5 Langkah untuk Mengetahui Apa yang Memotivasi Anda dalam Hidup

Saat Anda mengalami peristiwa kehidupan yang berbeda, Anda akan menyadari bahwa motivasi Anda akan menyesuaikan diri.

Rabu, 26 Januari 2022 | 17:19 WIB
0
205
5 Langkah untuk Mengetahui Apa yang Memotivasi Anda dalam Hidup
ilustr: Cermati.com

Anda mungkin pernah mendengar pepatah lama “kenalilah dirimu sendiri.” Memahami diri sendiri adalah langkah kunci dalam menjalani kehidupan yang bahagia dan sukses. Salah satu cara untuk memahami diri sendiri dengan lebih baik adalah dengan mencari tahu apa yang memotivasi Anda dalam hidup.

Motivasi paling baik didefinisikan sebagai apa yang menyebabkan Anda mengambil tindakan. Mungkin ada perubahan yang ingin Anda buat dalam hidup Anda, tetapi untuk membuatnya, Anda harus tahu apa yang menyebabkan Anda mengambil tindakan. Ini akan tergantung pada berbagai faktor. Penting untuk mengenali berbagai penyebab motivasi sehingga Anda dapat memanfaatkan yang paling efektif dalam hidup Anda sendiri.

Gerakan Tidak Selalu Kemajuan

Karena kebanyakan orang sibuk mengambil tindakan, menentukan motivasi Anda jarang dibahas. Anda hanya tahu bahwa Anda memiliki tujuan yang ingin Anda capai dan Anda bersedia melakukan apa pun untuk mencapai tujuan itu.

Meskipun pendekatan ini dapat berhasil, itu bukan yang paling efektif. Ketika Anda tidak tahu apa yang memotivasi Anda dalam hidup, Anda pada dasarnya menggunakan tekad Anda sendiri untuk mencapai tujuan Anda.

Namun, kemauan keras adalah sumber daya yang habis, dan itulah sebabnya kurang dari 20% orang mencapai resolusi mereka setiap tahun. Jika Anda ingin berada di 20% yang berhasil mengubah hidup mereka, Anda perlu memanfaatkan lebih dari kemauan. Anda memerlukan rencana yang terstruktur dengan cara memanfaatkan kekuatan Anda.

Apa yang Memotivasi Anda dalam Hidup Adalah Kunci

Seseorang yang fokus untuk memajukan kariernya lebih mementingkan gelar daripada gajinya. Oleh karena itu, menawarkan lebih banyak uang tetapi gelar yang sama tidak akan memotivasi tipe individu ini.

Jika Anda menawarkan orang yang sama gelar baru dengan gaji yang sama, dia akan termotivasi untuk mengambil posisi tersebut karena kemajuan penting baginya.

Jangan meremehkan kekuatan mengetahui apa yang memotivasi Anda dalam hidup. Ada alasan mengapa sebagian besar jaksa harus memberikan motif kepada juri untuk mempertimbangkan kesalahan terdakwa. Itu karena tindakan Anda perlu dikaitkan dengan keyakinan Anda.

Jika seseorang percaya bahwa hidupnya dalam bahaya, maka ada harapan dari tindakan yang akan dilakukan orang tersebut. Harus ada konsistensi antara tindakan yang dilakukan orang tersebut dan motif mengapa dia melakukan tindakan tersebut.

Sederhananya, Anda ingin tindakan Anda sesuai dengan hasil yang ingin Anda capai. Agar Anda dapat menemukan apa yang memotivasi Anda dalam hidup, Anda perlu mempertimbangkan hal-hal berikut:

1. Anda Akan Melakukannya Secara Gratis

Jika Anda beruntung, Anda akan dibayar banyak uang untuk melakukan apa yang memotivasi Anda untuk mencari nafkah. Namun, tidak selalu demikian. Ada banyak orang yang tidak mencari nafkah dengan melakukan apa yang mereka sukai. Vincent Van Gogh dikenal hari ini sebagai salah satu seniman terbesar dalam sejarah.

Tahukah Anda bahwa dia hanya menjual satu lukisan sepanjang hidupnya? Van Gogh menciptakan lebih dari 900 lukisan sepanjang hidupnya, tetapi dia hanya mampu menjual satu lukisan.

Baru beberapa tahun setelah kematiannya, orang-orang mulai mengapresiasi karya seninya. Karena Van Gogh suka melukis, dia tidak peduli apakah lukisannya dibeli orang.

Motivasi Van Gogh tidak terikat pada apakah orang menghormati karyanya, juga tidak bergantung pada kemampuannya untuk mencari nafkah. Van Gogh melukis karena dia suka melukis.

2. Itu Selalu Ada di Pikiran Anda

Apa yang Anda pikirkan ketika Anda pergi tidur dan bangun? Terkadang Anda bergerak begitu cepat dalam hidup sehingga Anda tidak mendengarkan pesan dari dalam diri Anda. Saat Anda bangun, letakkan buku catatan di sebelah Anda sehingga Anda dapat menangkap pikiran pertama Anda setiap hari. Ini adalah petunjuk tentang apa yang memotivasi Anda dalam hidup.

Simpan buku catatan Anda dan tambahkan ide apa pun yang Anda miliki sepanjang hari. Saat Anda mengisi halaman di buku catatan Anda, Anda seharusnya dapat mengenali beberapa kesamaan dalam pemikiran Anda. Hal-hal yang Anda pikirkan sepanjang waktu adalah hal-hal yang Anda pedulikan.

Selain pikiran batin Anda, apa yang memotivasi Anda dalam hidup akan mencakup kegiatan yang selalu Anda bicarakan. Ketika Anda berada di sekitar teman dan keluarga Anda, topik apa yang selalu Anda kemukakan? Pernahkah Anda menemukan diri Anda di toko kelontong berbicara dengan kasir atau penjual tas tentang topik yang sama? Jika demikian, kemungkinan Anda telah menemukan sesuatu yang Anda sukai dan termotivasi untuk mengejarnya.

3. Anda Tersesat dalam Belajar

Apakah ada aktivitas yang Anda tidak bisa cukup dan lupa waktu untuk terlibat? Ini adalah tanda-tanda bahwa Anda mungkin telah menemukan sesuatu yang memotivasi Anda dalam hidup. Studi menunjukkan bahwa jika Anda membaca materi yang memotivasi Anda, Anda akan membaca lebih banyak dan mengingat lebih banyak daripada materi yang tidak memotivasi Anda.

Kunci motivasi adalah Anda didorong untuk mengambil tindakan. Kapan pun Anda merasa terdorong untuk mengambil tindakan, Anda pasti ingin memperhatikan mengapa Anda mengambil tindakan.

4. Anda Dapat Mendaftarnya di Saat-Saat Paling Memuaskan dalam Hidup Anda

Refleksi diri adalah cara yang bagus untuk mengenali apa yang memotivasi Anda dalam hidup. Pikirkan tentang saat-saat dalam hidup Anda ketika Anda merasa paling bangga pada diri sendiri. Bisa jadi saat Anda mencapai home run yang memenangkan pertandingan atau saat Anda mendapatkan pekerjaan impian Anda. Apapun momen-momen ini, tuliskan masing-masing di selembar kertas. Tinjau daftar Anda dan lihat apakah Anda mengenali kesamaan.

Apakah Anda bersama keluarga, tampil di depan orang lain, atau membantu mereka yang kurang beruntung? Apa pun yang Anda lakukan, ini adalah petunjuk tentang apa yang memotivasi Anda dalam hidup.

Setelah Anda mengenali kesamaan dari apa yang memotivasi Anda, ambil tindakan untuk mengonfirmasi. Jika Anda senang mengekspresikan kreativitas Anda, temukan cara untuk mengekspresikan kreativitas Anda. Anda mungkin menyadari bahwa Anda memiliki aspek kreativitas yang sangat spesifik yang menjadi motivasi Anda.

Akan ada orang lain yang termotivasi dengan membantu mereka yang membutuhkan. Jika Anda yakin Anda senang membantu orang lain, jadilah sukarelawan dan lihat bagaimana perasaan Anda. Anda mungkin menyadari bahwa Anda tidak suka membantu sembarang orang, melainkan tujuan tertentu yang Anda sukai.

Inti dari kegiatan ini bukan untuk menilai motivasi Anda, tetapi untuk mengeksplorasinya.

5. Anda Akan Melakukannya Jika Tidak Ada yang Menonton

Ada hal-hal yang Anda lakukan dalam hidup karena masyarakat memberi tahu Anda bahwa itu adalah ide yang bagus. Masyarakat memberi tahu Anda sekolah mana yang harus Anda masuki, jurusan dan karier mana yang harus Anda pilih, dan bahkan kota mana yang harus Anda tinggali. Ada pilihan tertentu yang dianggap bergengsi dan akan diterima dengan baik oleh kebanyakan orang. Lalu, ada jalur yang kurang terkenal yang jarang dilalui.

Hanya Anda yang dapat menjawab pertanyaan, “Mengapa aku berada di jalan ini?” Apakah Anda berada di jalan yang akan membuat Anda mendapat tepukan dari orang tua atau teman Anda? Atau apakah Anda berada di jalan yang hanya sedikit orang yang mengerti dan hargai?

Ada pepatah yang mengatakan bahwa apa yang Anda lakukan ketika tidak ada yang melihat mendefinisikan Anda. Jika Anda mengambil tindakan untuk menerima pengakuan dari orang lain dalam hidup Anda, maka Anda sudah mendapatkan imbalannya. Namun, jika Anda terpancing untuk mengambil tindakan sesuai dengan tujuan batin Anda, maka Anda melakukan apa yang memotivasi Anda dalam hidup.

Pikiran Akhir

Apa yang memotivasi Anda dalam hidup akan berubah seiring waktu. Ketika Anda masih muda, hidup mungkin lebih sederhana. Mungkin Anda akan membangun perusahaan multi-miliar dolar karena Anda termotivasi oleh kesuksesan dan signifikansi. Namun, ketika Anda sedikit lebih tua, Anda termotivasi oleh kebebasan dan gagasan untuk bepergian keliling dunia. Kemudian Anda memiliki anak, dan mereka menjadi kekuatan pendorong untuk semua yang Anda lakukan dalam hidup.

Saat Anda mengalami peristiwa kehidupan yang berbeda, Anda akan menyadari bahwa motivasi Anda akan menyesuaikan diri. Itulah mengapa ada baiknya untuk meninjau kembali apa yang memotivasi Anda dalam hidup secara berkala. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk menyesuaikan tujuan Anda saat motivasi Anda berubah.

***
Solo, Rabu, 26 Januari 2022. 5:05 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko