Bagaimana Meditasi Dapat Membantu Anda Membuat Lebih Sedikit Kesalahan?

Senang melihat antusiasme publik terhadap mindfulness, tetapi masih banyak pekerjaan dari perspektif ilmiah yang harus dilakukan untuk memahami manfaatnya.

Kamis, 26 Agustus 2021 | 09:36 WIB
0
155
Bagaimana Meditasi Dapat Membantu Anda Membuat Lebih Sedikit Kesalahan?
ilustr: The Arapahoe Pinnacle

Bermeditasi sekali saja terbukti membuat perbedaan.

Jika Anda pelupa atau membuat kesalahan saat terburu-buru, sebuah studi baru dari Michigan State University -- yang terbesar dari jenisnya hingga saat ini -- menemukan bahwa meditasi dapat membantu Anda mengurangi kemungkinan kesalahan.

Penelitian, yang diterbitkan di Brain Sciences, menguji bagaimana meditasi pemantauan terbuka - atau, meditasi yang memfokuskan kesadaran pada perasaan, pikiran atau sensasi saat mereka terungkap dalam pikiran dan tubuh seseorang - mengubah aktivitas otak dengan cara yang menunjukkan peningkatan pengenalan kesalahan.

"Minat orang pada meditasi dan perhatian melampaui apa yang dapat dibuktikan sains dalam hal efek dan manfaat," kata Jeff Lin, kandidat doktor psikologi MSU dan rekan peneliti. "Tetapi sungguh menakjubkan bagi saya bahwa kita dapat melihat bagaimana satu sesi meditasi terpandu dapat menghasilkan perubahan aktivitas otak pada non-meditator."

Temuan menunjukkan bahwa berbagai bentuk meditasi dapat memiliki efek neurokognitif yang berbeda dan Lin menjelaskan bahwa ada sedikit penelitian tentang bagaimana meditasi pemantauan terbuka berdampak pada pengenalan kesalahan.

"Beberapa bentuk meditasi membuat Anda fokus pada satu objek, biasanya napas Anda, tetapi meditasi pemantauan terbuka sedikit berbeda," kata Lin. "Itu membuat Anda menyetel ke dalam dan memperhatikan semua yang terjadi di pikiran dan tubuh Anda. Tujuannya adalah untuk duduk dengan tenang dan memperhatikan dengan cermat ke mana pikiran berjalan tanpa terlalu terjebak dalam pemandangan."

Lin dan rekan peneliti MSU - William Eckerle, Ling Peng dan Jason Moser - merekrut lebih dari 200 peserta untuk menguji bagaimana meditasi pemantauan terbuka memengaruhi cara orang mendeteksi dan merespons kesalahan.

Para peserta, yang belum pernah bermeditasi sebelumnya, dibawa melalui latihan meditasi pemantauan terbuka selama 20 menit sementara para peneliti mengukur aktivitas otak melalui elektroensefalografi, atau EEG. Kemudian, mereka menyelesaikan tes gangguan komputerisasi.

"EEG dapat mengukur aktivitas otak pada tingkat milidetik, jadi kami mendapatkan ukuran aktivitas saraf yang tepat setelah kesalahan dibandingkan dengan respons yang benar," kata Lin. "Sinyal saraf tertentu terjadi sekitar setengah detik setelah kesalahan yang disebut kesalahan positif, yang terkait dengan pengenalan kesalahan sadar. Kami menemukan bahwa kekuatan sinyal ini meningkat pada meditator relatif terhadap kontrol."

Sementara para meditator tidak memiliki perbaikan langsung pada kinerja tugas yang sebenarnya, temuan para peneliti menawarkan jendela yang menjanjikan ke dalam potensi meditasi berkelanjutan.

"Temuan ini adalah demonstrasi kuat dari apa yang hanya dapat dilakukan 20 menit meditasi untuk meningkatkan kemampuan otak untuk mendeteksi dan memperhatikan kesalahan," kata Moser. "Itu membuat kita merasa lebih percaya diri dalam meditasi kesadaran apa yang mungkin benar-benar mampu untuk kinerja dan fungsi sehari-hari di sana pada saat itu."

Sementara meditasi dan perhatian telah mendapatkan minat utama dalam beberapa tahun terakhir, Lin adalah salah satu dari sekelompok kecil peneliti yang mengambil pendekatan ilmu saraf untuk menilai efek psikologis dan kinerjanya.

Ke depan, Lin mengatakan bahwa fase penelitian berikutnya akan mencakup kelompok peserta yang lebih luas, menguji berbagai bentuk meditasi dan menentukan apakah perubahan aktivitas otak dapat diterjemahkan menjadi perubahan perilaku dengan latihan jangka panjang.

"Senang melihat antusiasme publik terhadap mindfulness, tetapi masih banyak pekerjaan dari perspektif ilmiah yang harus dilakukan untuk memahami manfaatnya, dan yang tak kalah pentingnya, bagaimana cara kerjanya sebenarnya," kata Lin. "Sudah saatnya kita mulai melihatnya melalui lensa yang lebih ketat."

(Materials provided by Michigan State University)

***
Solo, Kamis, 26 Agustus 2021. 9:02 am
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko