Kelompok Generasi Berdasarkan Tahun Lahir

Pendidikan terus berinovasi dengan modernisasi global serta tingkat kompetensi yang menuntut adanya perubahan.

Senin, 10 Mei 2021 | 05:20 WIB
0
315
Kelompok Generasi Berdasarkan Tahun Lahir
Generasi Milenial (Foto: IDNtimes.com)

Yakin, kamu termasuk generasi milenial yang mana? Pahami dulu apa perbedaan generasi X, Y, dan Z di bawah ini. Ketiga generasi ini dibedakan dari tahun lahirnya.

Selain itu, ketiganya juga memiliki karakteristik yang berbeda dan khususnya di dunia kerja, sekarang udah tau bedanya kan?

1. Pre baby boom atau generasi veterans "lahir 1945 dan sebelumnya" 

2. The baby boomers "lahir di antara 1946-1964"

3. Generasi X "lahir di antara 1965 -1976" 

Mereka umumnya lebih memilih jenjang karir yang jelas dan berpegang teguh pada prinsip, gen x juga masih menghormati birokrasi dan mau mengikuti aturan, walaupun saat itu mereka ada di era kelam.

4. Generasi Y "lahir di antara 1977-1997"

Lebih suka mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion, fleksibel, dan suasana kantor kekeluargaan, gen Y sangat suka tantangan baru dan cenderung idealis. 

5. Generasi Z "lahir di antara 1998 - 2010"

Generasi ini adalah yang paling akrab dengan teknologi, sehingga mereka cenderung menginginkan sesuatu yang serba instan.

Mereka juga kurang berambisi untuk sukses. Saat ini generasi X umumnya belum bekerja karena masih usia sekolah atau kuliah.

6. Generasi Alpha atau generasi Alfa "lahir di antara 2010 - 2024" 

Generasi ini adalah generasi yang lahir di masa serba canggih dan semuanya serta instan, mereka lebih cenderung belajar lewat gadget sebagai media belajar mereka dibandingkan belajar di sekolah.

Bila si kecil anda masuk kategori generasi Alfa dibekali sejak dini, agar mereka mampu menghadapi tantangan masa depan yang sulit dan ilmu pengetahuan yang sudah didik orang tua sejak dini.

Pendidikan terus berinovasi  dengan modernisasi global serta tingkat kompetensi yang menuntut adanya perubahan pada ere 4.0 tentu Pendidikan jadi ajang pertandingan yang seru.

***