Mengapa Pria Sulit Mengatakan Tidak pada Seks?

Pertimbangkan juga untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan atau konselor terpercaya. Mereka dapat membantu Anda menemukan jawaban yang spesifik untuk situasi Anda dan jalan ke depan yang baik.

Sabtu, 29 Januari 2022 | 17:30 WIB
0
173
Mengapa Pria Sulit Mengatakan Tidak pada Seks?
ilustr: The Healthy

Mengatakan tidak tidak memerlukan penarikan kembali kartu "Keanggotaan Pria".

Poin-Poin Penting

  • Pria disosialisasikan untuk percaya bahwa mereka harus selalu menginginkan seks dan kejantanan mereka bergantung padanya.
  • Merasa terdorong untuk melakukan hubungan seks yang tidak diinginkan terkait dengan konsekuensi yang tidak sehat.
  • Serangan keinginan rendah, terutama hari-hari ini, bukanlah hal yang luar biasa.
  • Hasrat rendah adalah masalah hanya jika itu menyebabkan kesusahan bagi Anda atau pasangan Anda.

Terkadang pria tidak menginginkan seks. Ini adalah pernyataan yang radikal dan terbukti dengan sendirinya dalam ukuran yang sama. Namun tekanan pada pria untuk selalu menginginkan seks, atau untuk menerima atau mengejar setiap kesempatan seksual yang muncul membuat mereka sering merasa seolah-olah tidak bisa mengatakan "tidak, terima kasih, mungkin lain kali".

Sulit bagi pria untuk mengatakan tidak pada pasangan seksual biasa dan pasangan seksual mapan. Dalam hubungan, mengatakan tidak kepada pasangan bisa menjadi sulit karena merasa berkewajiban untuk selalu merespons secara seksual terhadap kemajuan pasangan, mengingat riwayat telah melakukannya sebelumnya dan kekhawatiran yang meningkat tentang menyakiti perasaan pasangan atau menyebabkan ketegangan dan ketegangan dalam hubungan seseorang.

Dari mana datangnya tekanan ini?

“Skrip” heteroseksual standar yang memandu banyak sosialisasi kita seputar seks menggambarkan pria sebagai agen seksual oportunistik dalam interaksi mereka dengan wanita—mengejar, mendorong, dan menekan untuk tingkat keintiman seksual yang semakin tinggi. Sebaliknya, perempuan digambarkan sebagai orang yang enggan secara seksual, atau “penjaga gerbang”, yang bekerja untuk memastikan bahwa akses seksual laki-laki dibatasi sampai komitmen romantis terhadap perempuan terjamin.

Saya dapat merasakan pembaca memutar mata mereka, tetapi mengejutkan bagaimana naskah tradisional ini bertahan sepanjang waktu, budaya, dan generasi. Sebuah tinjauan baru-baru ini dari 70 program televisi yang sangat populer yang ditujukan untuk orang dewasa muda di berbagai platform streaming, serta jaringan siaran dan kabel, mengungkapkan bahwa tema-tema ini masih dominan. Yang paling menonjol adalah sebagai berikut:

  • Sebuah tema yang mencerminkan apa yang kita sebut "standar ganda seksual", yang memperkuat pesan bahwa seksualitas laki-laki mencerminkan kejantanan mereka, sementara kurangnya seksualitas perempuan mencerminkan kebajikan perempuan.
  • Sebuah tema yang berpusat pada masalah komitmen, dan khususnya pandangan bahwa pria sangat termotivasi untuk menghindari dan wanita sangat termotivasi untuk mengamankan komitmen romantis. Pesan-pesan ini diperkuat di banyak media lain, termasuk video musik, pornografi, dan media sosial.

Perbedaan-perbedaan inilah yang menjadi scaffolding yang mendukung dinamika kekuatan di antara pasangan seksual. Dinamika ini juga berlaku dalam banyak hubungan pasangan pria. Dalam banyak kasus, pria gay dan biseksual melaporkan tekanan yang lebih besar daripada pria heteroseksual untuk selalu bersedia berhubungan seks. Ada kekuatan dalam posisi "pemilih" daripada pemrakarsa, tetapi secara keseluruhan, kita menghargai dan mendukung gagasan yang menggabungkan maskulinitas dengan minat seksual dan pengejaran peluang seksual yang berat—menambah tekanan untuk mengatakan "ya", bahkan ketika seorang pria, seperti orang lain, hanya ingin menyelesaikan pertunjukan ini, memainkan satu permainan lagi, melanjutkan pekerjaannya, atau membaca bukunya tanpa gangguan.

Penelitian menunjukkan bahwa:

  • Pria melaporkan ketertarikan yang palsu pada seks, memulai seks yang tidak mereka inginkan, dan setuju untuk berhubungan seks dengan pasangan meskipun tidak menginginkannya
  • Pria sering melaporkan tidak menyukai tekanan untuk selalu menjadi inisiator seks dalam hubungan mereka yang sudah mapan
  • Baik pria maupun wanita lebih cenderung menganggap "tidak" pria sebagai palsu—yaitu, "tidak" mereka berarti "ya"
  • Banyak orang percaya bahwa laki-laki tidak bisa dipaksa untuk berhubungan seks; seperti halnya wanita, ada mitos seputar tubuh dan minat pria (misalnya, "Mengapa dia ereksi jika dia tidak menginginkannya?")
  • Pria lebih cenderung memutuskan untuk tidak melaporkan insiden ketika mereka telah dilecehkan secara seksual dibandingkan dengan wanita (dan setelah tingkat pelecehan seksual yang lebih tinggi, gejala kesehatan mental negatif pria lebih buruk daripada wanita)
  • Pria yang melaporkan ditekan atau dipaksa untuk berhubungan seks oleh wanita dinilai kurang kredibel dan kurang layak mendapat simpati dibandingkan wanita yang melaporkan pengalaman seperti itu oleh pria.

Mengapa pria tidak menginginkan seks?

Ada banyak alasan mengapa pria terkadang (atau sering) tidak menginginkan seks—seperti halnya dengan siapa pun. Dalam beberapa dekade terakhir, kita telah melihat tingkat perilaku seksual yang terus menurun, dan ini telah dilacak bersamaan dengan meningkatnya tingkat stres, depresi, dan kecemasan (yang sering kali secara serius mengurangi hasrat seksual), serta peningkatan tingkat obat-obatan untuk mengatasinya stres, depresi, dan kecemasan (obat-obatan terkenal berkontribusi lebih jauh untuk menurunkan keinginan). Di sisi positifnya, kita melihat penerimaan yang lebih besar terhadap bentuk ekspresi gender yang kurang tradisional—bahkan penolakan terhadap norma hipermaskulin—namun pria masih diharapkan untuk menginginkan dan mengekspresikan keinginan yang tinggi.

Perasaan terdorong untuk berpartisipasi dalam seks yang tidak diinginkan terkait dengan sejumlah dampak tidak sehat bagi pria dan hubungan mereka.

  • Menyetujui seks yang tidak diinginkan dapat memiliki konsekuensi kesehatan mental dan fisik yang negatif. Sebagai contoh, para peneliti menemukan kadar kortisol (hormon "stres") yang lebih tinggi dalam sampel air liur di antara mereka yang melaporkan lebih banyak kesempatan untuk menyetujui seks yang tidak diinginkan dibandingkan dengan mereka yang terlibat dalam tingkat seks yang diinginkan yang lebih tinggi, yang menunjukkan bahwa menyetujui seks yang tidak diinginkan adalah stres.
  • Kadang-kadang menyetujui seks yang tidak diinginkan—terutama jika motifnya adalah untuk lebih dekat dengan pasangannya daripada menghindari pertengkaran—bisa jadi baik-baik saja, sesekali, tetapi sering menyetujui seks ketika itu tidak diinginkan menghasilkan efek penghindaran yang berputar-putar. Segera, orang menghindari meringkuk di sofa, atau kejar-kejaran kasih sayang tingkat rendah karena takut itu akan menghasilkan permintaan untuk keintiman seksual yang lebih besar.
  • Seperti berpura-pura orgasme, berpura-pura bersenang-senang padahal itu tidak benar membuat lebih sulit untuk mengakui bahwa kesenangan itu tidak benar-benar ada selama ini. Tidak ada komunikasi, tidak ada solusi.

Tidak ada yang harus berhubungan seks.

Kecuali dipaksa atau terpaksa, kita bisa hidup tanpanya. Jika Anda kadang-kadang tidak merasakan keinginan untuk berhubungan seks meskipun ada keinginan dan minat atas nama pasangan yang menarik, itu normal, dan mengingat segala sesuatu yang diberikan kehidupan kepada Anda, serangan keinginan rendah diharapkan terjadi.

Kapan keinginan rendah menjadi masalah?

Jika Anda terus-menerus tidak merasakan hasrat dalam situasi di mana Anda sebelumnya merasakan hasrat, dan yang terpenting, jika hasrat seksual yang rendah ini menyebabkan Anda atau pasangan Anda tertekan, maka inilah saatnya untuk membicarakan hal ini secara terbuka kepada pasangan Anda (jika Anda memiliki).

Pertimbangkan juga untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan atau konselor terpercaya. Mereka dapat membantu Anda menemukan jawaban yang spesifik untuk situasi Anda dan jalan ke depan yang baik.

***
Solo, Sabtu, 29 Januari 2022. 5:19 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko