Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Orang Dewasa dan Anak

Jumat, 15 September 2023 | 10:31 WIB
0
62
Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Orang Dewasa dan Anak
Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika menguji ujian kripsi mahasiswa/Foto : Dokpri

Buah naga merupakan buah yang memiliki cita rasa manis dan enak, di Indonesia sendiri buah naga menjadi favorit untuk dikonsumsi. Buah naga memiliki karakteristik kulit luar berwarna merah kemudian ada sisik sisik disetiap kulitnya. Untuk itulah buah tersebut disebut dengan buah Naga. Buah Naga memiliki daging yang empuk serta memiliki karakteristik didalamnya ada bulir – bulir seperti mutiara berwarna merah gelap. Sedangkan warna dari buah Naga sendiri berwarna merah muda.

            Buah sendiri berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Nama buah naga merujuk pada buah-buah yang dapat dimakan dari tumbuhan jenis: Hylocereus undatus. Buah naga juga bisa dibudidayakan dinegara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filiphina, malaysia serta Indonesia. Buah naga bisa dibudidaya diiklim tropis seperti di Indonesia, jadi di Indonesia untuk perkembangbiakan buah naga sangat populer.

            Buah Naga selain dikonsumsi juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Tidak hanya bagus untuk kesehatan orang dewasa saja, ternyata buah naga juga bermanfaat bagi kesehatan anak – anak.

            Manfaat buah naga untuk kesehatan antara lain : Bisa mencegah penyakit bronkitis bagi dewasa dan anak, meningkatkan kesehatan usus, mengatasis embelit baik dewasa dan anak, meningkatkan perkembangan fungsi otak, menurunkan resiko depresi, meningkatkan sistem imun manusia, mencegah anemia dan meningkatkan kesehatan organ reproduksi.

            Buah naga sendiri kaya dan tinggi akan antioksida flavonoids, phenolic acid dan betacyanin. Kandungan tersebut membantu untuk mengatasi radikal bebas pada anak yang bisa membuat peradangan pada badan anak – anak. Selain itu buah naga juga memiliki sifat anti radang sehingga bisa mengurangi keluhan radang pada organ tubuh.

            Kandungan yang lain buah naga adalah kandungan asam lemak omega-3 dan omega-9 dalam biji buah naga merah juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Kandungan kalium, likopen, dan karoten dalam buah naga juga berperan dalam menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

            Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa mengkonsumsi buah naga baik untuk kesehatan tetapi apabila mengkonsumsi secara berlebihan bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang lainnya. Yaitu salah satunya bisa mengakibatkan gangguan pada saluran pencernaan pada manusia. Menurut Fischer Institute, kelebihan serat dapat menyebabkan masalah perut seperti kembung, gas, diare, dan sembelit. Serat akan menyerap air dan mengendap di perut, menyebabkan rasa kenyang berlebihan.

Kemudian cara mengkonsumsi buah naga adalah tidak dianjurkan ketika dalam keadaan perut kosong, dikarenakan bisa menyebabkan peningkatan pada asam lambung. Jadi disarankan ketika sebelum mengkonsumsi buah naga dianjurkan untuk makan nasi atau snack terlebih dahulu untuk mengisi lambung. *Red