Memimpin Kaum Muda Tersingkir

Minggu, 5 Maret 2023 | 16:06 WIB
0
142
Memimpin Kaum Muda Tersingkir
image: India Today

Bagaimana kita sebagai orang dewasa yang peduli dapat memberikan bimbingan yang berhasil?

Poin-Poin Penting

  • Data mengungkapkan bahwa jumlah Milenial dan Generasi Z yang tidak proporsional menganut pandangan dunia alternatif.
  • Saat berbicara dengan seseorang dengan pandangan alternatif, alih-alih menggunakan kata "seharusnya" atau "harus", gunakan kata "baik hati" atau "empati".
  • Biarkan orang Milenial atau Gen Z menjadi berbeda dan unik bila memungkinkan untuk mencegah mereka berbaur dengan orang lain.

Saya terkekeh melihat komik yang menggambarkan seorang mahasiswa dengan tato, tindikan, rambut gondrong, dan celana jins robek berdebat dengan ayahnya saat liburan musim gugur. Dia berkata, "Tetapi Ayah, aku harus menjadi non-konformis jika aku ingin menjadi seperti orang lain!"

Dengan tepat. Kita harus menjadi nonkonformis dan konformis secara bersamaan.

Namun, ada temperamen tertentu yang melihat kehidupan secara berbeda dan mengejar apa pun yang bertentangan dengan norma masyarakat. Saya mengenal beberapa siswa sekolah menengah dan perguruan tinggi yang cocok dengan deskripsi ini. Mereka tidak menyukai “cetakan” yang diletakkan masyarakat tradisional pada mereka. Mereka sama sekali tidak konvensional. Saya yakin Anda tahu seseorang seperti ini juga. Cara terbaik untuk mendefinisikan pandangan dunia mereka adalah: pelawan. Data mengungkapkan jumlah generasi milenial yang tidak proporsional, dan Generasi Z menganut pandangan dunia alternatif. Jika orang tua berkata, “Langit itu biru,” mereka mungkin berkata, “Tidak, tidak. Ini aqua (salah satu jenis warna).” Bagi sebagian orang, "pemberontak" adalah nama tengah mereka.

• Mereka cenderung melawan tradisi.
• Mereka melihat hal-hal yang tidak biasa.
• Mereka sering bertindak ke arah yang berlawanan dengan norma-norma masyarakat.

Saran untuk Alternatif Unggulan

Pilih pertempuran Anda. Jangan berdebat tentang segala hal, hanya masalah penting yang perlu diperdebatkan.

Saat muncul topik yang tidak Anda setujui, tanyakan pada diri sendiri: Apakah topik tersebut layak untuk diperdebatkan? Mengapa aku ingin menang? Apa kerugianku jika aku memperdebatkan masalah ini? Selalu lakukan penilaian risiko dan penghargaan. Sebagian besar masalah tidak layak untuk diperjuangkan, dan hubungan itu lebih penting daripada aturan. Saya ingat pernah berdebat tentang sepotong pakaian yang akan dikenakan putri saya ke pesta. Pada saat itu, saya menyadari bahwa saya telah membuat kesepakatan yang lebih besar dari yang seharusnya. Melepaskan masalah memungkinkan untuk percakapan hebat nanti yang memberi tahu saya bagaimana keputusan dibuat untuk selanjutnya.

Alih-alih menggunakan kata "seharusnya" atau "harus", gunakan kata "baik hati" atau "empati".

Pasangan saya benar dan berbakti. Dia akan selalu melayani orang lain karena itu adalah hal yang benar untuk dilakukan. Kosakatanya termasuk "kita harus melakukan ini" atau "kamu tidak boleh melakukan ini". Ketika salah satu anak dewasa muda kami memilih untuk tidak menghadiri acara teman, pasangan saya menggunakan kata-kata itu, dan itu tidak diterima dengan baik. Kami belajar bahwa pendekatan yang lebih baik adalah mengingatkan mereka, "ini adalah hal yang baik untuk dilakukan." Menarik hati mereka, bukan rasa tanggung jawab mereka, memiliki peluang lebih baik untuk berhasil.

Dalam percakapan, tawarkan alasan logis untuk perspektif Anda dan biarkan itu meresap.

Bertahun-tahun yang lalu, saya berbicara dengan seorang wanita muda yang memutuskan untuk tinggal bersama pacarnya. Ketika saya bertanya mengapa dia tidak menikah terlebih dahulu, dia berkata, "Saya tidak tahu satu pernikahan yang baik!" Saya mengingatkannya bahwa kedua orang tua dan kakek neneknya memiliki pernikahan yang luar biasa. Ibu dan ayahnya telah menikah selama 40 tahun, dan kakek neneknya telah menikah selama 65 tahun. Dia membalas, "Yah, kecuali mereka." Ketika saya membagikan data tentang bagaimana pasangan yang berkomitmen untuk menikah memiliki kesempatan lebih baik untuk tetap bersama, dia menolaknya. Kemudian saya menyadari bahwa kami sedang melakukan pertukaran emosional, bukan yang logis. Saya perlu membiarkan fakta-fakta menetap dan mendengarkan hatinya.

Biarkan mereka berbeda dan unik jika memungkinkan.

Karena tujuan tak terucapkan mereka cenderung bergerak berlawanan arah dengan kerumunan, izinkan mereka melakukannya kapan pun Anda bisa. Dunia kita membutuhkan orang-orang yang hidup di "tepi" untuk menyenggol penduduk lainnya untuk berpikir sendiri. Kita bisa memimpin mereka dengan lebih baik ketika kita ingat mereka ingin tampil beda dengan menjadi diri mereka sendiri. Ini memungkinkan saya untuk membiarkan anggota tim muda memainkan kartu di tangan mereka alih-alih memaksa mereka berbaur dan menjadi seperti orang lain.

Ketika saya masih remaja akhir, saya sendiri agak seperti ini. Saya menguji "kontrak sosial" di kampus saya. Saya ingin berbeda dari orang lain dan melakukan hal-hal yang tidak dilakukan orang lain. Saya merasa inilah cara masyarakat membuat kemajuan. Rocker Jim Morrison berkata,

  • Jenis kebebasan yang paling penting adalah menjadi diri Anda yang sebenarnya. Anda memperdagangkan realitas Anda untuk sebuah peran. Anda memperdagangkan perasaan Anda untuk suatu tindakan. Anda melepaskan kemampuan Anda untuk merasakan dan sebagai gantinya memakai topeng. Tidak akan ada revolusi besar-besaran sampai ada revolusi pribadi, pada tingkat individu. Itu harus terjadi di dalam dulu.

Apa yang dikatakan Eleanor Roosevelt? "Wanita berprilaku baik jarang membuat sejarah." Mereka benar. Perubahan tidak terjadi ketika semua orang tetap di tengah. Seseorang pasti berada di ujung tanduk. Jadi, saya sedikit memberontak sebagai orang dewasa muda. Saya melanggar beberapa aturan. Namun, seiring berjalannya waktu, saya menyadari bahwa peningkatan sejati membutuhkan "progresif" dan "konservatif".

Akar kata progresif adalah "kemajuan". Saya pikir aman untuk mengatakan bahwa kita semua ingin maju. Kita ingin setiap generasi membangun di atas generasi sebelumnya. Pada saat yang sama, arti dasar dari konservatif adalah melestarikan. Setiap orang yang berpikir akan setuju bahwa kita harus melestarikan beberapa kebajikan dan nilai-nilai masa lalu yang tidak kuno tetapi tidak lekang oleh waktu. Kualitas seperti kejujuran, disiplin, kebaikan, etika, dan pelayanan tidak akan pernah ketinggalan zaman.

CS Lewis berkata:

  • Kita semua menginginkan kemajuan, tetapi jika Anda berada di jalan yang salah, kemajuan berarti berbelok dan berjalan kembali ke jalan yang benar; dalam hal ini, orang yang paling cepat kembali adalah yang paling progresif.

***
Solo, Minggu, 5 Maret 2023. 3:51 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko