Ketika Ojek Online Sudah Berubah Jadi Ojek Pangkalan

Terkadang solidaritas sesama ojol sudah terlalu berlebihan, yaitu terkait kalau ada keributan di jalan sering main keroyokan atau main fisik dan memanggil temannya lewat aplikasi.

Kamis, 17 Oktober 2019 | 18:33 WIB
0
566
Ketika Ojek Online Sudah Berubah Jadi Ojek Pangkalan
Ojek online (Foto: Tribunnews.com)

Dulu ada ojek pangkalan. Biasa disingkan Opang. Bahkan ojek pangkalan punya aturan bergilir, maksudnya kalau sudah dapet penumpang, maka penumpang berikutnya jatah tukang ojek berikutnya. Dan di pos ojek pangkalan ada sebuah  televisi untuk hiburan saat menunggu penumpang atau melepas lelah. Terkadang juga main gaple atau kartu remi.

Akan tetapi setelah kemunculan ojek online atau Ojol dan diawal-awal kemunculan ojol terjadi perselisihan atau keributan antara ojek pangkalan dan ojek online.

Bahkan terkadang terjadi keributan atau adu fisik. Karena ojek pangkalan merasa keberadaan ojek online mengambil penumpangnya atau langganannya. Malah sempet ada aturan, ojol tidak boleh masuk kawasan tertentu atau perumahan yang menjadi wilayahnya.

Lambat-laut ojek pangkalan terdesak dan kalah bersaing. Ojek pangkalan mau tidak mau harus beralih menjadi ojek online atau mengikuti perkembangan teknologi atau aplikasi.

Saat ini sudah susah menemukan ojek pangkalan karena sudah beralih menjadi ojek online.

Akan tetapi ternyata siklus ojek berputar, yaitu ojek pangkalan menjadi ojek online dan ojek online menjadi ojek pangkalan.

Apa maksudnya?

Sekarang keberadaan ojek online atau ojol di DKI Jakarta menjadi permasalahan tersendiri karena menjadi biang kemacetan dan kesemrawutan dan susah diatur. Ojol sering ngetem atau mangkal mirip angkot di sekitar stasiun Senin atau pusat-pusat perbelanjaan dan menjadi sumber kemacetan.

Dan ketika petugas Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan (DLLAJ) menertibkan ojol yang mangkal atau ngetem, mereka juga berani melawan karena jumlahnya lebih banyak dari petugas itu sendiri.

Bahkan pernah terjadi, karena ojol parkir sembarangan dan pentil motornya dicabut oleh petugas DLLAJ, ojol tersebut memanggil teman-temannya sesama ojol lewat aplikasi dan menghajar memukul dan menendang petugas DLLAJ tersebut dan harus dibawa kerumah sakit.

Bahkan ojol juga menjelma menjadi kekuatan tersendiri menjadi ormas yang mobile atau bergerak dan mudah berkumpul. Pernah juga ada petugas keamanan pusat perbelanjaan atau mall menegur ojol jangan mangkal atau ngetem, eee ojol memanggil teman-temannya dan terjadi keributan mencari petugas keamanan tersebut.

Terkadang solidaritas sesama ojol sudah terlalu berlebihan, yaitu terkait kalau ada keributan di jalan sering main keroyokan atau main fisik dan memanggil temannya lewat aplikasi.

Inilah ojek online menjadi ojek mangkal atau ojek ngetem seperti angkot.

***