagus jika Anda memiliki sejuta ide berbeda yang berpacu di otak Anda.
  2. Terfokus – di mana Anda membuat petunjuk atau garis besar untuk merampingkan pemikiran Anda dan Anda hanya menanggapi pertanyaan atau format. Ini paling baik bila Anda ingin memahami topik tertentu.

6. Gunakan Metode “Hanya 5 Menit”

Coba katakan pada diri sendiri bahwa Anda akan bekerja "hanya 5 menit" dan kemudian Anda bisa berhenti. Anda akan menemukan bahwa tugas itu terasa jauh lebih mudah untuk ditangani. Dan seperti metode "mudah bodoh", ini mengelabui otak Anda untuk berpikir bahwa tugas tersebut adalah upaya yang lebih rendah daripada yang sebenarnya. Lagi pula, 5 menit bahkan untuk tugas terburuk pun secara psikologis dapat dikelola oleh siapa pun di luar sana.

Kuncinya adalah dengan jujur membiarkan diri Anda berhenti pada 5 menit—apa pun yang terjadi. Itulah yang memungkinkan otak Anda menerima metode ini sebagai sah dan juga memungkinkannya mengatasi rintangan mental yang membuat otak Anda ingin berkeliaran dan fokus pada apa pun selain tugas Anda.

7. Ucapkan Mantra Fokus

Saya suka menganggap mantra sebagai totem yang dapat Anda bawa ke mana pun Anda pergi. Itu memiliki tujuan yang sama—mengingatkan Anda untuk tetap fokus—tetapi dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Saya menemukan jenis mantra yang paling kuat yang didasarkan pada kenyataan. Saya mempelajari pendekatan ini dari Dr. Jon Fader—seorang pelatih performa yang hadir di “Good Morning America”—dan bukunya Life as Sport: What Atlet Top Can Teach You about How to Win in Life. Dia menyebut ini "optimisme objektif."

Pada dasarnya, Anda membuat mantra yang didasarkan pada kesuksesan pribadi dalam hidup Anda. Dengan begitu, mantra bukan hanya pernyataan positif yang lembut, tetapi juga bobot kesuksesan kehidupan nyata yang memberinya kekuatan.

Beberapa contoh:

  • Jika Anda berjuang untuk membuat diri Anda pergi ke gym tetapi secara teknis sudah sering ke sana, Anda bisa mengatakan, “hanya satu hari lagi untuk pergi ke gym—mudah.”
  • Jika Anda menderita sindrom penipu setelah menerima promosi, katakan saja, "Aku di sini karena suatu alasan" untuk mengingatkan diri sendiri bahwa upaya Anda diakui oleh orang lain dan benar-benar nyata.
  • Jika Anda gugup tentang kompetisi olahraga yang akan datang tetapi telah berlatih dengan rajin untuk itu, Anda dapat mengatakan, "Saya telah melakukan semua pekerjaan yang mungkin" untuk mengingatkan diri sendiri bahwa upaya Anda sebelumnya telah menciptakan versi terbaik Anda untuk acara tersebut.

Seperti yang Anda lihat, mantra yang paling kuat adalah berbasis bukti dan positif. Jadi, temukan bukti kesuksesan yang relevan dalam hidup Anda dan ubah menjadi mantra motivasi.

8. Gunakan Pendekatan “Multi-Menguap”

Salah satu cara terbaik untuk mengalihkan perhatian adalah menjadi lelah. Dan terkadang, Anda akan lelah sedemikian rupa sehingga Anda "semacam" bekerja tetapi tidak menyadari bahwa Anda sebenarnya terus-menerus terganggu.

Jika Anda dapat memperhatikan saat Anda melakukan ini, satu hal yang ingin saya lakukan adalah menguapkan sebanyak mungkin menguap yang memuaskan. Atlet Olimpiade terkadang melakukan ini sebelum acara besar mereka. Ini menenangkan mereka dan membantu mereka tampil lebih baik dalam prosesnya. Dan itu bekerja dengan baik bagi kita orang biasa. Saya merasa itu memiliki efek yang mirip dengan tidur siang yang baik (dan benar-benar bekerja paling baik secara bersamaan), jadi Anda bisa membayangkan betapa efektifnya ini.

9. Temukan Kemenangan Mudah

Tidak ada yang terasa menyenangkan seperti menang. Jadi, ini dapat membantu untuk menemukan beberapa tugas sederhana yang dapat Anda lakukan dengan sedikit usaha dan menyelesaikannya dengan segera. Ini akan menciptakan momentum dan mendorong produktivitas Anda ke depan. Perasaan sukses akan mengunci fokus Anda pada tugas yang ada dan memfokuskan kembali pikiran Anda yang mengembara. Gunakan ini ketika Anda merasa "penolakan" untuk memulai pekerjaan Anda.

10. Buat Daftar “Menang”

Merasa seperti orang yang mampu yang bisa menang dalam hidup memotivasi dirinya sendiri. Mengingat fakta ini, memiliki daftar "kemenangan" yang berkelanjutan dapat membantu untuk membuktikan bahwa Anda adalah orang yang cakap.

Pantau saja semua kemenangan harian Anda—besar dan kecil. Dan setiap kali fokus Anda mulai berkurang, lihat daftar itu dan ingatkan diri Anda bahwa Anda lebih mampu daripada yang Anda sadari.

11. Tambahkan Taruhan ke Campuran

Jika Anda kehilangan setengah juta rupiah jika Anda gagal menyelesaikan tugas, apakah Anda akan lebih fokus untuk menyelesaikannya? Tentu saja!

Cobalah dan temukan cara untuk mempertaruhkan sesuatu dalam menyelesaikan tugas Anda, dan Anda akan menemukan fokus, motivasi, dan kemampuan Anda untuk menyelesaikan sesuatu menjadi lebih tinggi daripada sebelumnya.

Misalnya, jika Anda sedang bekerja, Anda dapat melibatkan rekan kerja dengan mengatakan bahwa Anda akan membelikan makanan mereka jika Anda tidak menyelesaikan tugas sebelum waktu makan siang tiba. Di rumah, bisa dibilang juga akan memotong rumput jika tidak ingat untuk mencuci piring sebelum hari usai.

Semua adalah metode yang layak, jadi coba saja salah satunya.

Intinya

Dari banyak metode untuk menang dalam kehidupan di luar sana, fokus jelas merupakan pesaing tiga besar. Anda tidak bisa mendapatkan apa pun yang Anda inginkan dalam hidup jika Anda tidak bekerja keras dan menyelesaikan pekerjaan Anda—pikiran yang mengembara tidak akan menciptakan kesuksesan.

Tetapi dengan 11 tips fokus ini, Anda akan menjadi yang terdepan dalam persaingan dan lebih dekat dengan tubuh yang lebih bugar, pendapatan yang lebih tinggi, dan kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya.

***
Solo, Senin, 11 April 2022. 10:46 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko