Pencitraan Tanpa Isi

Fokuslah pada “isi” di dalam hidupmu, maka pencitraan dan penampilan yang baik pun akan tercipta dengan sendirinya. Inilah yang disebut paradoks politik isi.

Kamis, 23 April 2020 | 03:30 WIB
0
359
Pencitraan Tanpa Isi
Ilustrasi pencitraan (Foto: RMOL.id)

Saat ini, di Indonesia, banyak orang lebih memperhatikan reputasi. Yang penting adalah apa yang tampak, apa yang dicitrakan ke masyarakat. Yang penting adalah kesannya, bukan isinya. Isi soal belakangan, bahkan seringkali tak jadi soal sama sekali.

Banyak orang sudah melakukan kritik pada pola semacam ini. Namun, pola ini tetap ada, tetap bersikukuh, seolah menguat, tak mau lepas. “Penyakit”pencitraan ini melanda berbagai segi kehidupan di Indonesia, terutama politik, budaya, dan bahkan juga pendidikan. 

Yang kemudian terjadi adalah pencitraan tanpa isi. Gelar akademik berderet tanpa kemampuan nyata. Jas necis dan rapih tanpa kekuatan karakter. Tampilan aduhai, tanpa jati diri yang kokoh. 

Yang terjadi kemudian adalah sebaliknya. Gelar akademik yang justru menandakan ketidakmampuan, yakni sikap patuh, tak kreatif, dan suka menipu. Jas necis dan rapih yang justru menandakan sikap licik dan korup.

Mana ada koruptor yang bajunya berantakan? Mana ada koruptor kakap yang tidak mengenyam pendidikan tinggi? Semakin rapih bajunya, semakin berderet gelarnya, biasanya justru menandakan kesempatan korup yang juga semakin tinggi. Ironis.

Di dalam dunia pendidikan, penyakit pencitraan ini juga semakin kronis. Orang hanya mengejar ijazah, seringkali tanpa kemampuan yang nyata. Orang sekedar mengejar belajar di universitas atau sekolah ternama, walaupun tempat itu korup, tak mutu, dan hanya tinggal nama besar saja.

Mengutamakan Politik Isi

Sudah saatnya, kita mulai berpikir tentang “isi” di dalam hidup dan berbangsa kita. Saya menyebutnya sebagai politik isi. Seperti sudah kita tahu, isi adalah inti yang paling pokok atau penting; sari; pati; sari pati.

Politik isi mengajak kita berpikir tentang apa yang ada di dalam, dan tidak sekedar memperhatikan pencitraan, atau sekedar apa yang tampak.

Isi di dalam politik adalah kepemimpinan yang berpijak pada pengembangan martabat semua manusia dari semua latar belakang. Ketika isi ini rusak, maka pencitraan pun hanyalah sekedar penipuan.

Di dalam dunia pendidikan, politik isi juga perlu untuk diciptakan. Dalam konteks ini, isi dari pendidikan adalah keutamaan dan ketrampilan diri manusia. Keutamaan berurusan dengan karakter dan jati diri. Sementara, ketrampilan terkait dengan sumbangan teknis manusia itu kepada masyarakatnya. 

Ketika politik isi di dalam pendidikan ini terlupakan, yang tercipta kemudian adalah orang-orang bergelar dan berijazah, namun korup, licik, penipu, opurtunis, dan tak bisa memberikan sumbangan yang baik untuk masyarakatnya. 

Saya yakin, politik isi akan menghasilkan paradoks yang baik. Ketika orang berfokus pada apa yang ada di dalam, yakni isi, maka apa yang tampak pun akan koheren dengan apa yang ada di dalam. Artinya, fokuslah pada “isi” di dalam hidupmu, maka pencitraan dan penampilan yang baik pun akan tercipta dengan sendirinya. Inilah paradoks politik isi. 

Para penganut politik inti mungkin tidak wangi, tidak necis, tidak parlente. Akan tetapi, orang-orang sekitarnya tahu, bahwa ia orang yang trampil dan berkarakter kuat, lepas dari penampilannya yang sederhana. Orang-orang semacam inilah yang menghasilkan “komponen-komponen”utama yang membuat suatu masyarakat menjadi besar.

Salam.

***