Siapa Tahu Impian Itu Jadi Nyata

Gedung ini didesain sebagai tempat segala macam aktivitas seperti tempat pertemuan, perpustakaan, tempat shalat, hingga ruang penampungan air bersih.

Senin, 19 Agustus 2019 | 20:10 WIB
0
414
Siapa Tahu Impian Itu Jadi Nyata
Rancang bangun sekolah (Foto: Dok. pribadi)

Proses membangun memang tak semudah membalikkan tangan. Apalagi kalau besar pasak daripada tiang alias uang terbatas tapi impian melambung.

SMK Negeri Tegalwaru yang tengah dicoba dibangun di Desa Cisarua, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta ini memang jauh melebihi anggaran yang disediakan. Namun karena nekad ingin melihat ada sekolah di gunung yang gedungnya bagus, proses pembangunan dilakukan juga dengan mengikuti impian arsitek Andramatin dan kawan-kawan.

Di atas tanah 6 hektar, impian ada sentra pendidikan desa yang berkualitas terus dicoba dilakukan. Alhamdulillah, ada beberapa perusahan yang mau ikut saweran membantu material dan peralatan. Juga ada beberapa teman yang mengulurkan tangan sebagai PSR dia, "personal social responsibility."

Ya, ini memang sejak awal diniati sebagai proyek PMA (Penanaman Modal Akhirat). Siapa tahu ada lagi yang mau ikut saweran bantu beli atap, semen, kaca jendela, besi, atau apa saja yang dibutuhkan.

Alhamdulillah, hari ini ada sumbangan atap dan smartdeck dari PT. Bluescope untuk melengkapi material dua gedung kelas. Masih ada delapan kelas lagi yang harus diatapi.

Mimpi berikutnya, di kompleks ini juga direncanakan akan dibangun "wisma entrepreneurs" atau wisma guru inovatif. Wisma ini penting banget karena akan dijadikan tempat singgah para inovator dari berbagai daerah yang akan berbagi ilmu praktis kepada siapapun yang mau berkumpul di tempat ini. Keberadaan guru inovatif yang telah lama jadi praktisi berhasil sangat penting agar apa yang diajarkan tak sekedar "omdo" (omong doang), atau "nato" (no action talking only).

Semoga yang Maha Kuasa di atas sana terus memberi jalan kemudahan. Yang paling ditunggu adalah kemudahan uluran tangan membangun gedung serbaguna sebagai gedung pusat utama kegiatan pendidikan.

Gedung ini didesain sebagai tempat segala macam aktivitas seperti tempat pertemuan, perpustakaan, tempat shalat, hingga ruang penampungan air bersih yang akan mengairi seluruh kompleks sekolah.

Coba lihat desain bangunan bundar ini.

Semoga saja impian ini jadi kenyataan.

***