Konsumsi Kafein Berlebihan Bisa Ganggu Kesehatan Tub

Jika Anda mempertahankan gaya hidup sehat dan bugar, Anda tidak perlu minum kafein agar tetap terjaga.

Rabu, 27 Juli 2022 | 10:21 WIB
0
166
Konsumsi Kafein Berlebihan Bisa Ganggu Kesehatan Tub
Image:Unsplash

Kafein pasti dapat meningkatkan detak jantung, seperti halnya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Kafein dapat mempengaruhi pencernaan kita jika kita mengkonsumsinya terlalu banyak. Jika Anda tidak mengontrol asupan kafein, Anda dapat mengalami diare, maag, dan GERD. Untuk berhasil mengatasi kecanduan kafein, Anda harus terlebih dahulu mengembangkan niat yang kuat untuk mengurangi konsumsi kafein Anda.Tanpa keinginan untuk mengurangi asupan kafein Anda, akan sulit untuk mempertahankan gaya hidup sehat.

Baca juga: Deretan Zat yang Terkandung pada Suplemen untuk Penderita Asam Lambung

6 Cara Mengatasi Konsumsi Kafein

Sebenarnya, boleh saja mengonsumsi kafein atau kopi dalam jumlah sedang, asalkan jumlah yang dikonsumsi dalam dosis yang ditentukan. Jika pengobatannya terlalu parah, bisa jadi ada efek samping negatif yang bisa berbahaya bagi tubuh. Berikut adalah beberapa cara untuk membantu Anda menghentikan kebiasaan kafein Anda.

1. Mengurangi Untuk Meminum Kafein 

Dimungkinkan untuk menghentikan kebiasaan buruk, dengan melakukan upaya untuk mengurangi mengkonsumsi kafein. Jika Anda mencari cara untuk mengurangi asupan kopi atau kafein, ada opsi lain yang mungkin ingin Anda pertimbangkan. Beberapa makanan baik untuk menjaga Anda tetap sehat. Ini termasuk teh, jus, dan jus buah. Cara ini dapat dilakukan secara bertahap untuk melakukan upaya maksimal untuk mengurangi overdosis kafein.Karena itu, Anda bisa minum kopi dan teh secara bergantian. Namun, tetap saja Anda harus mencoba mengurangi kebiasaan minum kopi untuk merasakan efeknya.

2. Mencari Kesibukan 

Sangat mudah untuk melupakan sesuatu di sepanjang jalan, terutama ketika Anda sedang sibuk. Ini bisa digunakan untuk mengurangi kebiasaan minum kafein. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu, seperti bermain game, berolahraga, atau bekerja terus menerus. Mengurangi konsumsi kafein dapat membantu dalam waktu singkat, dan bahkan secara medis bermanfaat dari sudut pandang.Anda harus mewaspadai batasannya agar tidak menguras tubuh.

3. Berolahraga

Berolahraga dapat membantu Anda menemukan kehidupan yang sibuk. Anda dapat mengurangi konsumsi kafein jika Anda berolahraga. Kafein dan olahraga tidak selalu berjalan dengan baik, jadi Anda perlu memanfaatkannya untuk menguranginya. Olahraga teratur akan membantu mengurangi jumlah kafein yang Anda konsumsi. Minum jus buah atau jus sebagai pengganti makan sehat.

4.Ganti Kopi dengan Susu 

Sebagai alternatif minuman lain, Anda mungkin ingin mencoba mengganti susu dengan kopi. Susu adalah sumber zat besi dan enzim yang baik, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda. Ada cara untuk menghindari kecanduan kafein dengan minum susu sebagai gantinya. Anda bebas memilih jenis susu yang ingin Anda minum - apakah itu susu bubuk, cair, atau produk jadi.Selama susu itu sehat, Anda dianjurkan untuk meminumnya. Kopi dan susu dapat dikombinasikan untuk mengurangi kandungan kafein di dalamnya.

5.Tidur yang Cukup 

Terakhir, Anda bisa mendapatkan tidur malam yang nyenyak agar tubuh tetap bugar dan mengurangi konsumsi kopi. Kafein digunakan untuk membuat kita lebih mampu secara fisik untuk beraktivitas. Kebiasaan merokok sangat berbahaya dan bisa sangat memberatkan tubuh. Jika Anda perlu mengganti sesuatu, Anda bisa mendapatkan istirahat yang cukup. Jika Anda mempertahankan gaya hidup sehat dan bugar, Anda tidak perlu minum kafein agar tetap terjaga.

Baca juga: 6 Cara Atasi Konsumsi Kafein Berlebihan Ganggu Kesehatan Tubuh

Nah itu dia beberapa yang bisa Anda coba untuk mengurangi kafein, semoga artikel ini bermanfaat.

***