Manajemen Konflik [6] Pentingnya Manajemen Konflik

Manajemen konflik sangat penting karena selalu bijaksana untuk mencegah pertengkaran sejak awal daripada menghadapi konsekuensi negatifnya.

Rabu, 10 Maret 2021 | 12:09 WIB
0
171
Manajemen Konflik [6] Pentingnya Manajemen Konflik
ilustr: IntiPesan

Konflik muncul ketika individu memiliki beragam minat, pendapat, dan proses berpikir dan tidak mau berkompromi satu sama lain. Itu selalu bijaksana untuk menyesuaikan sampai batas tertentu dan mencoba menemukan solusi untuk masalah daripada bohong dan berkelahi.

Konflik dan ketidaksepakatan hanya mengarah pada hal-hal negatif dan hal-hal tidak pernah mencapai kesimpulan. Itu hanya menambah ketegangan dan membuat hidup seperti neraka. Itu benar-benar membuat Anda terkuras dan merusak reputasi Anda.

Setiap individu harus berusaha sebaik mungkin untuk menghindari konflik di tempat pertama daripada menyelesaikannya nanti. Tindakan pencegahan harus diambil pada waktu yang tepat untuk menghindari konflik.

Bayangkan diri Anda terus-menerus bertengkar dengan rekan sekerja Anda. Apakah Anda pernah merasa pergi ke kantor?

Isu-isu yang menimbulkan konflik harus dikendalikan pada waktu yang tepat untuk mencegah meletusnya pertengkaran besar. Manajemen konflik memainkan peran penting dimanapun, di tempat kerja dan bahkan dalam kehidupan pribadi kita. Bertengkar tidak pernah membuat orang bahagia dan malah membuat hidup seseorang sengsara.

Tidak ada organisasi yang berjalan untuk amal, ia harus menghasilkan uang agar dapat bertahan dengan baik. Karyawan harus memberikan seratus persen mereka di tempat kerja untuk memastikan produktivitas maksimum. Tidak ada hal produktif yang akan keluar jika karyawan terus-menerus terlibat dalam perkelahian dan mengkritik orang lain.

Manajemen konflik memainkan peran yang sangat penting di tempat kerja untuk mencegah konflik dan agar karyawan dapat berkonsentrasi pada pekerjaannya.

Pemimpin tim harus memastikan bahwa peran dan tanggung jawab masing-masing dan setiap karyawan diteruskan dengan jelas kepada mereka. Karyawan harus kehilangan motivasi untuk saling mencampuri pekerjaan. Para karyawan menyia-nyiakan separuh waktu dan energi mereka untuk bertengkar dengan orang lain dan merasa sangat sulit untuk bekerja yang seharusnya mereka lakukan. Seorang individu harus menikmati pekerjaannya; kalau tidak, dia tidak akan pernah bisa memberikan yang terbaik.

Manajemen konflik sangat membantu dalam memperkuat ikatan di antara karyawan dan separuh masalah secara otomatis hilang. Individu harus merasa termotivasi di tempat kerja dan merasa setiap hari menyenangkan dan menantang. Sebelum menerapkan ide apa pun, ide itu harus didiskusikan dengan semua orang dan tidak ada yang merasa diabaikan atau ditinggalkan. Dengan cara ini, setiap karyawan merasa sangat diperlukan untuk kantor dan dia berusaha keras untuk memenuhi harapan rekan kerja dan dengan cara berkontribusi pada organisasi dengan cara terbaiknya.

Manajemen konflik sebagian besar menghindari konflik dan dengan demikian juga mengurangi stres dan ketegangan karyawan. Tidak ada yang suka membawa ketegangannya kembali ke rumah dan jika Anda bertengkar dengan kolega Anda dan orang lain, Anda pasti akan merasa tidak nyaman dan gelisah bahkan di rumah.

Manajemen konflik juga memainkan peran penting dalam kehidupan pribadi kita. Pertengkaran dan perkelahian merusak hubungan dan hanya menambah daftar musuh kita. Setiap orang membutuhkan teman yang akan mendukung kita saat kita membutuhkannya. Konflik harus dihindari di rumah karena merusak suasana dan menyebarkan hal-hal negatif. Individu cenderung tidak menghormati orang lain sebagai akibat dari konflik. Manajemen konflik mencegah perselisihan antara anggota keluarga, teman, kerabat dan membuat hidup damai dan bebas stres. Blamegame tidak pernah membantu siapapun, malah membuat hidup sengsara. Tidak ada ide yang bisa diterapkan jika individu-individu bertengkar di antara mereka sendiri.

Manajemen konflik membantu menemukan jalan tengah, alternatif untuk masalah apa pun dan implementasi gagasan yang berhasil. Masalah harus ditangani pada waktu yang tepat untuk mencegah konflik dan dampak buruknya di tahap selanjutnya. Melalui keterampilan manajemen konflik, seorang individu mengeksplorasi semua kemungkinan alasan untuk khawatir yang nantinya dapat menimbulkan masalah besar dan mencoba menyelesaikannya secepat mungkin.

Manajemen konflik sangat penting karena selalu bijaksana untuk mencegah pertengkaran sejak awal daripada menghadapi konsekuensi negatifnya. Stres menghilang, orang merasa termotivasi, bahagia dan dunia pasti menjadi tempat yang jauh lebih baik untuk tinggal sebagai hasil dari manajemen konflik.

***
Solo, Rabu, 10 Maret 2021. 11:40 am
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko