Rahasia Hidup Bahagia [3] Menanam Persahabatan

Bagaimana Anda menjaga kehangatan hubungan dengan teman-teman dan keluarga Anda?

Minggu, 9 Mei 2021 | 05:56 WIB
0
117
Rahasia Hidup Bahagia [3] Menanam Persahabatan
Saya dan istri (Foto: DOk. pribadi)

Memiliki hubungan dekat dengan seseorang ternyata adalah faktor yang paling menentukan dalam kebahagiaan. Jika Anda merasa dekat dengan orang lain, Anda akan merasa lebih nyaman dengan diri Anda 4 kali lipat dibandingkan jika tidak memiliki perasaan dekat dengan siapa pun.

Oleh sebab itu TANAMLAH PERSAHABATAN agar Anda menjadi bagian dari orang lain atau kelompok pergaulan atau masyarakat. Kita butuh memperhatikan dan diperhatikan oleh sesama. Ini adalah kunci Rahasia Hidup Bahagia No 6.

Orang-orang yang pandai bergaul dan suka kumpul-kumpul dengan teman-temannya cenderung lebih berbahagia ketimbang orang yang solitaire. Orang yang solitaire cenderung sering merasa kesepian. Padahal kata banyak orang loneliness kills, kesepian bisa membunuh. Banyak orang mati karena kesepian.

Para peneliti telah menemukan bahwa kesepian sama mematikannya dengan merokok 15 batang rokok per hari. Orang yang kesepian 50 persen lebih mungkin meninggal secara prematur dibandingkan mereka yang memiliki hubungan sosial yang sehat. Kesepian ternyata juga meningkatkan peradangan dalam tubuh, yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan kondisi kesehatan kronis lainnya.

Kita beruntung jika punya beberapa WA grup di mana kita bisa saling berkomunikasi dengan teman-teman secara online. Dengan demikian kita tidak harus mati kesepian dan membusuk di sudut kamar yang dingin dan diterkam oleh rasa sunyi yang mencekam. Sori, ini memang sengaja saya bikin lebay. 

Sebetulnya saya adalah orang yang introvert dan lebih suka bersendiri. I do not quite enjoy being in a group or a crowd. Saya lebih suka percakapan yang lebih private dengan jumlah teman yang terbatas. Untungnya kok saya punya istri yang bukan hanya bisa jadi good lover tapi juga jadi good friend bagi saya.

Kami bisa tinggal serumah dan runtang-runtung selama 28 tahun tanpa pernah merasa bosan satu sama lain. Soalnya selain istri dia juga sahabat terkarib saya. Tak ada yang lebih tahu tentang rahasia saya ketimbang istri saya. Lha wong nomor pin ATM saya aja dia tahu kok. 

Apa gak bosan kumpul sama istri terus? tanya seorang teman. Kalau itu mah ada rahasianya. Rahasianya adalah doing many different things with the same partner dan bukan sebaliknya malah doing the same thing with many different partners. Bosan sama istrinya lalu cari wanita lain untuk doing interesting things. Tuhan tidak suka, kata SBY. 

Kunci Rahasia Hidup Bahagia No 6 ini ternyata berhubungan dengan kunci Rahasia Hidup Bahagia No 43, yaitu: JAGALAH KEDEKATAN KELUARGA ANDA. Anda perlu tetap menjaga kehangatan dan keintiman dengan saudara-saudara, kerabat, atau lingkar keluarga dekat Anda. Penelitian menunjukkan bahwa hubungan keluarga merupakan suatu komponen kepuasan hidup yang sangat krusial.

Kita ini beruntung hidup di masyarakat yang kepo dan selalu mau tahu bagaimana keadaan kita. Ini lebih baik ketimbang hidup di masyarakat yang benar-benar tidak mau peduli apa kehidupan di sekitarnya. Anda tidak muncul seminggu juga tidak ada yang peduli. Bahkan ada banyak lho warga jompo di Jepang karena hidup sendiri sudah mati tiga empat hari di kamarnya pun tidak ada yang tahu. Ngeri kan...! 

Kami ini hampir setiap hari menanyakan bagaimana kabar anak-anak kami yang sedang di luar kota. Kapan balik, sudah sholat belum, dlsbnya. Mungkin bagi mereka kekepoan kami itu cukup mengganggu privasi mereka. Tapi itu adalah cara kami untuk menjaga kedekatan keluarga. 

Saya lebih beruntung karena punya keluarga besar dan WAG kami sejak pagi sudah ramai dengan berbagai berita yang sama sekali tidak penting yang disiarkan oleh masing-masing anggota keluarga. Beritanya memang tidak penting tapi kehangatan hubungan kami benar-benar terasa mengisi hati kami.

"Apa...?! Donatnya pakai topping meisyes...?!"
"Ada temannya teman yang jualan nasi uduk enak tapi murah. Bisa pesen via WA..."
"Ternyata baju yang kubeli online itu kebesaran banget."
Who cares...!  Tapi itulah bentuk komunikasi dengan keluarga yang bisa menghangatkan hati kita. 

Jadi bagaimana Anda menjaga kehangatan hubungan dengan teman-teman dan keluarga Anda? 

Madigondo, 17 Maret 2021

Satria Dharma.